Tips dan trik

Pestida Nabati dari Ekstrak Daun Pepaya

pestisida nabari dari daun pepaya

pestisida nabari dari daun pepaya

Pestisida nabati dapat dibuat sendiri oleh petani. Pestisida nabati memanfaatkan beberapa tanaman yang mengandung bahan bahan tertentu, seperti mimba, tembakau dll.
Salah satu tanaman yang dapat dimanfaatkan untuk pestisida nabati adalah daun pepaya. Daun Pepaya ( Carica papaya) mengandung bahan aktif papain yang cukup efektif untuk mengendalikan ulat dan beberapa hama penghisap tanaman.

(lebih…)

Solarisasi, Sebagai Alternatif Pengendalian Penyakit Tular Tanah Ramah Lingkungan

solarisasi tanah

solarisasi tanah

Solarisasi tanah merupakan salah satu metode ramah lingkungan untuk mengendalikan penyakit menggunakan bantuan sinar matahari untuk meningkatkan suhu tanah ke derajat di mana banyak patogen tular tanah akan mati atau menjadi sangat lemah. Solarisasi tanah dapat melemahkan dan membunuh jamur, bakteri, nematoda,hama serangga dan tungau bersama dengan gulma di tanah. Metode yang diterapkan umumnya dengan membuat bedengan dan menutupinya dengan mulsa/terpal untuk memerangkap energi matahari. (lebih…)

Manfaat Kayu Putih untuk Mengobati Bercak Daun Pada Tanaman Hias

Kayu manis, kayu manis padang

Kayu manis padang (Cinnamomum burmannii )

Kayu manis adalah salah satu tanaman rempah-rempah yang terkenal diperoleh dari kulit bagian dalam dari beberapa spesies pohon dari genus Cinnamomum. Kayu manis dikenal memiliki aromatik dan zat aditif sehingga cocok digunakan untuk bumbu masakan. Aroma dan rasa kayu manis berasal dari minyak atsiri dan komponen utamanya, cinnamaldehyde, serta banyak unsur lainnya, termasuk eugenol. kayu manis juga mengandung zat kumarin yang apabila terkonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan reaksi alergi . Hal ini menjadi alasan pada tahun 2008, otoritas keamanan pangan eropa mempertimbangkan toksisitas kumarin. Menurut TDI maksimum yang disarankan yaitu 0,1 mg kumarin per kg berat badan atau 5 mg kumarin untuk berat badan 50 kg. (lebih…)

Gejala Pucat dan Merunduk Pada Tanaman Cabai

Gejala pucat dan merunduk pada tanaman cabai merupakan gejala umum serangan fusarium.

Fusarium pada cabai ini merupakan penyakit yang salah satunya disebabkan oleh jamur fusarium. Sehingga penyakit ini dikenal juga dengan penyakit Layu fusarium. (lebih…)

Lebih baik mencegah daripada mengobati

Selama ini banyak petani yang salah kaprah mengenai penanggulangan penyakit pada tanaman. Seperti halnya kebiasaan orang-orang dalam kehidupan sehari-hari, saat mereka mengalami sakit baru mencari obat untuk pengobati. Padahal seperti halnya imunisasi yang diberikan kepada bayi, pencegahan dapat dilakukan sebelum penyakit itu datang. Dengan imunisasi akan memberikan kekebalan sejak dini dan menghilangkan ketergantungan pada obat kimia. (lebih…)

Tips Supaya Ternak Kambing Doyan Pakan Fermentasi

Semua bahan setelah dicampur ditutup rapat dalam karung, simpan sampai beberapa kurang lebih 1 minggu

Pembuatan pakan fermentasi bisa menggunakan bahan dan wadah sederhana

Sebelum membahas mengenai pakan fermentasi untuk kambing, catatan penting dari adalah bahwa pakan fermentasi tidak  disarankan untuk budidaya kambing etawa yang diambil susunya. Pakan fermentasi idealnya cocok untuk penggemukan kambing.

(lebih…)

Aplikasi Pestisida Biologi / Agens Hayati Pada Tanaman Lada

penyemprotan agens hayati / pestisida biologi TOP BN untuk mengendalian penggerek batang lada aman bagi manusia sehingga tidak perlu menggunakan masker

Penyemprotan agens hayati / pestisida biologi TOP BN untuk mengendalian penggerek batang lada. Pestisida biologi TOP BN aman bagi manusia sehingga tidak perlu menggunakan masker

Ancaman busuk pangkal batang dan penggerek batang merupakan momok bagi petani lada / merica/ sahang. Selain menurunkan produktifitas juga meningkatkan risiko gagal panen.
(lebih…)

Pegendalian hama dan penyakit pada padi secara organik

Kehadiran burung bangau di sawah menandakan ekosistem lahan yang masih bagus

Kehadiran burung bangau di sawah menandakan ekosistem lahan yang masih bagus

Untuk meningkatkan produktivitas panen padi, petani perlu mengenal berbagai hama dan penyakit pada tanaman padi. Penggunaan pestisida kimia yang terus menerus selain berbahaya bagi manusia juga menimbulkan kerusakan lingkungan. Zat-zat kimia berbahaya ini juga turut mematikan berbagai musuh alami dan organisme lain yang dibutuhkan oleh ekosistem di lahan persawahan. Berikut berbagai cara pengendalian hama dan penyakit pada padi secara organik. (lebih…)

Cara Mengendalikan Lalat Buah

Lalat buah merupakan hama yang agak sulit dikendalikan dengan penyemprotan karena akan banyak cairan semprotan yang tidak mengenai sasaran sehingga terjadi pemborosan. Selain itu, dengan penyemprotan insektisida akan meninggalkan residu racun pada buah-buahan sehingga membahayakan bagi konsumen.

Melaleuca bracteata

Daun Melaleuca bracteata

(lebih…)

VITTOTERNA-G – Nutrisi Khusus Unggas Petelur

VIT TO TERNA - G merupakan salah satu pemecahan masalah yang dihadapi untuk menghasilkan telur yang baik. Didalamnya terkandung nutrisi / mineral yang bisa diserap unggas petelur, mengandung mikrobia yang dapat memaksimalkan penyerapan nutisi dari pakan, meningkatkan daya tahan unggas petelur terhadap penyakit dan perubahan cuaca, merangsang pengubahan nutrisi yang diserap untuk dihasilkan menjadi telur. Memaksimalkan daya serap nutrisi, penambahan nutrisi / mineral selain dari pakan yang diberikan, meningkatkan daya tahan unggas petelur terhadap penyakit dan cuaca merupakan bagian yang tak bisa ditinggalkan untuk mengoptimalkan unggas petelur dalam menghasilkan telur yang baik kualitas maupun kuantitasnya.

VIT TO TERNA-G merupakan salah satu pemecahan masalah yang dihadapi untuk menghasilkan telur yang baik. (lebih…)

VIT TO TERNA – Andalan Peternak Sukses

VIT TO TERNA adalah suplemen untuk ternak yang terbuat dari bahan yang berkualitas, mengandung nutrisi Asam-asam amino essensial, mineral-mineral dan vitamin-vitamin, serta mikrobia pendukung pencernaan ternak seperti mikrobia asam laktat, mikrobia selulotik, mikrobia amilolitik. Selain menambah nutrisi secara langsung, VIT TO TERNA akan mengoptimalkan pakan yang diberikan pada ternak untuk dirubah menjadi daging / telur, energi / kalori dan meningkatkan daya tahan ternak terhadap serangan penyakit.

VIT TO TERNA adalah suplemen untuk ternak yang terbuat dari bahan yang berkualitas, (lebih…)

Loading...