Budidaya Sorghum / Cantel / Jawawut

header budidaya sorgum-cantel


Modul Budidaya Sorghum/Canthel (Sorghum bicolor L.)

cover-modul-budidaya-sorghum-cantel-edisi-I-2018

E-book Budidaya Sorghum

Sorghum atau Canthel (Jawa), merupakan jenis serealia (bahan makanan pokok) yang mulai dilirik potensinya. Apalagi jenis tanaman ini cocok dikembangkan di lahan marjinal /kurang produktif dan relatif masif minim resiko terkena OPT (Organisme Penggangu Tanaman).  (lebih…)

Menunjang Hasil Tanaman Sorghum dengan Teknologi Organik MMC

Pemupukan

  1. Pemupukan Dasar

Pemupukan dasar dilakukan pada saat awal / olah lahan. Pemupukan dasar yaitu  dengan pupuk kandang 5 ton / Ha, ditambah 10 botol MOSA GOLD isi 500 gr untuk lahan seluas 1 hektar.

Pupuk organik padat MOSA GOLD mampu sebagai pembenah tanah, yakni merombak sisa-sisa pupuk kimia yang masih ada dalam tanah sehingga dapat diserap tanaman. MOSA GOLD juga dapat bertahan di tanah kira-kira 6 bulan, sehingga memberikan nutrisi secara bertahap (slow release) ke tanaman. (lebih…)

Benih dan Penanaman Tanaman Sorghum/Canthel

Benih Sorghum / Canthel

Ada beberapa Jenis Sorghum yaitu yaitu : jenis Sorghum Merah (Red A), Sorghum Putih (Nombu) dan banyak jenis Sorghum laiinya.

Benih Sorghum / Canthel yang akan ditanam yang belum terlalu lama disimpan maksimal 5 bulan. Jika disimpan sudah terlalu lama yaitu sekitar 1 tahun maka daya tumbuh sangat menurun. Kebutuhan benih per Ha adalah 3 kg. (lebih…)

Potensi pengembangan cantel/sorghum pengganti beras

Teknis Budidaya Canthel /Sorghum Organik

(Sorghum bicolor L.)

 

  1. Syarat Tumbuh.

 Sorghum merupakan tanaman pangan jenis serealia atau biji bijian ,seperti tanaman jagung, hanjeli, gandum, dan jewawut. Tanaman ini menghsilkan karbohidrat yang tinggi sehingga dapat digunakan sebagai pengganti beras. (lebih…)