Kearifan lokal


Pestida Nabati dari Ekstrak Daun Pepaya

pestisida nabari dari daun pepaya

pestisida nabari dari daun pepaya

Pestisida nabati dapat dibuat sendiri oleh petani. Pestisida nabati memanfaatkan beberapa tanaman yang mengandung bahan bahan tertentu, seperti mimba, tembakau dll.
Salah satu tanaman yang dapat dimanfaatkan untuk pestisida nabati adalah daun pepaya. Daun Pepaya ( Carica papaya) mengandung bahan aktif papain yang cukup efektif untuk mengendalikan ulat dan beberapa hama penghisap tanaman.

(lebih…)

Solarisasi, Sebagai Alternatif Pengendalian Penyakit Tular Tanah Ramah Lingkungan

solarisasi tanah

solarisasi tanah

Solarisasi tanah merupakan salah satu metode ramah lingkungan untuk mengendalikan penyakit menggunakan bantuan sinar matahari untuk meningkatkan suhu tanah ke derajat di mana banyak patogen tular tanah akan mati atau menjadi sangat lemah. Solarisasi tanah dapat melemahkan dan membunuh jamur, bakteri, nematoda,hama serangga dan tungau bersama dengan gulma di tanah. Metode yang diterapkan umumnya dengan membuat bedengan dan menutupinya dengan mulsa/terpal untuk memerangkap energi matahari. (lebih…)

Beberapa Cara Pengendalian Hama Tikus ala Petani Lokal

Relief Karmawibhangga di Candi Borobudur di tengah menggambarkan seorang laki-laki sedang membakar sesuatu untuk menghalau hama tikus

Hama tikus salah satu hama yang paling populer di kalangan petani. Bahkan hama ini sudah ada kemunculannya jauh sebelum era modern sekarang ini. Meskipun demikian kemunculan tikus erat kaitannya dengan perubahan ekologis skala luas.

Berikut ini beberapa cara petani lokal dalam mengupayakan pengendalian hama tikus :

(lebih…)

Bahan Alami untuk Pestisida Nabati


Tanaman Mimba sebagai salah satu bahan pestisida nabati, banyak ditemukan di sekitar.

Berikut ini beberapa ramuan pestisida alami yang didapat dari pengalaman beberapa petani lokal. Tentu saja pembuatannya disesuaikan dengan ketersediaan di lokasi setempat. Pestisida nabati buatan sendiri sebaiknya dibuat sesuai kebutuhan untuk periode singkat. Karena umumnya pestisida nabati ini mudah mengalami penurunan efektifitas.

(lebih…)

Memetakan Potensi Desa dengan Transek – Seri Pengembangan Agribisnis Pedesaan

Contoh hasil pemetaan dengan transek


Beberapa metode untuk mengembangan agrobisnis kawasan, terutama kawasan pedesaan dapat dilakukan dengan membuat transek desa. Kegiatan ini dilakukan untuk mengidentifikasi topografi, jenis tanah, vegetasi, tata guna lahan dan informasi mengenai gambaran umum kondisi desa. Prinsip dalam transek ini adalah mendapatkan informasi sebanyak mungkin. Untuk itu pemetaan yang dilakukukan dengan berjalan kaki melintaski perumahan, perladangan dan persawahan atau agroekosistem yang ada.

(lebih…)

Memanfaatkan Cendawan Patogen Beuveria Bassiana untuk Pengendalian Hama

Walang sangit yang terinfeksi beuveria bassiana setelah beberapa hari

Walang sangit yang terinfeksi beuveria bassiana setelah beberapa hari

Pengendalian hama dengan memanfaatkan patogen mempunyai harapan besar dimasa mendatang untuk menggantikan insektisida (kimia) karena tidak mempunyai dampak negatif terhadap kelestarian lingkungan. Cendawan patogen ini yang dimaksud merupakan cendawan/jamur yang merupakan penyebab penyakit (entomopatogenik) terhadap hama tertentu. Cara ini merupakan salah satu pengendalian yang di memberi peluang yang cukup baik terhadap pertanian berkelanjutan. Cendawan entomopatogen ini salah satunya Beauveria bassiana. (lebih…)

Refugia Mengusir hama secara alami

REFUGIA

Menanam Tanaman Hias Dipematang Sawah

Salah satu cara pengendalian hama tanaman padi dengan memanfaatkan tanaman hias dikenal dengan sebutan Refugia.

menanam bunga-bungaan di pematang sawah atau tegalan merupakan hal positif bagi mikro ekosistem

menanam bunga-bungaan di pematang sawah atau tegalan merupakan hal positif bagi mikro ekosistem

(lebih…)

Burung Hantu untuk Mengendalikan Tikus

Sepasang burung hantu bisa melindungi 25 hektar tanaman padi. Dalam waktu satu tahun, satu ekor burung hantu dapat memangsa 1300 ekor tikus.Penggunaan burung hantu bisa menurunkan serangan tikus pada lahan perkebunan maupun pertanian hingga di bawah 5 persen. (lebih…)

Mengembangkan Bakteri Pengikat Nitrogen Alami

Kebutuhan N bisa dupayakan lewat cara alami.  Jenis bakteri ini bisa diambil dari azospirillum sp yang mampu mengikat dengan baik unsur-unsur Nitrogen di Udara.

Caranya :

(lebih…)

Membuat Pestisida Nabati Pengendali Belalang & Ulat dari Daun Sirsak

Sebelum dikenalnya pestisida kimia, para petani jaman dahulu sudah mengenal beberapa tanaman yang dapat dijadikan bahan untuk pengendalian hama. Tanaman-tanaman ini bila diekstrak memang memiliki kandungan kimia tertentu yang bersifat racun atau setidaknya aroma yang tak disukai oleh serangga hama. Salah satu yang banyak digunakan adalah daun sirsak dan tembakau.

(lebih…)