Budidaya Singkong

budidaya singkong

Singkong ketela pohon, ubi kayu, atau ketela pohon Manihot utilissima) adalah perdu tahunan tropika dan subtropika dari suku Euphorbiaceae. Umbinya dikenal luas sebagai makanan pokok penghasil karbohidrat dan daunnya sebagai sayuran.
Dimasak dengan berbagai cara, singkong banyak digunakan pada berbagai macam masakan. Direbus untuk menggantikan kentang, dan pelengkap masakan. Tepung singkong dapat digunakan untuk mengganti tepung gandum, baik untuk pengidap alergi.


5 Langkah Mudah Panen Umbi Singkong Berukuran Besar

Singkong dapat dipanen pada saat pertumbuhan daun bawah mulai berkurang. Warna daun mulai menguning dan banyak yang rontok. Umur panen tanaman singkong dapat mencapai 6–8 bulan untuk varietas Genjah, dan 9–12 bulan untuk varietas Dalam (Lihat macam macam jenis  bibit singkong).

Cara panen atau pengambilan umbi singkong harus dengan metode khusus agar singkong yang dipanen tidak patah dan tertinggal di lahan. Umbi singkong yang patah tentu saja akan mengurangi nilai jual juga akan lebih menyulitkan untuk proses penanganan pasca panen. Apalagi untuk singkong gajah yang ukuran tiap umbinya bisa mencapai seukuran betis orang dewasa. (lebih…)

Modul Budidaya Singkong / Ketela Pohon (Manihot utilissima)

cover modul budidaya singgong / ubi kayu / ketela pohon

Singkong merupakan makanan bahan pangan pokok selain beras dan jagung. Tidak hanya umbinya, daun singkong sebagai bahan sayuran juga memiliki protein cukup tinggi, atau untuk keperluan yang lain seperti bahan obat-obatan. Dengan perkembangan teknologi, ketela pohon dijadikan bahan dasar pada industri makanan dan bahan baku beragam pakan ternak. Bahkan singkong juga dikembangan untuk pembuatan bio-etanol.

(lebih…)

Analisa Usaha Budidaya Pepaya California

Berikut ini analisa usaha budidaya pepaya california dengan skala 1000 m2. Dengan luasan tersebut, apabila jarak tanam 2 x 2,5 m, maka kira-kira terdapat ± 200 batang tanaman pepaya. Dengan perawatan yang baik, pepaya california mulai berbuah sejak umur 7 bulan setelah pindah bibit ke lubang tanam.

analisa usaha budidaya pepaya kalifornia, pepaya california, perhitungan produksi, perhitungan usaha, pepaya kalina, analisis usaha budidaya pepaya

analisa usaha budidaya pepaya california skala 1000 m

(lebih…)

Pedoman Budidaya Singkong (Manihot Utilissima)

budidaya ubi kayu model monokulturSingkong sangat cocok dikembangkan di iklim yang mempunyai curah hujan sedang  sampai tinggi  (1.500 – 2.500 mm/tahun). Untuk kelembaban udara yang optimal antara 60 sd 65%, sinar matahari sekitar 10 jam/hari dan suhu udara minimal 10o C. (lebih…)

Pedoman Jarak Tanam Singkong Berdasarkan Bibit

Berikut pedoman jarak tanam singkong berdasarkan bibit

Jenis dan jarak tanam ubi singkong

Bagaimana dengan Jarak tanam model tumpang sari?

Pada dasarnya teknik ini adalah menggabungkan tiga macam budi daya, yakni; 1) budi daya monokultur tanaman kacang tanah pada musim pertama (awal musim hujan), 2) tumpang-sisip dengan penanaman ubi kayu yang diatur secara baris ganda (double-row) (umur kacang tanah 20 hari), dan 3)  budi daya lorong tanaman kacang-kacangan di antara ubi kayu pada musim kedua (menjelang akhir musim hujan). (lebih…)

Macam Macam Bibit Unggulan Ubi Kayu / Singkong

Cimanggu Super

Singkong jenis ini merupakan singkong jenis yang dikembangkan dari daerah Cimanggu.

singkong cimanggu

singkong cimanggu

Jenis singkong ini berasal dari dusun Cimanggu Kecamatan Cikembar dengan usia panen 8 – 10 bulan. Singkong ini mempunyai  tinggi tanaman 2,5 – 3 meter, bentuk daun; berjari, warna daun pucuk ‘hijau muda coklat’, warna kulit batang ‘hijau merah kecoklatan’, (lebih…)