Budidaya Kacang Panjang

budidaya kacang panjang


Modul Budidaya Kacang Panjang (Vigna unguilata)

Kacang panjang merupakan salah satu tumbuhan favorit untuk sayuran atau lalapan. Selain buahnya, daun kacang panjang disebut lalapan juga bisa dijadikan sayuran hijau bahkan untuk pakan ternak. Sehingga jenis tanaman ini juga cocok untuk dikembangkan menjadi lahan agribisnis.


Lihat lebih lanjut

Penyakit sapu pada kecipir

Penyakit sapu (withchs broom).

Penyakit ini disebabkan oleh virus dan disebarkan oleh vektor kutu daun (Aphis sp). Gejala penyakit yang terserang virus menunjukkan bentuk tanaman dengan cabang seperti sapu. (lebih…)

Pemupukan dan pengendalian hama penyakit Keipir secara Organik

Pemupukan pada cipir ,

Pemupukan menggunakan Pupuk Organik Cair AGRITECH, Hormon Organik HORTECH, dan Pupuk Organik Padat MOSA GOLD. Pemupukan dilakukan pada umur 1 minggu, 3 minggu, 7 minggu. Pemupukan dilakukan dengan cara menyemprot daun permukaan bawah di pagi hari. Setiap tangki diperlukan AGRITECH 5 tutup dan HORTECH 1 tutup /10 ml. (lebih…)

Budidaya Kecipir Organik dengan Teknologi MMC

A.Syarat Tumbuh :

Kecipir (wing bean) (Psophocarpus tetragonolobus L..) adalah tanaman setahun yang berbentuk perdu yang merambat. Tanaman bersifat membelit ke kiri. Bagian tanaman yang enak dikonsumsi yaitu buah yang berwarna hijau segi empat, daun muda, dan umbi. (lebih…)

Teknis Budidaya Kacang Panjang

Kacang Panjang
Kacang Panjang

Kacang panjang dapat dibudidayakan di mana saja. Baik di lahan dataran tinggi maupun dataran rendah. Bahkan kacang panjang bisa dibudidayakan di lahan sempit pekarangan rumah atau dalam polybag ukuran besar (30 cm) . Namun agar bisa tumbuh maksimal, kacang panjang tumbuh baik pada tanah latosol atau lempung berpasir, subur, mengandung bahan organik tinggi dan drainasenya baik, pH 5,5 – 6,5 ,suhu antara 20 – 30oc  ,iklim kering, curah hujan antara 600 – 1.500 mm/tahun. (lebih…)