5 Langkah Mudah Panen Umbi Singkong Berukuran Besar

Singkong dapat dipanen pada saat pertumbuhan daun bawah mulai berkurang. Warna daun mulai menguning dan banyak yang rontok. Umur panen tanaman singkong dapat mencapai 6–8 bulan untuk varietas Genjah, dan 9–12 bulan untuk varietas Dalam (Lihat macam macam jenis  bibit singkong).

Cara panen atau pengambilan umbi singkong harus dengan metode khusus agar singkong yang dipanen tidak patah dan tertinggal di lahan. Umbi singkong yang patah tentu saja akan mengurangi nilai jual juga akan lebih menyulitkan untuk proses penanganan pasca panen. Apalagi untuk singkong gajah yang ukuran tiap umbinya bisa mencapai seukuran betis orang dewasa.

Berikut ini beberapa langkah pemanenan / pengambilan umbi singkong ;

  1. Bersihkan tanah dengan area sekitar tanaman sampai bagian pangkal umbi terlihat. Buat agar tanah sedikit menggembur.

  1. Ikatkan tali tambang (tampar) untuk mengikat pangal batang singkong dan rakit dengan bilah bambu untuk membuat tuas ungkit sederhana.

  1. Angkat hati-hati bilah bambu tersebut keatas. Apabila singkong yang dihasilkan cukup besar, diperlukan 2 orang untuk mengangkat dan area tanah yang dibersihkan diskeliling tanaman perlu diperlibar lagi.

  1. Hasil panen dikumpulkan di lokasi yang cukup strategis, aman dan mudah dijangkau oleh angkutan. Pemilihan atau penyortiran umbi singkong sebenarnya dapat dilakukan pada saat pencabutan berlangsung. Akan tetapi penyortiran umbi ketela pohon dapatdilakukan setelah semua pohon dicabut dan ditampung dalam suatu tempat.
  2. Penyortiran dilakukan untuk memilih umbi yang berwarna bersih terlihat dari kulit umbi yang segar serta yang cacat terutama terlihat dari ukuran besarnya umbi serta bercak hitam/garis-garis pada daging umbi.

 


Video praktek panen umbi singkong ;

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.