Benih dan Penanaman Tanaman Sorghum/Canthel

Benih Sorghum / Canthel

Ada beberapa Jenis Sorghum yaitu yaitu : jenis Sorghum Merah (Red A), Sorghum Putih (Nombu) dan banyak jenis Sorghum laiinya.

Benih Sorghum / Canthel yang akan ditanam yang belum terlalu lama disimpan maksimal 5 bulan. Jika disimpan sudah terlalu lama yaitu sekitar 1 tahun maka daya tumbuh sangat menurun. Kebutuhan benih per Ha adalah 3 kg.

     Benih direndam dengan larutan BIO-SPF selama 5 menit. Dosis  5  gram (± 1 sendok teh) BIO-SPF dilarutkan dengan 5 liter air. Perendaman ini bertujuan bahan aktif BIO-SPF secara sistemik masuk ke dalam jaringan tanaman semenjak bibit, sehingga mampu bekerja memberikan kekebalan (imunisasi) bagi tanaman

Olah Tanah

Pengolahan tanah bisa menggunakan cangkul atau menggunakan traktor  untuk proses penggemburan tanah. Setelah pembajakan pertama pupuk organik bisa ditebar merata kemudian digaru, agar pupuk organik dan tanah bisa tercampur. Pupuk organik padat dapat menggunakan  pupuk kandang atau pupuk bokasi.

Penanaman

Jarak tanam yang digunakan disesuaikan dengan kondisi lahan. Pada kondisi lahan subur sebaiknya digunakan jarak tanam agak lebar dibanding lahan kurang subur. Pada tanah subur pertumbuhan tanaman lebih besar dibanding tanah kurang subur sehingga membutuhkan ruang tumbuh yang lebih lebar

Buat lubang tanam dengan tugal sedalam 2 cm dengan jarak tanam 75 cm x 35 cm, artinya jarak antar baris 70 cm dan jarak dalam baris 35 cm. Tiap lubang tanam diberi 3 benih Sorghum.

Tanaman Sorghum termasuk tanaman yang tumbuh lambat. Saat tanaman berumur 1 sampai 4 minggu disekitar tanaman harus bersih dari gulma agar tidak menghambat pertumbuhan.

Tanaman Sorghum merupakan tanaman berumpun. Dalam satu rumpun  dapat  mencapai 5 anakan dengan ketinggian sekitar 2 m.

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.