Potensi pengembangan cantel/sorghum pengganti beras

Teknis Budidaya Canthel /Sorghum Organik

(Sorghum bicolor L.)

 

  1. Syarat Tumbuh.

 Sorghum merupakan tanaman pangan jenis serealia atau biji bijian ,seperti tanaman jagung, hanjeli, gandum, dan jewawut. Tanaman ini menghsilkan karbohidrat yang tinggi sehingga dapat digunakan sebagai pengganti beras.

Tanaman ini berasal dari Afrika,yaiu dari daerah sekiar sungai Niger. Di Jawa tanaman ini disebu Canthel, dibudidayakan dengan cara tumpang sari dengan tanaman palawija lainnya. Tanaman ini termasuk jenis tanaman pangan penghasil karbohidrat yang jarang dibudidayakan.

Tanaman Sorghum tumbuh baik di daerah tropis yang terletak antara 0 – 22⁰ LU hingga 0 – 22⁰ LS. Ketinggian tempat yang cocok yaitu dari dataran rendah hingga dataran tinggi dengan ketinggian 1000 m. Suhu optimum untuk pertumbuhan ideal yaitu 25 – 35⁰ C.

Komoditas ini mempunyai wilayah adaptasi yang cukup luas mulai lahan subur hingga lahan marginal.Dapat dibudidayakan dilahan tegalan yang kering atau lahan sawah tadah hujan.

Tanah yang cocok untuk tanaman Sorghum yaitu : andosol (berasal dari gunung api), latosol (liat/lempung), grumusol, dan tanah berpasir. Derajat keasaman pH tanah yang baik untuk hanjeli adalah 4,3 – 7,3 dengan drainase yang baik.

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.