Budidaya Tanaman Porang (Amarphophallus muelleri Blume), Bag IV – Pemeliharaan Tanaman

Tanaman Porang Yang sudah siap berumbiTeknik Budidaya

Penanaman dilakukan saat musim hujan tiba yaitu sekitar bulan Oktober, November. Jarak tanaman porang yaitu 1 m x 1 m. Jarak antar bedeng adalah 1 m dan jarak tanaman dalam baris 1 m.

Sehingga jumah populasi tanaman daam 1 Ha yaitu 10.000 tanaman.

Sebelum penanaman dibuat lubang tanam sebesat 40 cm dengan kedalaman 30 cm untuk pemberian pupuk kandang. Pupuk kandang yang sudah matang/ jadi diberikan per lubang tanam sekitar 2 kg. Jadi untuk lahan 1 Ha membutuhkan pupuk kandang sebanyak 10.000 tanaman x 2 kg : 20 ton pupuk kandang.


Pemeliharaan Tanaman

1) Penyulaman

Sekitar 2-3 minggu setelah tanam, hendaknya diadakan untuk melihat bibit yang mati. Bila demikian harus segera dilaksanakan penyulaman agar pertumbuhan bibit sulaman itu tidak jauh tertinggal dengan tanaman lain.

2) Penyiangan

Penyiangan pertama dilakukan ketika tanaman  berumur 4 minggu kemudian dilanjutkan 4 minggu sekali, tergantung pada kondisi tanaman pengganggu yang tumbuh. Namun setelah Porang berumur 6 bulan, sebaiknya tidak perlu dilakukan penyiangan lagi, sebab pada umur tersebut umbi Porang mulai besar.

3).Pemupukan.

Pemupukan awal yaitu pemberian pupuk kandang sebanyak 20 ton per Ha. Saat pemberian pupuk perlu ditambahkan Pupuk Organik Padat MOSA GOLD 500 gr x 10 botol. MOSA GOLD dengan kandungan asam humat dan nutrisi mikro sangat bermanfaat untuk pembentukan umbi dan kualitas umbi saat panen.

Selain Pupuk Organik Padat juga dilakukan pemupukan dengan Pupuk organik Cair Agritech. Dalam satu siklus budidaya 8 bulan dibutuhkan 500 ml x 10 botol Agritech.

Agritech disemprokan pada pagi hari, dengan konsentrasi 5 tutup per tangki isi 14 liter. Penyemprotan diakukan saat umur 1 buan , 2 bulan, dan 3 bulan.

Untuk memacu pertumbuhan dan pembentukan umbi diberikan HORTECH bersamaan dengan penyemprotan AGRITECH. Konsentrasi penyemprotan adalah 1 tutup per tangki isi 14 liter. Dengan dosis per Ha untuk 1 siklus tanaman adalah 100 ml x 10 botol.

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.