MOSA BN (Pengendali Hama Organik)

agens hayati MOSA BN produksi mosa mandiri untuk pengendalian wereng, walang sangit, belalang dll

Agens hayati MOSA BN produksi mosa mandiri untuk pengendalian wereng, walang sangit, belalang dll

MOSA BN merupakan salah satu produk agens hayati di pasaran produksi mosa mandiri. Pestisida biologi ini berbahan aktif spora:

  • Nomuraea rileyi
  • Beauveria bassiana

MOSA BN telah memiliki ijin edar dari kementan. MOSA BN dulu dikenal dengan nama TOP BN.

Adapaun cara kerja dan bahan aktif dari MOSA BN tersebut sebagai berikut;

Beauvaria bassiana mampu menginfeksi tubuh hama tanaman jenis  serangga dimulai dengan jalan masuk ke tubuh serangga inang melalui kulit, saluran pencernaan, spirakel dan lubang lainnya. Inokulum jamur yang menempel pada tubuh serangga inang akan berkecambah dan berkembang membentuk tabung kecambah, kemudian masuk menembus kulit tubuh. Penembusan dilakukan secara mekanis dan atau kimiawi dengan mengeluarkan enzim atau toksin. Pada proses selanjutnya, jamur akan bereproduksi di dalam tubuh inang. Jamur akan berkembang dalam tubuh inang dan menyerang seluruh jaringan tubuh, sehingga serangga mati. Miselia jamur menembus ke luar tubuh inang, tumbuh menutupi tubuh inang dan memproduksi konidia. Dalam hitungan hari, serangga akan mati. Serangga yang terserang jamur

Nomuraea rileyi ini sangat infektif terhadap larva-larva Lepidoptera. Larva yang terinfeksi N. rileyi akan menunjukkan gejala terselimuti/berbercak atau pengerasan yang diikuti dengan pertumbuhan miselium pada seluruh permukaan tubuhnya. Konidiofor yang terbentuk dari miselium memproduksi konidia yang warnanya hijau kekuningan atau biru kehijauan. Infeksi pada serangga diawali dengan menempelnya konidia pada kulit, kemudian diikuti dengan masa perkecambahan, dalam waktu ± 24 jam. Kematian pada larva biasanya terjadi sekitar 5-7 hari setelah terinfeksi dan penyebabnya antara lain: gangguan fisiologis akibat pengaruh toksin yang diproduksi.

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.