Cara Meletakkan Tanaman Vanili Ke Tanaman Induk

Tanaman Vanili yang sdh ada di Tanaman Inangnya

Tanaman pelindung pada tempat penanaman vanili mutlak dibutuhkan. Beberapa persyaratan pohon pelindung yang ditanam, antara lain: pertumbuhan cepat dan rimbun, tidak mempunyai sifat gugur daun pada musim kemarau, mudah dipangkas, daun yang erjatuhan cukup banyak, tidak mudah terserang hama, dan tidak merupakan inang bagi hama dan penyakit tanaman vanili.

            Tanaman pelindung yang umum digunakan diantaranya: Glyricidia maculate, lamtoro, dan dadap. Ketiga jenis tanaman tersebut dapat bersimbiosis dengan bakteri nitrogen sehingga dapat meningkatkan kesuburan tanah. Tanaman pelindung juga berfungsi sebagai pelindung tanah dari bahaya erosi karena perakarannya baik. Pohon pelindung ditanam setahun sebelu penanaman vanili. Waktu yang baik untuk menanam adalah saat mulai turun hujan.

Adapun tahapan penanaman tanaman pelindung adalah sebagai berikut:

38122978_488439761608366_4531644565517500416_n.jpg
  1. Tenaman pelindung ditanam di tengah bedengan dengan jarak tanam disesuaikan dengan jarak tanam vanili.
  2. Pilihan jarak tanam antara lain 1.5m x 1.5m atau 1.5m x 1.25m. Lubang tanam berukuran 30cm x (30 x 40)cm. Tanah galian dicampur dengan pupuk kandang yang sebaiknya sudah dicampur dengan agens hayati MOSA GLIO.
  3. dikembalikan lagi tanah pada lubang tanam setelah 15-30 hari bersamaan dengan penanaman.
  4. Tanaman pelindung ditanam dengan stump. Pucuknya ditutup dengan pelepah pisang atau lembaran plastic agar tidak kering. Stump ini dapat tumbuh dengan baik setelah 3 bulan.

Setek panjang (7 ruas yang akan ditanam sebaiknya diambil dari tanaman induk seminggu sebelum tanam. Tujuannya untuk mengeringkan luka bekas pangkasan. Lubang tanam digali dekat dengan tanaman penegak. Kedalaman lubang cukup untuk menampung 2-3 ruas pangkal bibit. Tanah galian telah dicampur dengan pupuk kandang yang telah benar-benar matang. Semakin tua umur pupuk kandang, maka semakin baik untuk pertumbuhan vanili.

            Sebelum ditanam, 3 ruas bagian bawah setek dipangkas daunnya. Ruas tersebut dibenamkan ke dalam tanah, sedangkan ujung bekas potongan dibiarkan tidak terbenam agar tidak membusuk. Sisa setek bagian atas ditempelkan pada pohon penegak dengan tali raffia. Pada pengikatan ini, akar perekat harus menghadap batang tanaman penegak agakr dapat segera menempel pada kulit pohon penegak.

            Bibit dalam polyabg yang telah tumbuh dan mencapai tujuh ruas dapat ditanam bersama medianya kedalam lubang tanam yang telah disiapkan. Plastic polybag harus dilepas dari media tanam secara hati-hati agar tidak pecah/lepas. Setek vanilla yang ditanam pada awal musim hujan tidak memerlukan penyiraman. Setelah itu, tanaman perlu juga disiram. Penyiraman dapat dilakukan dengan menggunakan sprayer yang halus.

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.