Budidaya Pepaya Merah Delima Dengan Teknologi Organik – Cara Menanam Pepaya Merah Delima Yang Benar

PENANAMAN
1. Cara Penanaman/Pemindahan Bibit
Tiap-tiap lubang diisi dengan 3-4 buah biji. Beberapa bulan kemudian akan dapat dilihat tanaman yang jantan dan betina atau berkelamin dua.

Kebun Pepaya Merah Delima

Kebun Pepaya Merah Delima

2. Pemeliharan Tanaman :
a. Penjarangan dan Penyulaman ;
Penjarangan tanaman dilakukan untuk pembuangan tanaman betina yang dipelihara adalah tanaman dengan bunga hermaprodit dan jantan. Hal ini dilakukan pada waktu tanaman mulai berbunga (kira-kira umur 3 bulan)

b. Penyiangan;
Kebun pepaya sama halnya dengan kebun buah-buahan lainnya, memerlukan penyiangan (pembuangan rumput). Kapan dan berapa kali kebun tersebut harus disiangi tak dapat dipastikan dengan tegas, tergantung dari keadaan.

c. Pendangiran ;
Kebun pepaya sama halnya dengan kebun buah-buahan lainnya, memerlukan pendangiran tanah. Kapan dan berapa kali kebun tersebut harus didangiri tak dapat dipastikan dengan tegas, tergantung dari keadaan.

d. Pemupukan;
Pohon pepaya memerlukan pupuk yang banyak, khususnya pupuk organik, memberikan zat-zat makanan yang diperlukan dan dapat menjaga kelembaban tanah.

Cara pemberian pupuk:
• Tiap minggu setelah tanam beri pupuk kimia, 50 gram ZA, 25 gram Urea, 50 gram TSP dan 25 gram KCl, dicampur dan ditanam melingkar.

• Satu bulan kemudian lakukan pemupukan kedua dengan komposisi 75 gram ZA, 35 gram Urea, 75 gram TSP, dan 40 gram KCl

• Saat umur 3-5 bulan lakukan pemupukan ketiga dengan komposisi 75 gram ZA, 50 gram Urea, 75 gramTSP, 50 gram KCl

• Umur 6 bulan dan seterusnya 1 bulan sekali diberi pupuk dengan 100 gram ZA, 60 gram Urea, 75 gramTSP, dan 75 gram KCl

• Berikan MOSA GOLD dosis 1 botol untuk 50-100 tanaman . 1 botol MOSA GOLD diencerkan dalam 5 liter (5000 ml) air dijadikan larutan induk.
Kemudian setiap 5-10 liter air diberi 50-100 ml larutan induk tadi untuk penyiraman setiap pohon atau siramkan MOSA GOLD dosis 0,5-1 sendok makan per 10 liter air per lubang.

• Lakukan penyemprotan AGRITECH dosis 3 tutup / tangki setiap 1-2 minggu sekali setelah tanam sampai umur 2-3 bulan

• Setelah umur 3 bulan semprot dengan AGRITECH 3 – 4 tutup ditambah HORTECH dosis 1 tutup / tangki 1 bulan sekali (selama terjangkau alat semprot).
Penyemprotan hati–hati pada saat berbunga agar tidak kena bunga yang mekar atau lebih aman bisa disiramkan.

Catatan : Bila menghendaki budidaya pepaya organik, pupuk kimia/pupuk makro berupa; Urea, TP, ZA dan KCL bisa diganti dengan pupuk kandang. Takaran pupuk kandang ini idealnya 1-2 ton per 1000m2. Atau minimal 10kg per lubang tanam Sedangkan yang perlu diperhatikan, pupuk kandang yang digunakan adalah pupuk kandang yang sudah matang dan sebaiknya dicampur dengan SUPERGLIO (MOSA GLIO) untuk menghindari penyakit jamur tular tanah.

e. Pengairan dan Penyiraman ;
Tanaman pepaya memerlukan cukup air tetapi tidak tahan air yang tergenang. Maka pengairan dan pembuangan air harus diatur dengan seksama. Apalagi di daerah yang banyak turun hujan dan bertanah liat, maka harus dibuatkan parit-parit. Pada musim kemarau, tanaman pepaya harus sering disirami.

f. Pemangkasan
Pemangkasan ini dilakukan agar pepaya california berbuah lebat, cepat dan pohon pendek 0.5 -1 m sudah berbuah dan kokoh, kuat dari rebah batang. Melalui pemangkasan batang pepaya akan memacu hormon-hormon pertumbuhan dan pembentukan bunga dan buah pada pepaya. Dengan tahapan ;

• Buang pupusnya (daun muda paling atas) umur 1 bulan (Hari setelah tanam), yakni pada saat tanaman pepaya california mempunyai ketinggian sekitar 40~50 cm.

• Tunggu sekitar 10 hari tunas baru akan bermuculan.

• Setelah tunas baru tumbuh, batang pohon pepaya dipotong lagi disisakan sekitar 15 cm dari tanah, ketinggian batang pohon pepaya dari tanah tinggal 15 cm .

• Tunggu 7 hari mulai tumbuh cabang-cabang baru seleksi tunas/cabang yang baru yang paling bagus di tinggal satu saja agar tumbuh besar dan buang tunas-tunas lainya, agar zat makanan lari ke tunas yang kita harapkan menjadi batang pokok.

• Pemangkasan sebaiknya dilakukan pada musim kemarau.

• Pemotongan juga bisa dilakukan pada pohon yang sudah berusia tua agar menjadi muda kembali dan jumlah buah yang dihasilkan oleh tunas baru (setelah pemotongan) akan lebih banyak dari jumlah buah yang dihasilkan oleh pohon pepaya yang tidak dipotong.

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.