Budidaya bekicot untuk pakan alternatif ternak

Ternak bekicot untuk pakan lele

Ternak bekicot untuk pakan lele

Bekicot atau Achatina fulica adalah siput darat yang tergolong dalam suku Achatinidae. Bekicot bisa menjadi pakan alternatif untuk ikan lele. Selain menghemat pakan dan kandungan proteinnya yang tinggi, ternak bekicot ini terbilang mudah.

Cara pertama, kita bisa membudidayakan dalam bak bekas, tong atau dengan bak semen sebagai kandang bekicot. Jangan lupa untuk bagian atas ditaruh tutup jaring, agar bekicot yang kita ternakkan tidak lari kemana-mana.

Cara kedua, selain menggunakan tutup dari jaring, pada bibir kolam budidaya bekicot bisa diberi sabun colek. Dengan sabun colek ini, bekicot tidak mau melewatinya, sehingga bekicot-bekicot yang kita pelihara akan tetap berada di dalam kolam budidaya.

Untuk memulai budidaya bekicot, kita bisa cari beberapa bekicot yang besar. Untuk medianya bisa kita taruh pelepah pisang dan daun pepaya.  Bekicot akan berkembang biak dengan sendirinya.

Berikut ini contoh gambar budidaya bekicot

Mudahnya Mengolah Bekicot, Pakan Murah Berprotein Tinggi

BEKICOT , hewan yang di golongkan sebagai bangsa keong/ gastropoda merupakan hama perusak tanaman. Tapi dalam setiap gram daging bekicot terkandung 375,58 kalori dan juga vitamin B terutama vitamin B2. Sehingga sudah banyak diketahui orang bahwa bekicot bagus untuk pakan ternak, misalnya bebek. Peternak bebek biasa mengembalakan bebek di sawah untuk berburu protein tinggi dari bekicot jenis keong mas, sekaligus membasmi hama keong mas ini.

Sebagai pakan ikan, untuk khususnya untuk lele, bekicot mentah, setelah diremukkan cangkangnya, bisa langsung dirajang-rajang dan diberikan.

Untuk pengolahan campuran pakan dalam bentuk tepung bekicot, Pecahkan bekicot lalu cuci bersih lendir-lendir yang ada. Lantas kita kukus lamanya 1 jam full jika pakai panci biasa, kalau pakai panci presto dikukus kira-kira 30 menit. Angkat dan tiriskan hingga dingin, lalu kita giling dengan gilingan daging, jemur sampai kering. Setelah kering, kita giling kembali agar teksturnya menjadi lembut tepung hingga mudah di campur dengan bahan pakan lain.

Kandungan Nutrisi Bekicot :

lembar fakta nutrisi bekicot untuk pakan ternak kandungan bekicot

Nah, dengan fakta kandungan nutrisi seperti itu, tentu saja pertumbuhan ternak ikan atau unggas  akan lebih meningkat pesat.

Mungkin Anda juga menyukai

3 Respon

  1. sofixxx berkata:

    azolla sbg pakan alternatif ternak & unggas.. ditambah bekicot lebih mantap..

    SUSAH MENCARI BIBIT AZOLLA DISEKITAR ANDA..
    hubungi : sofI yan azolla bandung
    sms – telp / what apps : 0896 3650 3911

    azollabandungblogspotcom

  2. Nurman berkata:

    Untuk menyiasati mahalnya hrg pakan, kita harus kreatif utk membudidayakan bekicot, bisa utk pakan itik atau lele

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *