Budidaya Tanaman Jambu Air Jamaika – Syarat Tumbuh Tanaman & Pembibitan Jambu Jamaika

(Oleh  : Syahriar Reza)

Jambu Jamaika / Jambu Bol (Syzygium malaccense)merupakan salah satu jenis jambu air yang daging buahnya tebal dan buah yang tua berasa manis segar berair, sedangkan yang masih muda berasa asam . Meskipun sama-sama jambu Jamaika namun ternyata banyak ragam jenisnya . Ada yang kandungan airnya sedikit ada pula yang banyak. Ada yang jenisnya sampai berwarna merah tua menempel di pohon, sedang yang lain belum mencapai warna tua sudah rontok meski demikian tetap manis segar rasanya.

Syarat tumbuh tanaman Jambu Jamaika                                                      

 adalah daerah dengan ketinggian hingga 1200 m dpl, suhu 18-28° C , curah hujan 500 – 3000  ml per tahun. Kelembapan  50-80% dan intensitas cahaya 40-80% dengan pH tanah 5,5 -7,5 . Jenis tanah untuk pertumbuhan  jambu Jamaika   hampir semua jenis tanah baik.  

Persiapan bibit

Perbanyakan tanaman ini umumnya dilakukan dengan 2 cara  Generatif dan Vegetatif. Cara generatif bahan tanaman asal biji yang sengaja dikecambahkan dan ditanam. Dari bibit asal biji ini tanaman akan berbuah setelah mencapai umur 4-5 tahun dengan kemungkinan sifat buah berubah dari sifat induknya .

Cara berikutnya adalah vegetatif yaitu bibit berasal dari bagian tanaman , dengan cara cangkok, okulasi, maupun kultur jaringan. Cara ini lebih menjamin buah tanaman baru sama dengan buah dari tanaman induknya

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *