Memahami Zat Perangsang Tumbuh bagi Produktifitas Padi

padi dengan jumlah anakan dan bulir yang banyak serta bernas menjadi keinginan petani kita
Padi dengan jumlah anakan dan bulir yang banyak serta bernas menjadi keinginan petani kita

Sangat sering terjadi ketika petani menghendaki padi tumbuh dengan anakan yang banyak justru yang terjadi anakan sedikit, menghendaki daun lebat tetapi yang terjadi daun kecil dan cepat berbunga, menghendaki berbunga tetapi malah daunnya yang tumbuh lebat. Tanaman seringkali tidak tumbuh ideal, bahkan periode fase pertumbuhannya terganggu meskipun cukup pupuk didalam tanah.
Untuk memacu lambatnya pertumbuhan organ tertentu dalam tanaman inilah dibutuhkan Zat Perangsang Tumbuh Alami (ZPTA). Disebut perangsang tumbuh karena memang bersifat mempercepat pertumbuhan organ, disebut alami karena bahan tersebut langsung diekstraksi dari unsur alam/ lingkungan sekitar yang bersifat hayati.

Memahami Kebutuhan hormon Pertumbuhan pada Padi

Secara lengkap organ tanaman terdiri atas akar, batang, daun, bunga, buah dan biji. Beberapa jenis tanaman tidak memiliki organ selengkap itu. Dengan mengamati secara teliti dan terus menerus maka kita akan mengenal fase pertumbuhan organ tanaman dan periode umur organ tersebut dimana masing-masing daerah memiliki kekhasan masing-masing.
Fase pertumbuhan tanaman padi secara umum dimulai dengan pembentukan akar dan daun lembaga, kemudian pertumbuhan batang dan daun, pertumbuhan anakan, penguatan batang dan pertumbuhan tunas batang baru, pembentukan bulir   dst. Dengan demikian penting untuk memperhatikan fase pertumbuhan organ tanaman padi ini .

bagan pertumbuhan padi

Ketika sudah saatnya sesuai fase pertumbuhan tanaman harus terbentuk organ tertentu maka akan terbentuklah organ tersebut. Bila hal tersebut tidak terjadi maka dibutuhkan perangsang tumbuh organ tersebut yang disebut Zat Perangsang Tumbuh Alami atau ZPTA. Zat ini biasa terdapat pada organ tanaman yang baru saja terbentuk atau menjelang terbentuk.

Pada kondisi tidak cukup suplai unsur makanan/ nutrisi tertentu pada organ tanaman yang akan ditumbuhi organ tertentu tersebut maka organ baru tidak terbentuk. Bahkan keberadaan zat tertentu dapat menghambat pertumbuhan organ tanaman tersebut atau bersifat menghambat (inhibitor), contohnya adalah minyak atsiri yang menghambat pertumbuhan akar tetapi air kelapa justru merangsang pertumbuhan akar. Nutrisi jenis tertentu yang berlebihan akan menghambat penyerapan nutrisi yang lain, misalnya penguat batang versus penumbuh tunas daun. Ketika bulir mulai terbentuk terlalu banyak maka pertumbuhan batang dan daun
akan terganggu, demikian pula ketika daun terlalu subur maka pertumbuhan bulir akan terganggu. Semua hal tersebut membutuhkan keseimbangan melalui pengaturan nutrisi atau cuaca mikro.

Dalam kondisi gelap maka batang dan daun akan tumbuh sangat cepat tetapi dalam cahaya matahari yang sangat terang maka
bunga yang akan tumbuh cepat. Beberapa jenis tanaman tertentu membutuh sinar matahari yang jauh llebih lama untuk memacu pembungaan. Secara umum ZPTA untuk pembungaan dapat diperoleh dengan mengekstraksi bunga yang masih kuncup atau madu, ZPTA daun diperoleh dengan mengekstraksi tunas daun muda atau bawang-bawangan, ZPTA akar diperoleh dari mengekstraksi akar-umbi yang masih muda atau air kelapa.

HORTECH, Mempunyai Kandungan Lengkap Hormon Pengatur Tumbuh

aplikasi penyemprotan ZPT HORTECH pada padi dilakukan di pagi hari 2
aplikasi penyemprotan ZPT HORTECH pada padi dilakukan di pagi hari

Jika tidak ingin repot untuk membuat sendiri ZPTA ini, Mosa Mandiri memproduksi ZPT yang sudah lengkap yang sangat mencukupi untuk produktivitas budidaya padi. ZPT (Zat Pengatur Tumbuh) ini diberi merek HORTECH , dikemas dalam bentuk botol 100ml yang langsung dapat diaplikasikan pada penyemprotan daun. HORTECH juga secara praktis dapat dicampur dengan AGRITECH sehingga selain memberikan nutrisi dan asam amino tinggi bagi padi juga menyukupi kebutuhan hormon bagi tanaman padi.

HORTECH dibutuhkan oleh semua jenis tanaman, karena didalamnya mengandung zat pengatur tumbuh IAA (Auxin, Giberelin, Sitokinin), diperkaya  juga dengan asam humat dan asam fulvat. HORTECH dibuat dari bahan-bahan alami organik sehingga aman bagi lingkungan dan kesehatan. Aman untuk manusia maupun hewan peliharaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *