Tips Supaya Ternak Kambing Doyan Pakan Fermentasi

Semua bahan setelah dicampur ditutup rapat dalam karung, simpan sampai beberapa kurang lebih 1 minggu

Pembuatan pakan fermentasi bisa menggunakan bahan dan wadah sederhana

Sebelum membahas mengenai pakan fermentasi untuk kambing, catatan penting dari adalah bahwa pakan fermentasi tidak  disarankan untuk budidaya kambing etawa yang diambil susunya. Pakan fermentasi idealnya cocok untuk penggemukan kambing.

Cara untuk membiasakan kambing supaya doyan pakan fermentasi antara lain :

  1. Jangan terlalu memanjakan ternak dengan membiasakan memberikan pakan “mewah” untuk kambingnya, seperti hijauan, komboran dedak dll. Karena konsepanya bagaimana membuat para peternak kambing semakin efektif dan tidak repot dalam memberikan pakan untuk kambingnya maka mau tidak mau semua peternak kambing, jadi si kambing harus mau dengan pakan ataupun minuman apapun yang di berikan.
  2. ‘Suka karena terbiasa’, dalam hal ini membiasakan kambing untuk memakan pakan jenis lain daripada pakan biasanya. Pemilik kambing juga harus tega dalam melatih kambingnya untuk makan pakan varian baru.

    Pakan yang sudah jadi siap diberikan pada ternak

    Pakan yang sudah jadi siap diberikan pada ternak

  3. Doyan karena lapar, yaitu memuasakan kambing yang akan diberi pakan fermentasi. Caranya bisa dengan puasa 3 jam, 5 jam, 8 jam, disesuaikan dengan kondisi ternak dan kondisi setempat. Selama dipuasakan kambing akan mengembik tidak henti henti. Setelah waktu yang ditetapkan terlampaui, berikan pakan farmentasi tadi sedikit demi sedikit, awalnya kambing tidak akan menyentuh dan hanya mengendus endus saja, namun karena dorongan perut yang lapar, makan sedikit-sedikit kambing akan mau mencoba makan.
  4. Setelah puasa terlewati, lanjutkan dengan pola pemberian makanan bergantian, bisa juga dengan berdampingan, ataupun malah dicampur, misalnya fermentasi jerami dicampur dengan rumput, komposisinya 50:50
  5. Jangan lupa berikan air minum yang rutin disebelah pakan fermentasi yang diberikan
  6. Frekuensi pemberian pakan fermentasi baiknya semakin di intenskan, hal ini sangat berguna untuk mengantisipasi situasi yang mendadak, misalnya musim kering, acara keluarga yang harus pergi seharian, banjir dll.

tabel berbagai komposisi pakan untuk tenak kambing atau domba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *