Budidaya Stroberry (Fragaria chiloensis/Vesca L) – Bag I – Kesesuaian iklim & Media tanam

strawberi mulai berbuah - budidaya strowbery

Strawberry merupakan tanaman buah berbentuk herba yang bisa diperbanyak secara vegetatif dengan anakan dan sulur maupun secara generatif dengan biji.

Petani di Cianjur Jawa Barat menanam varitas Hokowaze asal Jepang yang cepat berbuah. Sedangkan Petani Lembang, Bandung  menanam stroberi varitas lokal Benggala dan Nenas yang cocok untuk membuat makanan olahan dari stroberry yaitu jam. Varietas lain yang biasa ditanam yaitu : Pajero, Osogrande, Selva.

Buah stroberry dimanfaatkan sebagai buah segar  untuk langsung dimakan atau diminum berbentuk juice. Selain sebagai buah segar juga bisa  diolah menjadi berbagai macam produk yaitu sirup atau jam.

Dari negara asalnya spesies Strawberry Fragaria chiloensis L menyebar ke berbagai negara Eropa, Amerika, dan  Asia. Sedangkan spesies Fragaria vesca L. lebih menyebar luas keberbagai belahan bumi termasuk Indonesia

Media Tanam

Untuk penanaman  strawberry  di kebun tanah yang dibutuhkan adalah tanah liat berpasir, subur, gembur, mengandung banyak bahan organik, dengan drainase baik.

Derajat keasaman tanah (pH tanah) yang ideal utk budidaya strawberry di kebun adalah 5,4 – 7,0 sedangkan untuk budidaya di pot adalah 6,5 – 7,0.

Jika ditanam dikebun maka kedalaman air tanah yang disyaratkan adalah 50 – 100 cm dari permukaan tanah. Jika ditanam di dalam pot, media harus memiliki sifat porus, mudah merembeskan air dan unsur hara selalu tersedia.

Kesesuaikan Iklim

Tanaman strawberry dapat tumbuh dengan baik di daerah dengan curah hujan 600 – 700 mm / tahun.

Lamanya penyinaran cahaya matahari yg dibutuhkan dalam pertumbuhan adalah 8–10 jam setiap harinya.

Strawbery adalah tanaman subtropis yg dapat beradaptasi dgn baik di dataran tinggi tropis yg memiliki temperatur 17–20 derajat C.

Kelembaban udara yang baik untuk pertumbuhan tanaman stroberi antara 80–90 %.

Ketinggian Tempat.

Ketinggian tempat yang sesuai untuk tanaman strawberry yaitu  900 – 1500 m dpl.

Kebun Buah Stroberry Yang tertata Rapih dan Indah akan membuat suasana Kebun Menjadi Lebih nyaman

Kebun Buah Stroberry Yang tertata Rapih dan Indah akan membuat suasana Kebun Menjadi Lebih nyaman

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *