Sumber

Modul Budidaya Sayuran Organik

Cover modul budidaya sayuran organik dengan teknologi MMC

Saat ini sayuran organik semakin dilirik, apalagi dengan semakin banyaknya konsumen dan petani yang menyadari efek samping penggunaan pestisida kimia serta penggunaan pupuk kimia yang berlihan. Budidaya sayuran organik memiliki tantangan lebih di bandingkan budidaya konvensional, tetapi nilai jual hasil panennya bisa ditawarkan lebih tinggi.

(lebih…)

Beberapa Cara Pengendalian Hama Tikus ala Petani Lokal

Relief Karmawibhangga di Candi Borobudur di tengah menggambarkan seorang laki-laki sedang membakar sesuatu untuk menghalau hama tikus

Hama tikus salah satu hama yang paling populer di kalangan petani. Bahkan hama ini sudah ada kemunculannya jauh sebelum era modern sekarang ini. Meskipun demikian kemunculan tikus erat kaitannya dengan perubahan ekologis skala luas.

Berikut ini beberapa cara petani lokal dalam mengupayakan pengendalian hama tikus :

(lebih…)

Bahan Alami untuk Pestisida Nabati


Tanaman Mimba sebagai salah satu bahan pestisida nabati, banyak ditemukan di sekitar.

Berikut ini beberapa ramuan pestisida alami yang didapat dari pengalaman beberapa petani lokal. Tentu saja pembuatannya disesuaikan dengan ketersediaan di lokasi setempat. Pestisida nabati buatan sendiri sebaiknya dibuat sesuai kebutuhan untuk periode singkat. Karena umumnya pestisida nabati ini mudah mengalami penurunan efektifitas.

(lebih…)

Memetakan Potensi Desa dengan Transek – Seri Pengembangan Agribisnis Pedesaan

Contoh hasil pemetaan dengan transek


Beberapa metode untuk mengembangan agrobisnis kawasan, terutama kawasan pedesaan dapat dilakukan dengan membuat transek desa. Kegiatan ini dilakukan untuk mengidentifikasi topografi, jenis tanah, vegetasi, tata guna lahan dan informasi mengenai gambaran umum kondisi desa. Prinsip dalam transek ini adalah mendapatkan informasi sebanyak mungkin. Untuk itu pemetaan yang dilakukukan dengan berjalan kaki melintaski perumahan, perladangan dan persawahan atau agroekosistem yang ada.

(lebih…)

Modul Budidaya Jeruk

Jeruk termasuk salah satu komoditas buah unggulan nasional. Tanaman ini memiliki nilai ekonomi tinggi, adaptasinya luas, populer dan digemari oleh hampir seluruh lapisan masyarakat, dan memiliki manfaat penting bagi kesehatan. Kunci sukses usahatani jeruk tidak hanya bergantung pada penggunaan benih unggul, tetapi juga sangat dipengaruhi oleh pemilihan lokasi tanam, penyiapan lahan, pengendalian hama penyakit, dan yang sangat penting adalah pemupukan.

(lebih…)

Modul Budidaya Kacang Panjang

Kacang panjang merupakan salah satu tumbuhan favorit untuk sayuran atau lalapan. Selain buahnya, daun kacang panjang disebut lalapan juga bisa dijadikan sayuran hijau bahkan untuk pakan ternak. Sehingga jenis tanaman ini juga cocok untuk dikembangkan menjadi lahan agribisnis.


Lihat lebih lanjut

Panduan Budidaya Belut

Belut merupakan jenis ikan konsumsi air tawar yang habitat aslinya berada di sawah-sawah, rawa-rawa/lumpur dan di kali-kali kecil. sejak tahun awal 80an, belut mulai dikenal dan digemari dan mulai dibudidayakan. Bahkan perkembangan selanjutnya belut sudah merambah ke pasar ekspor.Dengan budidaya yang intensif, belut dapat menjadi sektor agribisnis yang menjanjikan.

(lebih…)

Modul Budidaya Vanili

Sebutan lain untuk komuditas vanili adalah emas hijau, karena harga vanili yang sangat tinggi untuk komoditas pertanian jenis rempah. Namun, tidak semua vanili memiliki nilai jual tinggi. Hanya vanili yang terbaiklah yang memiliki nilai jual tinggi.

(lebih…)

Modul Budidaya Pare Organik

Pare merupakan sayuran buah bernilai guna cukup tinggi bagi kesehatan manusia. Tingkat kesesuaian tumbuh tanaman pare yang cukup tinggi ini mengakibatkan tanaman pare dapat tumbuh dimana saja termasuk di pekarangan .

(lebih…)

Modul Budidaya Durian (Berikut Analisa Usaha)

cover modul budidaya durian dengan teknologi mmc - edisi II juli 2018Salah satu komoditas perkebunan kita adalah dengan adanya berbagai macam buah-buahan yang tidak kesemuanya bisa didapatkan di negara lain. Salah satunya durian yang pada awalnya merupakan kekayaan asli hutan Tropis Indonesia. Bila dikembangkan secara intensif dapat menjadi penghasilan yang cukup menggiurkan.
(lebih…)

Modul Budidaya Bebek / Itik Potong dan Petelur

Budidaya bebek atau itik mempunyai dua keuntungan ganda, selain untuk produksi telurnya, daging bebek saat ini sangat diminati sebagai mana halnya daging ayam potong.

(lebih…)

Modul Budidaya Strowbery

Strowbery meskipun bukan tanaman asli Indonesia, tetapi dapat tumbuh secara baik. Buah yang berbentuk ini sangat diminati baik itu untuk dikonsumsi secara langsung maupun produk olahan. Bahkan budidaya strowbery, terutama yang dibudidaya secara organik (lebih…)

Modul Budidaya Sorghum dengan Teknologi MMC

cover-modul-budidaya-sorghum-cantel-edisi-I-2018

E-book Budidaya Sorghum

Sorghum atau Canthel (Jawa), merupakan jenis serealia (bahan makanan pokok) yang mulai dilirik potensinya. Apalagi jenis tanaman ini cocok dikembangkan di lahan marjinal /kurang produktif dan relatif masif minim resiko terkena OPT (Organisme Penggangu Tanaman).  (lebih…)

Kandungan Unsur Makro beberapa Jenis Bahan Pupuk Kandang

tabel kandungan unsur makro pada beberapa jenis pupuk kandang

tabel kandungan unsur makro pada beberapa jenis pupuk kandang

Refugia Mengusir hama secara alami

REFUGIA

Menanam Tanaman Hias Dipematang Sawah

Salah satu cara pengendalian hama tanaman padi dengan memanfaatkan tanaman hias dikenal dengan sebutan Refugia.

menanam bunga-bungaan di pematang sawah atau tegalan merupakan hal positif bagi mikro ekosistem

menanam bunga-bungaan di pematang sawah atau tegalan merupakan hal positif bagi mikro ekosistem

(lebih…)

Loading...