Sumber

E-book Panduan Budidaya Jagung dengan Teknologi MMC

e book budidaya jagung, modul budidaya jagung, agribisnis jagung,

Jagung menjadi komoditi pangan terbesar setelah padi. Total produksi jagung nasional kita mencapai 19.611.704 ton (data BPS 2015). Angka ini mengalami kenaikan sedikit dibanding tahun sebelumnya.  Hal ini tentunya masih bisa digenjot. (lebih…)

Analisa Usaha Budidaya Jagung

Analisa usaha budidaya jagung skala 1 hektar
Analisa usaha budidaya jagung skala 1 hektar

Jagung menjadi komoditas  pangan penting selain padi. Indonesia menempati urutan 8 sebagai produsen jagung seantero dunia. Dan hal ini masih bisa ditingkatkan tentunya dengan cara budidaya yang tepat dan efisien. (lebih…)

Modul Budidaya Buah Naga – dengan Teknologi MMC

agritech hortech mosa gold, buah naga, mosa glio superglio, glio, bio-spf
budidaya buah naga dengan teknologi MMC

Buah naga sangat cocok di lahan kering  dan usianya bisa bertahan sampai 20 tahun. Walaupun sebaiknya dipelihara cukup sampai umur 10 tahunan. Apabila dirawat dengan baik, perpohon bisa menghasilkan buah 3 kg buah. Tentu saja menjadi pertimbangan untuk agribisnis, mengingat harga jualnya yang tinggi dan bisa juga dipadukan dengan agrowisata. (lebih…)

Modul Budidaya Tomat dengan Teknologi MMC

Budidaya tomat organik
Panduan Budidaya Tomat dengan Teknologi MMC

Berikut modul budidaya tomat yang dapat diunduh secara bebas ;

(lebih…)

Modul Budidaya Penggemukan Kambing

e book budidaya kambing, buku panduan budidaya kambing, pdf, donwload e book, pdf, ternak kambing, ternak domba

Ternak kambing dapat dilakukan oleh siap saja, baik skala kecil maupun skala besar. Modul/e-book budidaya kambing ini guna berupaya membantu baik pemula maupun praktisi guna memaksimalkan ternak kambingnya.

(lebih…)

Dua Model Fermentasi Pakan Kambing

bagan 2 model fermentasi pakan untuk kambing
bagan 2 model fermentasi pakan untuk kambing

Modul Budidaya Kacang Tanah

panduan budidaya kacang tanah pdf
e book budidaya kacang tanah

Kacang tanah menjadi salah satu favorit tanaman selingan selain kacang kedelai dan jagung. Dengan kebutuhan dan ceruk pasar yang lebar, kacang tanah bisa dibudidayakan secara lebih intensif tetapi tetap memperhatikan keberlanjutan (kelestarian lingkungan).

(lebih…)

Modul Budidaya Sapi dengan Teknologi Vitto Terna

modul agribisnis penggemukan sapi
Modul budidaya sapi potong

Usaha penggemukan sapi potong merupakan alternatif usaha yang bisa dilakukan baik dalam skala kecil maupun besar. Dengan manajemen pakan dan penggunaan suplemen Vitto, penggemukan sapi akan lebih meningkat secara signifikan dibandingkan dengan cara konvensional. (lebih…)

Modul Budidaya Ayam Potong (Broiler) dengan Teknologi Organik VITTO Terna

Modul budidaya ayam potong / broiler dengan teknologi organik MMC
Modul budidaya ayam potong / broiler dengan VITTO

Budidaya ayam pedaging / broiler adalah salah satu peluang usaha bidang pertenakan yang menjanjikan karena permintaan akan daging ayam sangat tinggi, baik di kota besar sampai
pelosok pedesaan. Keberadaan daging ayam ini tak bisa lepas dari proses budidayanya, untuk itu MMC ikut berperan dalam meningkatkan produksi panen dan kualitas daging dalam budidaya ayam broiler. (lebih…)

Modul Budidaya Karet dengan teknologi MMC

buku panduan budidaya karet
buku pedoman budidaya karet

Buku tentang budidaya tanaman karet telah banyak diterbitkan oleh lembaga penelitian maupun lembaga pendidikan, namun pedoman praktis dalam bentuk buku yang mudah dibawa ke lapangan masih jarang dijumpai. tim agrokompleks mosa mandiri mencoba menyusun pedoman praktis tentang budidaya tanaman karet ini. Didesain menarik, full colour, dan dapat diunduh secara bebas. (lebih…)

Modul Budidaya Bawang Merah dengan Teknologi Organik MMC

Modul budiaya bawang merah Bawang merah menjadi komoditas pertanian yang memiliki nilai ekonomis tinggi. Hal ini disebabkan bawang merah menjadi salah satu bumbu pokok dari berbagai masakan. Namun budidaya bawang merah memiliki tantangan besar terkait serangan hama dan penyakitnya.  Dengan teknologi organik, budidaya bawang merah diupayakan memiliki kualitas dan kuantitas yang lebih baik.  (lebih…)

Modul Budidaya Ubi Jalar

modul budidaya ubi jalar secara organik
modul budidaya ubi jalar

Ubi jalar merupakan salah satu jenis tanaman pangan yang menjadi sumber makanan pokok juga bahan baku berbagai jenis makanan. Menurut FAO, Indonesia tercatat sebagai negara nomer 4 produsen ubi jalar terbesar. Potensi ini masih bisa dikembangkan dengan teknologi budidaya yang tepat dan efisien. (lebih…)

Jamur Akar Merah

Jamur  Akar Merah, disebabkan ;

Ganoderma pseudoferreum, Ganoderma philippii

Istilah lainnya ;

Busuk akar merah, Penyakit akar merah

Deskripsi;

 Akar yang sakit tertutup oleh miselium berwarna merah yang dilekati oleh butir-butir tanah. Warna merah akan kelihatan jelas bila akar dicuci. (lebih…)

Layu Fusarium

fusarium sp
fusarium sp

Fusarium ; Fusarium oxysporum, Fusarium melonis, Fusarium batatatis, Fusarium Solani

Patogen bertahan dalam tanah dan rimpang tanaman yang sakit. Patogen ini mempunyai miselium berwarna putih. Untuk mempertahankan diri, cendawan F. oxisporum membentuk klamidospora. Penyebaran patogen dapat melalui benih, air, angin, serangga dan alet pertanian.

Untuk jenis Fusarium solani yang menyebabkan penyakit layu fusarium pada jenis tanaman solanaceae, cendawan dapat bertahan di dalam tanah sebagai saprofit atau dalam bentuk klamidospora. Dalam bentuk klamidospora cendawan dapat bertahan paling tidak selama 5 tahun di dalam tanah bera. Cendawan menghasilkan mikro konidia bening, silindris atau seperti perahu dan bersekat-sekat.
(lebih…)

Modul Budidaya Lele Model Kolam Terpal

Cover Modul Budidaya Lele Model Kolam Terpal Secara ekonomis, usaha budidaya lele sangat menguntungkan serta tidak membutuhkan perawatan yang tidak terlalu rumit. Kebutuhan pakan merupakan komponen biaya produksi terbesar yaitu berkisar antara 80-85% dari total biaya produksi. Saat ini komponen terbesar biaya produksi dikarenakan mahalnya harga pakan sehingga menjadi kendala. Penggunaan probiotik Vitto terna dan penumbuh pakan alami MMC Mina dapat menjadi solusi efisiensi pakan ini. (lebih…)

Teknologi Karya anak negeri untuk ibu pertiwi

Visit Us On PinterestVisit Us On FacebookVisit Us On YoutubeVisit Us On Google PlusCheck Our FeedVisit Us On Twitter