Sumber

Modul Budidaya Penggemukan Kambing

e book budidaya kambing, buku panduan budidaya kambing, pdf, donwload e book, pdf, ternak kambing, ternak domba

Ternak kambing dapat dilakukan oleh siap saja, baik skala kecil maupun skala besar. Modul/e-book budidaya kambing ini guna berupaya membantu baik pemula maupun praktisi guna memaksimalkan ternak kambingnya.

(lebih…)

Dua Model Fermentasi Pakan Kambing

bagan 2 model fermentasi pakan untuk kambing
bagan 2 model fermentasi pakan untuk kambing

Modul Budidaya Kacang Tanah

panduan budidaya kacang tanah pdf
e book budidaya kacang tanah

Kacang tanah menjadi salah satu favorit tanaman selingan selain kacang kedelai dan jagung. Dengan kebutuhan dan ceruk pasar yang lebar, kacang tanah bisa dibudidayakan secara lebih intensif tetapi tetap memperhatikan keberlanjutan (kelestarian lingkungan).

(lebih…)

Modul Budidaya Sapi dengan Teknologi Vitto Terna

modul agribisnis penggemukan sapi
Modul budidaya sapi potong

Usaha penggemukan sapi potong merupakan alternatif usaha yang bisa dilakukan baik dalam skala kecil maupun besar. Dengan manajemen pakan dan penggunaan suplemen Vitto, penggemukan sapi akan lebih meningkat secara signifikan dibandingkan dengan cara konvensional. (lebih…)

Modul Budidaya Ayam Potong (Broiler) dengan Teknologi Organik VITTO Terna

Modul budidaya ayam potong / broiler dengan teknologi organik MMC
Modul budidaya ayam potong / broiler dengan VITTO

Budidaya ayam pedaging / broiler adalah salah satu peluang usaha bidang pertenakan yang menjanjikan karena permintaan akan daging ayam sangat tinggi, baik di kota besar sampai
pelosok pedesaan. Keberadaan daging ayam ini tak bisa lepas dari proses budidayanya, untuk itu MMC ikut berperan dalam meningkatkan produksi panen dan kualitas daging dalam budidaya ayam broiler. (lebih…)

Modul Budidaya Karet dengan teknologi MMC

buku panduan budidaya karet
buku pedoman budidaya karet

Buku tentang budidaya tanaman karet telah banyak diterbitkan oleh lembaga penelitian maupun lembaga pendidikan, namun pedoman praktis dalam bentuk buku yang mudah dibawa ke lapangan masih jarang dijumpai. tim agrokompleks mosa mandiri mencoba menyusun pedoman praktis tentang budidaya tanaman karet ini. Didesain menarik, full colour, dan dapat diunduh secara bebas. (lebih…)

Modul Budidaya Bawang Merah dengan Teknologi Organik MMC

Modul budiaya bawang merah Bawang merah menjadi komoditas pertanian yang memiliki nilai ekonomis tinggi. Hal ini disebabkan bawang merah menjadi salah satu bumbu pokok dari berbagai masakan. Namun budidaya bawang merah memiliki tantangan besar terkait serangan hama dan penyakitnya.  Dengan teknologi organik, budidaya bawang merah diupayakan memiliki kualitas dan kuantitas yang lebih baik.  (lebih…)

Modul Budidaya Ubi Jalar

modul budidaya ubi jalar secara organik
modul budidaya ubi jalar

Ubi jalar merupakan salah satu jenis tanaman pangan yang menjadi sumber makanan pokok juga bahan baku berbagai jenis makanan. Menurut FAO, Indonesia tercatat sebagai negara nomer 4 produsen ubi jalar terbesar. Potensi ini masih bisa dikembangkan dengan teknologi budidaya yang tepat dan efisien. (lebih…)

Jamur Akar Merah

Jamur  Akar Merah, disebabkan ;

Ganoderma pseudoferreum, Ganoderma philippii

Istilah lainnya ;

Busuk akar merah, Penyakit akar merah

Deskripsi;

 Akar yang sakit tertutup oleh miselium berwarna merah yang dilekati oleh butir-butir tanah. Warna merah akan kelihatan jelas bila akar dicuci. (lebih…)

Layu Fusarium

fusarium sp
fusarium sp

Fusarium ; Fusarium oxysporum, Fusarium melonis, Fusarium batatatis, Fusarium Solani

Patogen bertahan dalam tanah dan rimpang tanaman yang sakit. Patogen ini mempunyai miselium berwarna putih. Untuk mempertahankan diri, cendawan F. oxisporum membentuk klamidospora. Penyebaran patogen dapat melalui benih, air, angin, serangga dan alet pertanian.

Untuk jenis Fusarium solani yang menyebabkan penyakit layu fusarium pada jenis tanaman solanaceae, cendawan dapat bertahan di dalam tanah sebagai saprofit atau dalam bentuk klamidospora. Dalam bentuk klamidospora cendawan dapat bertahan paling tidak selama 5 tahun di dalam tanah bera. Cendawan menghasilkan mikro konidia bening, silindris atau seperti perahu dan bersekat-sekat.
(lebih…)

Modul Budidaya Lele Model Kolam Terpal

Cover Modul Budidaya Lele Model Kolam Terpal Secara ekonomis, usaha budidaya lele sangat menguntungkan serta tidak membutuhkan perawatan yang tidak terlalu rumit. Kebutuhan pakan merupakan komponen biaya produksi terbesar yaitu berkisar antara 80-85% dari total biaya produksi. Saat ini komponen terbesar biaya produksi dikarenakan mahalnya harga pakan sehingga menjadi kendala. Penggunaan probiotik Vitto terna dan penumbuh pakan alami MMC Mina dapat menjadi solusi efisiensi pakan ini. (lebih…)

Modul budidaya jahe dengan teknologi mmc

 cover modul budidaya jahe dengan teknologi mmc - edisi II juli 2016.jpg

Jahe salah satu tanaman yang bernilai ekonomis tinggi. Karena tanaman ini selain sebagai tanaman herbal juga merupakan bahan baku untuk masakan. Jahe juga dikonsumsi untuk minuman yang banyak digemari masyarakat Indonesia. Berikut modul budidaya jahe yang telah disusun tim agrokompleks mosa mandiri yang dapat diunduh bebas; (lebih…)

Modul Budidaya Sawit – SIMULTAN

Modul Budidaya Sawit dengan teknologi MMC - SIMULTAN SAWIT - Edisi II Agustus 2016
Modul Budidaya Sawit

Tim Agrokompleks Mosa mandiri telah menyusun SIMULTAN (Sistem Intensifikasi Multi Tanaman) untuk SAWIT yang disusun dalam bentuk modul. SIMULTAN SAWIT ini memiliki keunggulan; (lebih…)

Kumbang Kelapa (Oryctes Rhinoceros)

kumbang tanduk ( Oryctes rhinocerus ) yang menyerang kelapa sawit
Kumbang tanduk ( Oryctes rhinocerus ), menjadi hama yang menyerang kelapa sawit

Kumbang Tanduk kumbang badak (Lat.: Oryctes rhinocerus)adalah jenis kumbang yang tersebar luas di Asia Tenggara, ke timur samapai pulau Irian, ke utara sampai pulau Formosa. Kumbang dewasa berwarna hitam atau coklat tua.Panjang tubuh 3,5 – 4,5 cm dengan kepala bertanduk. Tanduk kumbang jantan lebih panjang dan melengkung ke belakang, sedangkan tanduk kumbang betina berupa tonjolan. Larva sebesar pisang susu, berwarna putih kelabu, di tutup rambut – rambut coklat dan jarang – jarang. Kepala larva kecil berwarna coklat kemerahan. Makananya empulur batang yang membusuk. Pupa terbungkus bahan yang terbentuk dari tanah serta dari daun – daun dan ranting. Kumbang dewasa menempel pada pucuk daun, menyerap cairan dan merusak jaringan daun yang masih muda. Kumbang ini banyak terdapat pada berbagai jenis pohon palem (Palmae), bertelur pada batang tanaman inang yang membusuk. Kumbang tanduk (Oryctes rhinoceros) merupakan salah satu serangan hama yang  mengakibatkan kematian tanaman kelapa sawit muda hingga 1,0-2,5 persen.

siklus hidup hama kumbang tanduk
siklus hidup hama kumbang tanduk

Gejala Serangan :

Kumbang tanduk (Oryctes rhinoceros) merupakan salah satu hama yang mengakibatkan kematian tanaman kelapa sawit muda dan penurunan produksi sampai dengan kematian. Pada tanaman sawit muda tingkat kematihan mencapai 1 sd 3%.

Umumnya serangan kumbang terdapat pada tanaman ulang (TU) yang kumbangnya berasal dari tanaman itu sendiri. Hama tersebut berkembang melalui batang-batang kelapa sawit yang sedang membusuk. Perkembangannya melalui telur-telur yang terdapat dalam batang-batang busuk itu.

Pada malam hari, kumbang itu menggerek pelepah muda tanaman kelapa sawit dengan panjang lubang gerekan mencapai 4,2 cm. Jika gerekan sampai ke titik tumbuh kemungkinan besar tanaman akan menjadi mati.

Pengendalian :

Macam cara pengendalian uret / kumbang pada budidaya sawit yang dilakukan dan diuji:

  1. Kutip manual / Hand picking pada tanaman muda (TBM / rendah) dengan menggunakan pengait.
  2. Dengan Perangakap Feromon (ATTRACTANT)
  3. Penggunaan Kapur barus untuk mengusir kumbang tanduk
  4. Penggunaan agens hayati Supermeta (MOSA Meta)

Cara aplikasi dengan agen hayati yang dapat dilakukan dengan teknologi ini adalah :

  1. Dicampurkan dalam media pupuk kandang jadi, kompos, dengan memberi kesempatan jamur Metharisium berkembang di media tersebut sekitar 2 minggu sebelum media siap digunakan sebagai pupuk dasar.
  2. Dikocorkan di sekitar perakaran tanaman, pada sore hari.
  3. Disemprotkan pada jalur tanam (guludan) dibawah mulsa untuk menambah jumlah agens hayati di tanah sehingga memperbesar peluang uret bersinggungan langsung dengan spora jamur yang akan menginfeksinya.

Jadwal Pemeliharaan Budidaya Cabai

jadwal pemeliharaan budidaya cabai
jadwal pemupukan dan penyemprotan budidaya cabe

Cabe atau lombok termasuk dalam suku terong-terongan (Solanaceae) dan merupakan tanaman yang mudah ditanam di dataran rendah ataupun di dataran tinggi. Tanaman cabe banyak mengandung vitamin A dan vitamin C serta mengandung minyak atsiri capsaicin, yang menyebabkan rasa pedas dan memberikan kehangatan panas bila digunakan untuk rempah-rempah (bumbu dapur). (lebih…)

Teknologi Karya anak negeri untuk ibu pertiwi

Visit Us On PinterestVisit Us On FacebookVisit Us On YoutubeVisit Us On Google PlusCheck Our FeedVisit Us On Twitter