Penyulaman, Penyiangan, & Pengaturan Sulur/Perambatan Tanaman Vanili Yang Baik

Tanaman Vanili Harus Dijaga dan dirawat dengan cara Menyulam yang buruk diganti yang Baik, Menyiangkan juga

Setelah 2-3 minggu dari waktu tanam, bibit-bibit yang telah ditanam di lapangan diperiksa tingkat keberhasilan tanamnya. Jika ada yang tidak normal pertumbuhannya, tanaman dapat langsung dilakukan penyulaman. Penyulaman dapat dilakukan kapan saja saat tanaman rusak.

Penyiangan saat tahun pertama merupakan proses yang sangat penting dalam proses pemeliharaan. Tujuannya untuk mengurangi persaingan dalam pengambilan zat hara tanah sehingga pertumbuhan vanili tidak terhambat. Selain itu, penyiangan dilakukan agar tanaman vanili terhindar dari hama dan penyakit yang menempel atau hidup di rerumputan.

Pada pemeliharaan tanaman vanili, pengaturan penjalaran merupakan hal yang penting. Untuk memudahkan budi daya, pertumbuhannya harus diatur dengan menjalarkan serendah mungkin. Ketinggian penjalaran vanili yang ideal yaitu 1.5 – 2m yang disebut dengan ketinggian ekonomis.

            Cara mengatur penjalaran tergantung sistem tanam yang digunakan. Pada sistem memanjat bolak-balik, setiap sulur yang tumbuhnya melebihi ketinggian ekonomis dibiarkan menggantung pada canggah pohon pelindung. Sulur ini akan tumbuh mengarah ke atanah. Apabila ujungnya telah berjarak 30cm dari permukaan tanah, sulur diarahkan lagi ke atas dengan mengikatnya pada batang pohon pelindung. Perlakuan tersebut dilakukan terus menerus.

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *