Pedoman Budidaya Tebu

Nilai produksi gula Indonesia, dan import gula Indonesia

Tebu adalah tanaman bahan baku utama industri gula dan vetsin. Di Indonesia tebu banyak dibudidayakan di pulau Jawa dan Sumatra dan menjadi salah satu komoditi perkebunan yang strategis dalam perekonomian Indonesia. Jumlah produksi gula saat ini mencapai 2,53 juta ton (data tahun 2015 tabel diatas). Indonesia sendiri menempati urutan ke-8 negara produsen gula setelah colombia (data FAO). Namun ironisnya produksi gula dalam negeri saat ini belum mampu memenuhi kebutuhan gula, sehingga nilai import dari masih jauh lebih besar dibandingkan ekspor ke negara lain.

Di bawah ini  beberapa informasi terkait budidaya tebu yang disusun tim agrokompleks mosa mandiri.


Budidaya Tebu Metode Pupuk Berimbang – Hasil Maksimal

Budidaya tebu jenis BL-abang
Budidaya tebu jenis BL-abang

Tanaman tebu (Saccharum officinarum ) termasuk tanaman perdu. Tanaman penghasil gula ini merupakan tumbuhan monokotil dari famili rumputrumputan (Gramineae), Batang tanaman tebu memiliki anakan tunas dari pangkal batang yang membentuk rumpun. Tanaman ini memerlukan waktu musim tanam sepanjang 11- 12 bulan. (lebih…)

Menyelematkan Panen Tebu dari Serbuan Embug

Mengatasi hama uret ampuh
Lahan tebu yang terpapar hama uret merusak secara cepat dan destruktif mengakibatkan turunnya produktivitas panen bahkan sampai gagal panen

(Kediri, Jatim) Pak Munajam kini bisa tersenyum sumringah, setelah 3 kali periode lebih tanaman tebunya sering mengalami kerugian, panen kali ini sukses besar. Tak ada lagi serangan embug/uret di lahan tebunya, sehingga panen kali bisa utuh untuk diangkut ke pengepul tebu. Dari luasan 1 bahu (7500 m2), tak kurang 100 ton tebu lebih dihasilkan dengan keuntungan fantastis dari manisnya budidaya tebu. (lebih…)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Teknologi Karya anak negeri untuk ibu pertiwi

Visit Us On PinterestVisit Us On FacebookVisit Us On YoutubeVisit Us On Google PlusCheck Our FeedVisit Us On Twitter