Budidaya Pisang

pisang - buah lokal asli indonesiaPisang adalah tanaman buah asli Indonesia. Pisang menduduki tempat pertama di antara jenis buah-buahan lainnya, baik dari segi sebaran, luas pertanamannya maupun dari segi produksinya. Total produksi pisang Indonesia tahun 2006 sekitar 5.037.472 ton dan Lampung menyumbang 535.732 ton, atau 10,6% dari produksi pisang nasional. Namun produktivitas pisang yang dikembangkan masyarakat masih sangat rendah, seperti di Lampung produktivitas pisang hanya 10-15 ton/ha, padahal potensi produktivitasnya bisa mencapai 35-40 ton/ha atau 3 kali lipat!

Sehingga peluang pengembangan agribisnis komoditas pisang masih terbuka lebar. Keberhasilan usaha tani pisang ditentukan selain penerapan teknologi organik mampu mengdongkrak nilai jual dam mampu meningkatkan produksi buah yang bagus dan disukai masyarakat luas.

Berikut beberapa artikel terkait budidaya dan agribisnis pisang ;


Budidaya Pisang Secara Intensif

lahan budidaya pisang
lahan budidaya pisang

Kesenjangan produktivitas tersebut terutama disebabkan teknik budidaya tidak tepat dan tingginya gangguan hama dan penyakit terutama oleh serangan dua penyakit paling berbahaya dan mematikan, yaitu penyakit layu bakteri atau penyakit darah dan penyakit layu Fusarium. (lebih…)

Ada apa dengan tanaman pisang anda?

budidaya pisang
budidaya pisang

Sejak awal tanam pisang , tentunya kita berharap bisa panen buahnya 1 tahun kemudian. Namun kenyataan banyak yang tidak panen akibat tanaman pisang mati ditengah perjalanannya, dengan ciri daun tiba-tiba menguning , mengering dan akhirnya tanaman mati. Jika batangnya dipotong melintang akan terdapat bercak-bercak merah di jaringannya. Ada apa dan apa sebabnya? (lebih…)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Teknologi Karya anak negeri untuk ibu pertiwi

Visit Us On PinterestVisit Us On FacebookVisit Us On YoutubeVisit Us On Google PlusCheck Our FeedVisit Us On Twitter