Budidaya padi

budidaya padi agrokompleks mmc

Padi menjadi salah satu tanaman pangan pokok masyarakat Indonesia. Menurut data terakhir dari Badan Pangan Dunia (FAO) mencatat Indonesia menempati rangki 3 produksi beras setelah India dan Cina. Sehingga hal ini perlu terus didorong agar kualitas dan kuantitas produksi beras tercapai maksimal. Namun di satu sisi permasalahan kelestarian lingkungan (keberlanjutan) dan kesejahteraan petani masih menjadi PR besar.

Indonesia menjadi penghasil padi terbesar nomer 3 sedunia - Sumber FAO
Indonesia menjadi penghasil padi terbesar nomer 3 sedunia, setelah Cina dan Inda – Sumber statistik Badan Pangan Sedunia (FAO) 2014

Hal diatas sebagai pengantar materi-materi terkait pengembangan budidaya padi. Berikut materi-materi dari tim agrokompleks MMC terkait pengembangan budidaya padi. Semoga bermanfaat!


Memahami Zat Perangsang Tumbuh bagi Produktifitas Padi

padi dengan jumlah anakan dan bulir yang banyak serta bernas menjadi keinginan petani kita
Padi dengan jumlah anakan dan bulir yang banyak serta bernas menjadi keinginan petani kita

Sangat sering terjadi ketika petani menghendaki padi tumbuh dengan anakan yang banyak justru yang terjadi anakan sedikit, menghendaki daun lebat tetapi yang terjadi daun kecil dan cepat berbunga, menghendaki berbunga tetapi malah daunnya yang tumbuh lebat. Tanaman seringkali tidak tumbuh ideal, bahkan periode fase pertumbuhannya terganggu meskipun cukup pupuk didalam tanah. (lebih…)

Modul Budidaya Padi dengan Teknologi Organik MMC

Cover Modul Budidaya Padi dengan Teknologi MMC Berikut ini modul budidaya padi dengan teknologi organik MMC dengan formulasi untuk tujuan peningkatan hasil dan kelestarian lingkungan. (lebih…)

Pedoman Ringkas Budidaya Padi Secara Full Organik

budidaya padi organik dengan pupuk mmc 100_2716
budidaya padi organik dengan pupuk mmc

Pada budidaya padi organik sebaiknya bibit yang ditanam adalah jenis lokal, misalnya padi hitam (melik jowo), padi merah, padi pandan wangi, padi  mentik wangi dsb. Sebab, dengan model budiaya lokal ini keunggulan dari citarasa jenis padi lokal ini akan semakin menonjol, sehingga secara ekonomis akan menambah nilai jual beras bagi petani.

Berikut panduan sekilan panduan budidaya padi secara full organik ; (lebih…)

Pegendalian hama dan penyakit pada padi secara organik

Kehadiran burung bangau di sawah menandakan ekosistem lahan yang masih bagus
Kehadiran burung bangau di sawah menandakan ekosistem lahan yang masih bagus

Untuk meningkatkan produktivitas panen padi, petani perlu mengenal berbagai hama dan penyakit pada tanaman padi. Penggunaan pestisida kimia yang terus menerus selain berbahaya bagi manusia juga menimbulkan kerusakan lingkungan. Zat-zat kimia berbahaya ini juga turut mematikan berbagai musuh alami dan organisme lain yang dibutuhkan oleh ekosistem di lahan persawahan. Berikut berbagai cara pengendalian hama dan penyakit pada padi secara organik. (lebih…)

Beberapa Model dan Alternatif Pemupukan pada Padi

Berikut beberapa alternatif pemupukan pada tanaman padi :

  • Metode pemupukan konvensional ; yakni pemupukan padi yang hanya menggunakan pupuk makro saja dari jenis pupuk anorganik atau pupuk kimia. Metode pemupukan seperti ini paling banyak dilakukan oleh kebanyakan petani padi di Indonesia.
  • Metode pupuk berimbang; yakni menggabungkan pemupukan anorganik dengan pupuk organik.

Aplikasi pupuk berimbang pada budidaya padi
Aplikasi pupuk berimbang pada budidaya padi

(lebih…)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Teknologi Karya anak negeri untuk ibu pertiwi

Visit Us On PinterestVisit Us On FacebookVisit Us On YoutubeVisit Us On Google PlusCheck Our FeedVisit Us On Twitter