Budidaya Kakao

agribisnis kakao, budidaya cokelat, budidaya coklat, budidaya kakao


Mendulang Laba dari Budidaya Kakao

Budidaya Tanaman Cokelat / Kakao  (Theobroma cacao)

Dengan teknologi Organik MMC

 

 Syarat Tumbuh :

Tanaman cokelat dimasukkan dalam golongan tanaman caulifloris karena bunga yang tumbuh terdapat dibatang atau cabang. Cokelat adalah tanaman perkebunan yang  mulai berproduksi pada umur 18 bulan (1,5 tahun). (lebih…)

Perawatan Tanaman Pada Budidaya Kakao

Pemeliharaan Tanaman Kakao

 Pemangkasan :

  1. Pemangkasan bertujuan untuk membentuk kerangka dasar, dilakukan saat TBM / Tanaman belum menghasilkan (umur 8 -12 bulan).

(lebih…)

Modul Budidaya Kakao dengan Teknologi MMC

cover modul budidaya kakao - edisi i oktober 2017

Sampai saat Indonesia masih menempati nomer 3 produsen kakao terbesar sedunia. Namun di taraf pembudidaya, kakao masih mempunyai banyak tantangan.  (lebih…)

Pedoman Budidaya Kakao (Theobroma cacao)

tanaman kakao, kakao, pohon kakao, coklat, pohon coklat. buidaya kakao, budidaya cokelat

tanaman kakao dan buah kakao yang sudah masak

Tanaman ini dimasukkan dalam golongan tanaman caulifloris karena bunga yang tumbuh terdapat dibatang atau cabang. Kakao atau cokelat adalah tanaman perkebunan yang  mulai berproduksi pada umur 18 bulan (1,5 tahun). Ketinggian tempat ideal  0-600 meter di atas permukaan laut (dpl) dengan  Curah hujan optimum 1.100 – 3.000 mm/tahun dengan bulan kering kurang dari 3 bulan (kurang 60 mm/bulan) dan   kandungan bahan organik tidak kurang dari 3 % dan derajat keasaman tanah (pH) pada pH 6,0 – 7,5. (lebih…)