Budidaya Jahe

tanaman jaheRimpang jahe, terutama yang dipanen pada umur yang masih muda tidak bertahan lama disimpan di gudang. Untuk itu diperlukan pengolahan secepatnya agar tetap layak dikonsumsi. Untuk mendapatkan rimpang jahe yang berkualitas, jahe dipanen pada umur tidak terlalu muda juga tidak terlalu tua. Jahe segar Selain dipasarkan dalam bentuk olahan jahe, juga dipasarkan dalam bentuk jahe segar, yaitu setelah panen, jahe dibersihkan dan dijual kepasaran. Terdapat beberapa hasil pengolahan jahe yang terdapat di pasaran, yaitu; jahe kering, awetan jahe, bubuk jahe  dan oleoresin jahe / minyak atsiri.

Berikut beberapa artikel terkait budidaya jahe yang disusun tim agrokompleks MMC ;


Analisa usaha budidaya jahe gajah organik skala 1 hektar

budidaya jahe gajah organik, bercocok tanam jahe gajah, analisis usaha jahe gajah, jahe,

Analisa usaha budidaya jahe diatas adalah dengan metode budidaya murni organi, yakni tanpa pupuk kimia dan tanpa pestisida kimia. Untuk perkiraan pendapatan bisa disesuaikan dengan naik turunnya harga di pasaran, tetapi harga pendapatan diatas diasumsikan pada harga jual terendah, yakni Rp.7.000,- per kg panen basah. Untuk skala usaha yang lebih kecil, misalkan 1000 m2 , dapat dibuat dengan perbandingan sesuai kebutuhan. (lebih…)

Modul budidaya jahe dengan teknologi mmc

 cover modul budidaya jahe dengan teknologi mmc - edisi II juli 2016.jpg

Jahe salah satu tanaman yang bernilai ekonomis tinggi. Karena tanaman ini selain sebagai tanaman herbal juga merupakan bahan baku untuk masakan. Jahe juga dikonsumsi untuk minuman yang banyak digemari masyarakat Indonesia. Berikut modul budidaya jahe yang telah disusun tim agrokompleks mosa mandiri yang dapat diunduh bebas; (lebih…)

Superglio mengatasi penyakit busuk rimpang pada Jahe

jahe-merah-tumpang-sari-dengan-sengon
jahe-merah-tumpang-sari-dengan-sengon

Selama ini,  penyakit pada jahe yang menjadi kendala penting dalam peningkatan produksi jahe adalah penyakit layu. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri ralstonia solanacearum.  Namun sejak tahun 2003, penyakit busuk rimpang jahe menjadi momok bagi petani jahe terutama di wilayah Jawa Tengah dan sekitarnya. (lebih…)

Budidaya Jahe (Murni Organik) Dengan Teknologi MMC

Budidaya jahe memiliki potensi bagus untuk dikembangkan. Apalagi jika budidaya jahe dengan tumpang sari sehingga keuntungan dari budidaya jahe bisa berlipat. Jahe jenis jahe merah banyak dibutuhkan terutama untuk kebutuhan obat-obatan dan minuman. Berikut model budidaya jahe organik yang dipadukan dengan teknologi MMC:

Pemilihan Bibit

tanaman jahe merah dibudidaya dengan teknik bedengan
tanaman jahe merah ditanam dengan teknik bedengan

Bibit yang baik yaitu umur 12 bulan, sehat tidak membawa bibit penyakit , Kemudian direndam dengan BIO-SPF selama 1 jam .

Kebutuhan Bibit

1 Kg bibit = 3 meter (lebih…)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Teknologi Karya anak negeri untuk ibu pertiwi

Visit Us On PinterestVisit Us On FacebookVisit Us On YoutubeVisit Us On Google PlusCheck Our FeedVisit Us On Twitter