Budidaya jagung

hama dan penyakit pada jagung


Sclerotium Pada Tanaman Jagung (Zea mays L),

Sclerotium Pada Tanaman  Jagung (Zea mays L),

Nama Penyakit :

1 .Busuk batang pada jagung

2. Busuk pelepah / Hawar Upih daun pada jagung.

3. Busuk pangkal batang pada  jagung

Penyebab Penyakit :

Jamur Sclerotium rolfsii Sacc atau disebut Corticium rolfsii (Sacc.) Curzi.

Morfologi Patogen:

Jamur membentuk  miselium berwarna putih seperti bulu atau kipas pada pelepah daun. Jamur tidak membentuk spora.Miselium berkembang menjadi sklerotium yang semula berwarna putih kemudian berubah menjadi coklat .

Sklerotium terlindung lapisan yang kuat sehingga tahan terhadap suhu tinggi dan kekeringan . Di dalam tanah sklerotium tahan sampai 7 tahun.Saat kering sklerotium berubah menjadi keriput namun bila keadaan lembab akan cepat berkecambah.

Gejala Penyakit :

Pelepah daun muncul bercak berwarna kemerahan kemudian menjadi kelabu, semakin meluas. Gejala busuk pelepah dimulai dari bagian tanaman dekat tanah dan meluas ke atas.

Daur Penyakit :

Tanaman dan tanah yang terinfeksi jamur Sclerotium rolfsii bisa menjadi sumber penyebaran penyakit. Tanaman yang terserang jamur harus dicabut dan di bakar. Sedangkan tanah yang terinfeksi jangan sampai tersebar ke empat lain.

Cara Pengendalian :

Penggunaan agens hayati MOSA GLIO (Super GLIO) dengan bahan aktif Gliocladium sp dan Trichoderma harzianum sangat nyata dalam menekan laju infeksi penyakit akar merah / Ganoderma sp. Perlakukan pada pembibitan dan tanaman di lahan dengan MOSA GLIO (Super GLIO) adalah cara yang efektif dan efisien mengendalikan penyakit akar merah.

Cara aplikasi : yaitu satu sachet MOSA GLIO (Super GLIO) isi 100 gr dicampur dengan 50 kg pupuk kandang yang sudah matang kemudian diperam selama satu minggu di tempat yang teduh dan terlindung dari hujan.

Campuran pupuk kandang dengan MOSA GLIO (Super GLIO) sebanyak 50 kg digunakan untuk lahan seluas 1000 m2. Campuran pupuk kandang dan MOSA GLIO dimasukkan pada lubang tugal disamping lubang tanam. Aplikasi dilakukan bersamaan saat tanam. Setelah dimasukkan lubang tugal baiknya ditutup tanah tipis agar MOSA GLIO terlindung dari sinar matahari.

E-book Panduan Budidaya Jagung dengan Teknologi MMC

e book budidaya jagung, modul budidaya jagung, agribisnis jagung,

Jagung menjadi komoditi pangan terbesar setelah padi. Total produksi jagung nasional kita mencapai 19.611.704 ton (data BPS 2015). Angka ini mengalami kenaikan sedikit dibanding tahun sebelumnya.  Hal ini tentunya masih bisa digenjot. (lebih…)

Analisa Usaha Budidaya Jagung

analisa usaha budaya jagung -skala 1 hektar - 1 kali musim tanam
analisa usaha budaya jagung -skala 1 hektar – 1 kali musim tanam

Jagung menjadi komoditas  pangan penting selain padi. Indonesia menempati urutan 8 sebagai produsen jagung seantero dunia. Dan hal ini masih bisa ditingkatkan tentunya dengan cara budidaya yang tepat dan efisien. (lebih…)

Teknis Budidaya Jagung Manis dan Jagung Hibrida (Zea mays)

budidaya jagung hibrida
budidaya jagung manis

Jagung adalah salah satu alternatif pengganti beras sebagai makanan pokok. Jagung merupakan salah satu khasanah pangan lokal Indonesia. Apabila pertanian jagung ini dikembangkan secara serius, hasilnya lebih meningkat sehingga mampu menambah pendapatan bagi petani. (lebih…)

Bahan pakan potensial untuk penggemukan sapi

Inovasi pakan alternatif untuk penggemukan sapi ini bertujuan untuk :

  1. Menekan kematian pedet pra-sapih
  2. Memperpendek jarak beranak
  3. Meningkatkan laju pertambahan bobot badan harian pedet
  4. Mempertahankan kondisi tubuh induk selama menyusui dalam kategori sedang
  5. Memberikan keuntungan ekonomis bagi peternak, limbah pertanian dan agroindustri pertanian memiliki potensi yang besar sebagai sumber pakan ternak ruminansia (ternak memamahbiak).

(lebih…)

BIO-SPF (Nutrisi dan Proteksi Tanaman)

Bio SPF, bio-spf, bio - spf, biospf

BIO SPF  merupakan salah satu produk pupuk  hayati  pertanian yang berfungsi sebagai :

 

 

 

(lebih…)

Satu benih jagung tumbuh 2 – 3 anakan dengan teknologi MMC

Selain meningkatkan hasil tanaman, produk organik MMC mengembalikan produktivitas tanah. Video ini merupakan kesaksian petani jagung hibrida secara organik di Ciamis: (lebih…)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Teknologi Karya anak negeri untuk ibu pertiwi

Visit Us On PinterestVisit Us On FacebookVisit Us On YoutubeVisit Us On Google PlusCheck Our FeedVisit Us On Twitter