Budidaya cabai

Jadwal Pemeliharaan Budidaya Cabai

jadwal pemeliharaan budidaya cabai
jadwal pemupukan dan penyemprotan budidaya cabe

Cabe atau lombok termasuk dalam suku terong-terongan (Solanaceae) dan merupakan tanaman yang mudah ditanam di dataran rendah ataupun di dataran tinggi. Tanaman cabe banyak mengandung vitamin A dan vitamin C serta mengandung minyak atsiri capsaicin, yang menyebabkan rasa pedas dan memberikan kehangatan panas bila digunakan untuk rempah-rempah (bumbu dapur). (lebih…)

Gliocladium Selamatkan Panen dari Serangan Jamur Merugikan

Layu Fusarium merupakan momok bagi pelaku agribisnis. Jamur patongen ini sering menyerang  komoditas cabai, tomat dan keluarga terong-terongan lainnya. Sekarang, Tetapi, penyakit ini sebenarnya bisa diantisiasi dengan musuh alami dari sejenis jamur juga. Penggunaan Jamur Antagonis Gliocladium sp dan Thrichoderma sp terbukti sering menyelamatkan panen dari serangan layu fusarium dan beberapa jenis jamur merugikan lainnya.

Tanaman cabai terkena penyakit layu fusarium
cabe kena penyakit layu fusarium

Pencegahan dan penyembuhan berbagai jenis tanaman   bisa menggunakan musuh alami penyakit yang diidap tanaman. (lebih…)

Modul Budidaya Cabai dengan teknologi MMC

Modul Budidaya Cabai dengan teknologi organik mmc
Modul Budidaya Cabai dengan teknologi organik mmc

Berikut ini pedoman budidaya cabai yang dirangkum oleh tim agrokompleks mosa mandiri yang dapat diunduh. (lebih…)

Mengendalikan antraknosa pada budidaya cabai dengan BIO-SPF

Aplikasi Penggunaan BIO SPF untuk mengendalikan penyakit antraknosa pada tanaman cabaiPenyakit antraknosa dikenal oleh petani cabai sebagai penyakit busuk buah. Sebenarnya penyakit ini tidak hanya menyerang buah saja tetapi menyerang daun. Daun menjadi kuning dan kemudian mengering seperti terbakar. (lebih…)

Superglio Mencegah Layu Fusarium pada Tanaman Cabe

100_Aplikasi Superglio untuk pencegahan layu fusarium pada tanaman cabe; Superglio dicampur air secukupnya untuk mengocor lahan cabe. Superglio mengandung bahan aktif spora gliocladium sp dengan kadar tinggi, sehingga efektif memproteksi tanaman cabe.
Aplikasi Superglio untuk pencegahan layu fusarium pada tanaman cabe; Superglio dicampur air secukupnya untuk mengocor lahan cabe. Superglio mengandung bahan aktif spora gliocladium sp dengan kadar tinggi, sehingga efektif memproteksi tanaman cabe.

Penyebab penyakit ini adalah cendawan Fusarium oxysporium sp. Penyakit ini biasanya menyerang tanaman cabe yang ditanam pada tanah masam (ph tanah rendah, kurang dari 6).    (lebih…)

Analisa Usaha budidaya cabe skala 1 hektar


Pergerakan harga cabe di pasaran memang pasang surut seperti air laut. Namun, dengan tetap tingginya permintaan, budidaya cabe tetap menjadi lirikan utama bagi petani. (lebih…)

Dampingi petani Sukaresmi Cianjur, lahan cabe 30 Hektar biar jadi panen mujur

Jarak tempuh yang jauh dan medan yang berat tidak menghalangi tim MMC untuk mendatangi lahan cabe petani Sukaremi Cianjur ini. Karena lokasinya di pegunungan di perbatasan Cianjur dengan Bogor ini membuat perjalanan harus ditempuh jalur darat selama hampir sehari penuh. Namun lokasi jauh tak meluruhkan semangat Tim MMC untuk berkunkung ke sana, apalagi luasan lahan budidaya cabe tersebut mencapai 30 hektar lebih. (lebih…)

Budidaya Cabe dan Tomat di Kab. Bengkayang Kalbar


10 langkah Budidaya cabe pada tanah merah

Cabai dengan ukuran luar biasa dengan perlakukan produk organik MMC
Hasil perlakuan pupuk organik MMC pada budidaya cabai keriting, buah merata, besar dari pangkal ke ujung, tidak mudah rontok

Apabila jenis tanah pada lahan yang akan ditanami adalah jenih tanah merah, maka 10 langkah ini bisa dilakukan untuk bertani cabe.

Langkah-langkah berikut ini untuk lahan skala 2500 m2 (lebih…)

Analisa Usaha budidaya cabe skala 1 hektar


Pergerakan harga cabe di pasaran memang pasang surut seperti air laut. Namun, dengan tetap tingginya permintaan, budidaya cabe tetap menjadi lirikan utama bagi petani. (lebih…)

Panen Cabai dengan pupuk organik MMC di Ciamis

Pengalaman petani cabe menggunakan produk organik MMC, hasil meningkat

Bercocoktanam cabe memang hasilnya menggiurkan, tetapi tantangannya lebih berat. Namun dengan teknologi organik MMC, resiko itu dapat ditekan seminimal mungkin. Pengalaman nyata ini diterapkan oleh salah satu petani cabai di cimamis:

Teknologi Karya anak negeri untuk ibu pertiwi

Visit Us On PinterestVisit Us On FacebookVisit Us On YoutubeVisit Us On Google PlusCheck Our FeedVisit Us On Twitter