Panduan Praktis : Budidaya Pepaya California dengan Teknologi MMC

Pepaya california, teknik budidaya
Pepaya california, teknik budidaya

Dalam usaha budidaya tanaman Pepaya California , perlu diperhatikan hal-hal mendasar untuk keberhasilan sejak awal hingga panen.

Tahapan budidaya tersebut :

  1. Mempersiapkan benih yang tahan akan serangan penyakit (Jamur maupun Bakteri)
  2. Jarak tanam yang tepat
  3. Pengolahan tanah dan drainase
  4. Pemupukan
  5. Pengendalian Hama – Penyakit
  6. Pemanenan

Langkah demi langkah :

Mempersiapkan benih

Benih disarankan yang tahan akan serangan penyakit (Jamur maupun Bakteri). Benih sachetan atau plastikan perlu dilakukan pencucian dengan air bersih untuk menghilangkan racun pestisida, kemudian direndam dengan larutan BIO- SPF ( +/- 15-30) menityang berfungsi sebagai pemacu pertumbuhan, pelindung penyakit dan pupuk hayati.

Pengaturan Jarak Tanam

Jarak tanam yang cukup akan mengoptimalkan jumlah dan pertumbuhan tanaman , serta mencegah berkembangan penyakit (jamur) akibat kelembapan tinggi karena Jarak tanam yang terlalu rapat. Jarak ideal adalah 2,5×2,5 m.

Penanaman bibit

Penanaman bibit pada lubang dan memastikan pupuk dasar (pupuk kandang yang sudah matang dan sudah diperam selama 2 minggu dengan SUPERGLIO , mencegah serangan layu / kuning mendadak karena serangan jamur).

Pengolahan tanah dan drainase,

Pengolahan tanah dan drainase hendaknya memperhatikan dalam parit dan kemiringan arah air agar tidak terjadi genangan setelah hujan, yang berpotensi merendam perakaran , sehingga mencegah akar kekurangan oksigen dan keracunan CO2. Pembumbunan dengan sedikit penggemburan dilakukan untuk membuka ruang udara tanah sehingga tumbuh perakaran baru.

Pemupukan yang berimbang ,

Pemupukan yang berimbang yakni pemerian takaran entara baik berbahan Organik dan Anorganik yang cukup akan memberikan hasil kuantitas dan kualitas tanaman yang baik.

Pepaya california, kates, pandun budidaya, teknis budidaya pepaya kalifornia, kalina
Pepaya california, kates, pandun budidaya, teknis budidaya pepaya kalifornia, kalina

Pupuk yang disarankan :

Dua minggu setelah tanam 50 gr Za, 25 gr Urea, %0 gr TSP, 25 gr Kcl + 1 sdm MOSA GOLD, dicampur dan dimasukkan dalam 2 buah lubang yang berseberangan , 1 jengkal dari tanaman .

Penyemprotan pada daun dengan AGRITECH 5 tutupdan HORTECH 1 tutup per tangki 15 liter 2 minggu sekali, hingga umur 3 bulan.

Pemupukan berikutnya dilakukan 1 bulan kemudian dengan dosis (gr/tanaman)urutan pupuksepertidiatas sbb: 75 ; 35 ; 75 ; 40 gr (tanpa MOSA GOLD)

Pemupukan berikutnya saat umur tanaman 3 s/d 5 bulan dengan dosis urutan pupuk seperti diatas sbb : 75 ; 50 ; 75 ; 50 gr . Pupuk MOSA GOLD 1 sdm dilarutkan dalam 5-10 liter air dikocor melingkar batang ( aplikasi MOSA GOLD di bulan ganjil)

Jika anda menginginkan pepaya california yang organik, anda tinggal menghilangkan / tidak menggunakan pupuk kimia. Tambahan pupuk kompos dari kotoran kambing bagus sangat disarankan karena karena bagus untuk tanaman buah-buahan.

Untuk selanjutnya sejak umur tanaman 6 bulan dilakukan pemupukan sebulan sekali dengan dosis 100 ; 60 ; 75 ; 75 gr . Pupuk MOSA GOLD 1 sdm dilarutkan dalam 5-10 liter air dikocor melingkar batang ( aplikasi MOSA GOLD di bulan ganjil

Pengendalian Hama dan Penyakit

Kutu tanaman (Aphid sp., Tungau)

Badan halus panjang 2 – 3 mm berwarna hijau, kuning atau hitam. Memiliki sepasang tonjolan tabung pada bagian belakang perut, bersungut dan kaki panjang. Kutu dewasa, ada yang bersayap dan tidak. Merusak tanaman dengan cara menghisap cairan dengan pencucuk penghisap yang panjang di bagian mulut.

Pengendalian : semprot dengan Top BN (MOSA BN) secara bergantian sebagai pencegahan. (Lihat: Cara kerja Top BN)

Penyakit layu, kuning, busuk batang, busuk akar

Penyakit yang sering merugikan tanaman pepaya adalah penyakit yang disebabkan oleh jamur, virus mosaik, rebah semai, busuk buah, leher akar, pangkal batang dan nematoda.

Untuk pencegahan, sebaiknya sebelum ditanam, biji direndam dengan BIO-SPF terlebih dahulu dan disemprot/dikocor dengan  Super Glio (MOSA Glio). (Lihat : Manfaat BIO-SPF untuk perendaman benih)

Penyakit mati bujang diisebabkan oleh jamur Phytophthora parasitica, P. palmivora dan Pythium aphanidermatum yang menyerang buah dan batang pepaya, sedangkan penyakit busuk akar disebabkan oleh jamur Meloidogyne incognita.

Cara pencegahan: perawatan kebun yang baik, menjaga kebersihan, dan drainase sebarkan Super Glio (MOSA Glio) ke lubang tanam.

Apabila lahan telah ditanami pepaya, disarankan agar tidak menanam pepaya kembali, untuk mencegah timbulnya serangan nematoda. Tanaman yang terinfeksi oleh nematoda menyebabkan daun menguning, layu dan mati.

Pengendalian : Siramkan Super Glio (MOSA Glio) ke lubang tanam. (Lihat: cara kerja Superglio)

Panen

Kriteria panen yang jika warna kulit buah sudah semburat kuning (20%). Pemetikan dan peletakan buah sebaik mungkin agar buah tidak terluka / bergetah yang akan mengurangi kualitasnya. Setelah buah tua biasanya tanaman dipanen 4 hari sekali.

Produksi untuk luasan 1 ha bisa panen 2 ton / minggu.

Demikian panduan singkat budidaya pepaya, apabila ada yang mau dikonsultasikan, silahkan menghubungi tim Agrokompleks MMC!


 

Kisah Sukses

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *