Panduan Teknis Budidaya Jambu Kristal (Psidium guajava L)

jambu biji, jambu kristal, budidaya jambu biji, budidaya jambu kristal, jambu kristal, budidaya jambu, guava, pseudeum guava, jambu biji kristal pohon jambu, buah jambu, buah jambu biji

Jambu biji merupakan tanaman tropis berasal dari Brazil, Amerika Tengah. Bisa tumbuh dengan baik di daerah Subtropis.  Budidaya jambu biji kristal akan berhasil dengan baik apabila  syarat tumbuh terpenuhi.

Syarat tumbuh budidaya jambu

Suhu yang  diperlukan tanaman jambu kristal agar dapat tumbuh , berbuah dan berkembang dengan optimal yaitu suhu siang hari 23 – 28 °C.

Intentensitas curah hujan sedang yaitu 1000 – 2000 mm per tahun dan merata sepanjang tahun. Aliran angin berkekuatan sedang diperlukan dalam penyerbukan buah. Namun apabila angin terlalu kencang menyebabkan bunga jambu kristal menjadi rontok.

Jambu biji kristal lebih cocok tumbuh pada kelembaban udara yang rendah. Panjang penyinaran matahari juga harus cukup yaitu  8 jam sehari. Jika tanaman jambu kristal ini kurang akan sinar matahari akan membuat tanaman menjadi tidak sempurna.

Ketinggian tempat

Di daerah tropis, jambu kristal cocok ditanam pada ketingian 5  – 1200 m dpl.

Jenis Tanah

Semua jenis tanah cocok ditanami jambu biji, namun tanah yang cocok untuk budidaya jambu biji kristal adalah jenis lempung berpasir yang kaya akan bahan organik. Pada tanah berpasir air hujan tidak mudah menggenang.

Derajat keasaman tanah yang cocok adalah (pH) : 5 – 8,2.

Keunggulan Jambu Kristal

Jambu biji kristal ditemukan pada tahun 1991 di Distrik Kao Shiung – Taiwan, jambu ini berasal dari  mutasi jambu Muangthai Pak.

Jambu Kristal secara sepintas hampir tidak ada biji. Biji jambu kristal masih ada, namun kurang dari 3% dari seluruh bagian buah.

panen jambu biji, panen pada budidaya jambu, budidaya jambu, panen jambu, jambu biji, guava, mosa gold untuk jambu, mosa gold, agritech, hortech, mosa meta, buah jambu, buah jambu kristal, agribisnis jambu

Budidaya jambu biji

Jambu kristal ini sudah bisa dipanen saat umur tanaman kurang dari setahun dan akan terus panen sepanjang tahun hingga masa produktif selama 10 tahun.

Secara genetik, jambu kristal akan lebih cepat tumbuh dari jambu bangkok dan jambu klutuk merah biasa.

Jambu kristal  bisa dipanen sepanjang tahun karena tak tergantung pada musim. Panen raya bisa dilakukan 3 kali dalam setahun.

Jambu kristal yang masak pohon bisa berbobot 300 gr per buah dengan warna kulit luar hijau muda mengkilap. Satu pohon jambu kristal mampu menghasilkan hingga 10 kg jambu per panen.

Bibit jambu kristal yang berkualitas diperoleh dari perbanyakan vegetatif yaitu cangkok batang atau okulasi.

Budidaya Jambu Kristal

Pengolahan Tanah

Pengolahan tanah bertujuan agar  tanah menjadi gembur. Olah tanah bisa diakukan dengan bajak atau dicangkul dengan kedalaman 30cm.

Pada lahan berbukit / miring, tanah dibikin teras sering agar tanah tidak curam.

Tanah dibuat bedengan dengan lebar 250 cm, tinggi bedeng 30 cm dan parit antar bedeng 50 cm

Untuk penanaman dalam pot menggunakan media tanam campuran dari: tanah, pupuk kandang / kompos, dan arang sekam dengan  rasio 1: 2: 2. Sebelum pot diisi, dasar pot  diberi lubang drainase agar tanah saat disiram air tidak menggenang.

Jarak Tanam

Di tengah bedengan dibuat lubang tanam  lebar 50 cm x 50 cm x 30 cm (dalam) . Jarak tanam antar baris/bedeng 300 cm sedangkan jarak tanam dalam baris 300 cm,

Populasi jambu kristal per Ha adalah 1.100 tanaman.

Pemupukan

Pemberian pupuk kandang bisa ditambahkan pada saat awal tanam. Pemberian pupuk kandang ini kira-kira 25  kg (1 karung) per pohon diberikan saat awal tanam dan diulangi pada umur > 3 tahun.

Pemupukan Makro

Pada tahun 0-1 tahun umur penanaman bibit setiap pohon diberi pupuk dengan campuran 25 kg pupuk kandang, 250  gram TSP, 100 gram urea dan 50 gram ZK yang ditabur disekitar tanaman..

Pemupukan tanaman umur 1-3 tahun dilakukan dengan campuran NPK 250 gram/pohon dan TSP 250 gram/pohon dan diulang setiap 3 bulan sekali dengan takaran yang sama.

Pemupukan tanaman umur diatas 3 tahun, kalau pertumbuhan tunas sudah kurang bagus berarti selain TSP 250 gram dan NPK 250 gram  memerlukan pupuk kandang sebanyak 25 kg/tanaman.

Berikut contoh tabel pemberian pupuk kimia  per pohon  bersarkan umur tanaman jambu biji;dosis pemupukan pupuk makro npk per tanaman pada budidaya jambuCatatan : Pemupukan dilakukan tiap 3 bulan sekali.

pemupukan pada tanaman jambu biji

Apabila menghendaki budidaya jambu biji secara organik, maka penggunaan pupuk kimia ini bisa diganti/disubtitusikan dengan pupuk kandang. Kebutuhan pupuk kandangnya ±10 ton per hektar.

Pemupukan Pupuk Organik

Untuk melengkapi kebutuhan tanaman, diperlukan pupuk organik yang kaya akan unsur mirkro. Berikut dosis pemberian pupuk organik ;

Dosis Pemupukan produk MMC untuk budidaya jambu biji alternatif I, mosa gold, agritech, hortech, budidaya jambu, jambu biji, guava, agribisnis jambu biji

Catatan : Konsentrasi penyemprotan Pupuk Organik Cair dan Hormon Organik adalah

  1. AGRITECH: umur 1 – 8 bulan 5 tutup per tangki 15 liter, umur 12 – 32 bulan 10 tutup per tangki 15 liter.
  2. HORTECH : umur 1 – bulan 1 tutup per tangki 15 liter, umur 12 -32 bulan 2 tutup per tangki 15 liter.

Satu tutup AGRITECH dan HORTECH : 10 ml.

Dosis Pemupukan produk MMC untuk budidaya jambu biji alternatif II

Pemeliharaan

Penyulaman

Apabila ada bibit yang mati segera diganti dengan bibit baru yang bagus. Agar pertumbuhan tanaman bisa sama dengan tanaman sebelumnya.

Penyiangan

Gulma-gulma yang tumbuh di bawah tajuk daun harus disiangi sampai radius 1,5 – 2 m sekitar lahan budidaya. Penyiangan dilakukan sebulan sekali sekaligus dilakukan penggemburan tanah sekitar perakaran yaitu daerah di bawah tajuk daun.

Pemangkasan

Pemangkasan bentuk dilakukan dengan mengatur  jumlah cabang utama dengan tujuan agar tajuk daun tanaman jambu kristal terbentuk seimbang dan baik. Tunas selain cabang utama dipangkas agar tidak mengganggu cabang utama.

Pemangkasan pada cabang terseir dilakukan setelah tanaman 2 tahun, sehingga ranting tanaman akan optimal untuk menghasilkan bunga dan buah produktif.

Pemangkasan juga dilakukan setelah dilakukan pemanenan.

Penyiraman

Setelah bibit pindah tanam di lahan dan tidak ada hujan turun, penyiraman dilakukan 2 kali sehari yaitu pagi dan sore hari selama 2 minggu. Berikutnya penyiraman dikurangi menjadi 1 kali sehari yaitu sore hari.

Jika tanaman jambu kristal telah tumbuh dengan sehat dan  kuat, frekuensi penyiraman dilakukan saat diperlukan saja.

Pada musim kemarau apabila tanah kelihatan retak retak maka diperlukan penyiraman. Penyiraman dilakukan setiap sore hari, dengan menggunakan pompa air 3 PK untuk lahan seluas kurang lebih 3000 m2.

Saat musim hujan, disekitar tanaman yang dibudidayakan dijaga agar tidak ada air yang  menggenang. Drainase dilakukan  dengan memelihara parit antar bisa membuang/mengalirkan air dengan lancar.

Panen

Tanaman  jambu kristal berbuah dengan kontinyu setelah usia 2 tahun. Apabila ditanam dengan bibit cangkokan jambu Kristal mulai belajar berbuah saat umur 6 bulan

Buah yang sudah masak fisiologis dan siap dipetik menunjukkan warna putih kekuningan. Buah yang masih hijau menunjukkan belum masak dan belum siap dipetik.

panen jambu biji, panen jambu biji, panen pada budidaya jambu, budidaya jambu, panen jambu, jambu biji, guava

panen jambu biji, panen jambu biji, panen pada budidaya jambu, budidaya jambu, panen jambu, jambu biji, guava

Pemetikan buah dilakukan dengan memotong tangkai buah. Buah yang dipetik hendaknya jangan sampai telalu masak, agar selama pengiriman dan pengangkutan buah masih segar dan renyah.

Buah yang sudah dipetik perlu dibersihkan dengan kain lap agar bersih dari kotoran yang menempel. Selanjutnya buah disortir dan dikelompokkan sesuai ukuran buah. Berikutnya buah disa di pack pada kotak kayu dengan dilapisi daun pisang kering.


Lihat juga ; Hama dan Penyakit pada Jambu biji

Please follow and like us:
0

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *