Mengapa Pemupukan (Penyemprotan ) Melalui Daun?

gampar penampang daun

Gambar penampang daun

Pupuk daunĀ  merupakan pupukĀ  yang cara pemberiannya ketanaman melalui penyemprotan ke daun. Sebelum disemprotkan, pupuk daun perlu diencerkan sesuai dosis yang dianjurkan. Teknologi pemupukan melalui daun ini misalnya pupuk AGRITECH

Kelebihan Penggunaan Pupuk Daun

Kelebihan paling mencolok dari pupuk daun yaitu penyerapan haranya lebih cepat dibandingkan pemupukan melalui akar. Akibatnya tanaman akan lebih cepat menumbuhkan tunas dan tanah tidak rusak. Oleh karena itu, pemupukan lewat daun dipandang lebih berhasil guna dibandingkan lewat akar.

Mengapa demikian?

Seperti diketahui bahwa daun memiliki “mulut” yang lazim disebut mulut daun (stomata). Stomata ini membuka dan menutup secara mekanis yang diatur oleh tekanan turgor dari sel-sel penutup. Jika tekanan turgor meningkat, stomata akan membuka. Sebaliknya, jika tekanan turgor menurun, stomata akan menutup.

bagan stomata atau mulut daun

Bagan stomata atau mulut daun

Salah satu faktor yang banyak mempengaruhi tekanan turgor ini ialah banyak air yang terbuang lewat penguapan daun. Hal ini erat hubungannya dengan terik matahari dan angin. Jika terlalu terik atau angin bertiup terlalu kencang maka penguapan akan banyak terjadi. Air dalam daun cepat berkurang sehingga tekanan turgor berkurang. Secara otomatis keadaan tersebut akan membuat stomata menutup. Bila daun tersebut disemprot air maka tekanan turgornya akan naik sehingga stomata membuka dan menyerap cairan yang disemprotkan untuk menggantikan cairan yang hilang lewat penguapan.

Kalau yang disemprotkan bukan air, tetapi larutan pupuk, maka tanaman akan menyerap air dan zat-zat makanan yang dibutuhkannya untuk pertumbuhan. Itulah sebabnya dikatakan penyerapan hara lewat daun lebih cepat. Oleh karena itu, pupuk yang sifatnya cepat menguap seperti pupuk nitrogen akan sangat baik kalau diberikan lewat daun.

Sebagai contoh, tanaman buah yang baru selesai dipanen segera disemprot dengan pupuk yang kandungan N-nya tinggi maka pemulihan tanaman tersebut akan segera tampak. Daun akan cepat berubah hijau dan tunas-tunas baru akan bermunculan. Demikian halnya dengan tanaman yang belum pernah berbuah, walaupun usiahnya sudah cukup untuk berbuah, begitu diberi pupuk daun yang kandungan P-nya tinggi maka segera tampak tunas yang kelak akan menjadi bunga.

Keuntungan lain dari pupuk daun AGRITECH ialah di dalamnya sangat kaya unsur hara mikro. Umumnya tanaman sering kekurangan unsur hara mikro bila hanya mengandalkan pupuk akar yang mayoritas berisi hara makro. Dengan pemberian pupuk daun yang berisi hara mikro maka kekurangan tersebut dapat teratasi. Tidak kalah pentingnya ialah dengan pemakaian pupuk daun maka tanah akan terhindar dari kelelahan atau rusak.

Pupuk anorganik atau pupuk kimia yang diberikan lewat akar secara terus menerus tanpa diimbangi pupuk organik untuk jangka waktu lama akan menyebabkan tanah sulit diolah atau sulit gembur. Namun dengan pupuk daun, hal tersebut dapat dihindari. Tanah akan tetap baik dengan struktur remah atau gembur.

Untuk lebih jelasnya, berikut dirinci kelebihan dari pemakaian pupuk ;

aplikasi penyemprotan pupuk daun agritech

Contoh penyemprotan pupuk daun dengan AGRITECH

  1. Pupuk daun dapat memberikan hara sesuai kebutuhan tanaman. Hara yang dibutuhkan tenaman memang relatif sedikit, tetapi bersifat kontinu. Oleh sebab itu, pupuk daun diberikan lebih sering, tetapi dosisnya rendah.
  2. Pupuk yang diberikan ke tanah tidak seluruhnya mencapai akar tanaman karena adanaya beberapa kendala, baik dari sifat kimia pupuk maupun sifat tanah.
  3. Kelarutan pupuk daun lebih baik dibandingkan pupuk akar.
  4. Respon pada tanaman yang kekurangan unsur hara akan berlangsung lebih cepat dibanding pupuk akar.
  5. Pemberiannya dapat lebih merata.
  6. Kepekatannya dapat diatur sesuai pertumbuhan tanaman.

 

2 Respon

  1. Ramli berkata:

    Sangat membantu
    Terimakasih atas pembelajaran dan pemaparan produknya,,,saya sangat senang tertarik.
    Saya RAMLI di Palembang ,tapi daerah pelosok/perdesahan.
    Apa produk yg dipaparkan tersebut sudah masuk Palembang ya????…

    • mosamandiri berkata:

      Terima kasih telah memberikan umpan balik kepada kami. Untuk pemberian nutrisi langsung melalui daun, bisa dengan agritech yang sudah bisa didapatkan melalui agen mosa mandiri yang ada di palembang.
      Silahkan bapak mengontak kami melalui nomer telepon yang tertera pada kontak, dan kami akan memberikan informasi / mengarahkan ke agen tersebut. Semoga membantu .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *