Info produk organik MMC

Hasil melimpah, keuntungan tinggi disertai dengan kualitas kesehatan yang baik ( high yield, high profit, good health ) merupakan semangat kami, dan ketiga hal tersebut yang akan selalu kita tekankan untuk menunjang keselarasan.

Teknologi yang berhasil dikembangkan di bidang AGROKOMPLEKS meliputi :

Pertanian Pupuk organik (Cair dan Padat), Pembenah Tanah Organik, Hormon Tanaman (ZPT Organik), Pengendali Hama Penyakit Alami.
Peternakan Suplemen Nutrisi Ternak dan Unggas.
Perikanan Suplemen Nutrisi Ikan/Udang dan Pembenah Lingkungan Kolam/Tambak.

Berikut produk – produk kami :

Pedoman Budidaya Itik/Bebek (Anasdomesticus)

budidaya bebek - bebek jombang -litbang agrokompleks mmc

Itik atau lebih dikenal dengan nama Bebek, nenek moyangnya berasal dari Amerika Utara yang disebut itik liar (Anas moscha). Kemudian terus menerus dijinakkan oleh manusia, sehingga menjadi hewan ternak yang disebut Anas Domesticus. Untuk Bebek lokal Indonesia disebut Indian Runner (Anas javanico).

Secara nasional, ternak bebek menyumbang 22 %  dari total produksi telur nasional, dan 1,5 persen dari total produksi daging unggas nasional. Berdasarkan Rencana Strategis Departemen Pertanian 2010-2014, ternak bebek diharapkan bisa naik 3,71 persen. Dari 29 ribu ton produksi di tahun 2010, menjadi 33 ribu ton di tahun 2014.

Jenis-jenis Itik   

Jenis-jenisitik yang terdapat di Indonesia ddibagimenjadibeberapajenisyaitu :

Itik Indonesia

Warna itik Indonesia bermacam, sebagian berwarna merah tua atau coklat, sebagian ada yang puitih bersih, putih kekuningan, abu-abu dan hitam.

Itik jantan berwarna merah tua, badannya lebih besar pada bagian ekor ada 2 – 3 bulu yang mencuat keatas.

Produksi telur 180 – 250 butir telur / tahun. Warna telur hijau kelabu, berat telur 65-75 gr/ butir.

 

Itik Bali

Bentuk tubuh sama dengan itik Indonesia, badan langsing dan tegak, leher kecil panjang, ekor pendek, warna bulu putih atau belang putih, ad ajuga yang berwarna kuning abu-abu.

Warna telur kehijau-hijauan, berat 60 – 75 gr.

 

Itik Alabio

Berasal dari Kecamatan Alabio, di Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan.

Tubuh membentuk garis segitiga dengan kepala kecil membesar kebawah. Berdiri tidak terlalu tegak, membentuk sudut 60o dengan dasar tanah.

Warna bulu betina kuning abu-abu dengan ujung bulu sayap, ekor, dada, leher dan kepala sedikit hitam. Warna bulu jantan abu-abu kehitaman, dan pada ujung ekor terdapat bulu melengkung keatas. Warna paruh dan kaki kuning.

Alabio betina mulai bertelur pada umur 6 bulan. Produksi telur 200 -220 butir setahun.

Itik Peking

Itik ini berasal dari Peking, China namun sekarang sudah menyebar ke Eropa dan Amerika.

Warna kekuning-kuningan seperti burung kenari. Badan besar dan tegak, jika dilihat dari belakang lebar dan dalam, dada besar, bundar membusung, paruh lebar, pendek berwarna kuning.

Telur bundar, pendek, berwarna putih kotor. Bebek peking cocok untuk pedaging.

Itik Rouan

Bebek ini berasal dari Rouan, Perancis.

Bentuk badan bundar hamper persegi. Postur agak mendatar. Leher agak pendek, dan yang jantan terdapat kalung putih. Paruh jantan berwarna kuning hijau, yang betina coklat kemerahan. Telur itik besar berwarna hijau kelabu.

 

Itik Khaki Campbell

Adalah silangan dari itik Indonesia betina dengan Itik jantan Rouan. Kemudian disilangkan lagi dengan itik Eropa jantan.

Tubuhnya lebih besar dan gemuk dibandingkan dengan itik Indonesia. Leher lebih besar. Berdiri tidak tegak

Produksi telur 280 butir/tahun. Berat telur 60 -70 gr per butir. Warna telur putih.

Kelebihan Budidaya Itik

1.Pemeliharaan, beternak bebek memang lebih mudah dibandingkan dengan beternak ayam. Di samping kegiatan yang dilakukan lebih sedikit, beternak bebek juga tidak  di jadwal vaksin yang harus dilakukan terhadap unggas.

  1. Pakanalternatiflebihbanyakragamnyauntuk pakan campuran dengan konsentrat. Seperti katul, jagung, karak nasi, roti kadaluwarsa, krupuk kadaluwarsa, menir, dan lain-lain. Tidak mengherankan, kalau ransum di satu daerah peternakan, berbeda dengan daerah lainnya. Justru, kejelian strategi mengolah pakan potensial setempat, akan sangat menguntungkan peternak.
  2. Anak bebek jantan bisadibudidayakanuntukpedagingkarenapertumbhannyacepat.. Dari segi harga, bibit bebek jantan lebih murah dibandingkan bebek betina. Di samping itu, masa pemeliharaannya pun cukup singkat, yaitu hanya 45 – 50 hari.

4.Bebek betina yang telah lewat masa produksitelur/afkir bisa dijual sebagai pedaging.

 

 

 

III. PengelolaanKandang
Kandang itikdibuat menghadap ke timur agar  sinar matahari pagi masuk kedalamnya.Dengandemikianruang kandang menjadi sehat dan cukup terang.

Komponenkandangterdiridari 3 bgianyaitu :ruanguntuktidurdanberteduh, ruanguntukumbarantanpaatap, danadanyakolam air untukmandi…

1.Kandanguntuktidurdanberteduh.

Kandanguntuktidurdanberteduhdibuattinggi1,5  meter. Dinding kandang bagian bawah sebaiknya terbuat dari tembok setinggi 60 cm dari lantai. Sedangkan bagian atas terbuat dari kawat atau bilah-bilah bambu yang diberi jarak. Kandangdibuatbersekatsekatmasingmasingseluas 12 m2untukitik 50 ekor.

Ukuran atau besar kecilnya kandang tidak menjadi masalah asalkan kepadatan itik per kandang tidak terlampau sesak. Pada prinsipnya, semakin rendah kepadatan itik perkandang akan semakin baik perkembangan itik didalamnya. ukuran kepadatan itik per kandang adalah 4 ekor / m2 untuk kandang tidurdanberteduh.

  1. Kandangumbaran.

Kandangumbaranterhubungdengankandangtidur ,yaituberupalahanterbukatanpaatapnamunadapagarkelilingberupabilahbambuataukawat..

  1. Kolam bebek.

Kolamdibangun di dalamlahanumbaranuntuk tempat berengan bebek luas kolam ini 10 % dari luas kandangdengankedalaman  50 cm.

IV. PemilihanBibit.

  1. BebekPedaging.

Bibitbebekumursehari(Day Old Duck/DOD)berasaldariindukan yang berkualitasdaripeternak yang sudahdikenalreputasinya.

Untukbudidayaitikpedagingdipilih DOD jantankarenapertumbuhannyacepatdanharganyalebihmurah.

Bibitbebekumur 1 hariperlu di rawatdalamkotakkhususdenganpemanas, perludiberivaksin ND.

  1. BebekPetelur.

Bibitbebekpetelurbisadipilih DOD betinadaribebek yang berkualitas.Ataubisajugamembelibibitbebek yang sudahdara yang siapbertelur.

Bilamemilih DOD diperlukandanamurah, namunperluperawatandanvaksinasi. Sedangkanbebekdaratidakperlumenunggu lama namunbiayalebihmahal.
V. Pakan.

Nutrisiuntukjenisternakbebek/itikhampirsamadenganternak ungags padaumumnya. Nutrisi yang diperlukanyaitumengandungkarbohidrat, asamlemak, protein danasam amino, mineral, danberbagai Vitamin.

Apabiladibedakanasalnyabisadikelompokkanmenjadi 2 yaitu :

Bahan pakannabatimisalnya : Dedak halus, Jagung kuning, Bungkil kedelai, Ampas tahu, Tepung daun pepaya, Tepung daun Lamtoro, Tepung daun Turi.

Bahan  pakanhewanimisalnya: Keong, Bekicot, Cacing, Tepungkepalaudang, tepungikan.

Ransum yang diberikanpadaitikdibedakanmenjadi 3 yaitu :

1.Itikumur 1- 4minggudisebut starter. Ransummengandung protein sekitar 25 %.Contohnyayaitu :konsentratseperti BR-1.

  1. Itik grower umur 4 – 8minggu : Kandungan protein 18 – 21 %. Ransumterdiridarikatul 15 %, jagunggiling 45 %, bungkilkelapa 4,5 %. Kedelai 15 % tepunglamtoro 5 %, tepungikan 10 % rumputkering 9 %, tepungkerang 2 %, tepungtulang 1 %, garam 0,5 %.
  2. Itikproduksi/layer umur9 mingguminggu

Ransummengandung protein 18 %.Contohransumadalah :konsentratpetelur 18 %, jagung 35% katul 35 %, ketamcincang 12 %.

Untukmeningkatkandayaserappencernaanperluditambahsuplementernak organic VIT TO TERNA.VIT TO TERNA mengandungasam amino, mineral, danprobiotik yang membantupenguraianpakanlebihcepatdiserapusus.

Tiappemberianpakan 5 kg di beri 10 cc/ 1 tutupbotol  VIT TO TERNA.

Penggunaan VIT TO TERNA akanmempercepatpertumbuhan, menurunkan FCR danmengurangibaukotoran.

  1. SanitasiKandang

Kebersihan kandang, sebaiknya kandang disapu minimal 2 kali seminggu, jauhkan kotoran dan sisa makanan dari kandang bebek. Kotoranitikdansisapakanbisadikumpulkanuntkdipakaisebagaipupukkandang.

Kandang diupayakan tidak lembab dan bebas dari genangan air. Kelembaban yang tinggi dan genangan air dapat digunakan oleh bibit penyakit sebagai media tumbuh dan perkembangbiakanya

Kebersihan dan kesegaran pakan harus dijaga. Jangan memberikan pakan basi kepada bebek / itik. Pakan harus disimpan ditempat kering, sehingga terbebas dari jamur dan bau apek.

VII. PengendalianPenyakit.

Itikpetelurmaupunitikpedagingbisaterserangpenyakit.Jenispenyakitbisadibedakanberdasarkanpenyebabpenyakitnyayaitu :

  1. Penyakit Bakterial (salmonellosis, cholera, keracunan, kaki bengkak, pasteurellosis, corryza/pilek, ngorok, coccidiosis)
  2. Penyakit Virus (Cacar, Hepatitis Itik)
  3. Penyakit Parasit (berak darah, cacingan)
  4. Penyakit lain disebabkan jamur (pneumonia, afloktosikosis)

Tindakan yang pentingdilakukanuntuk pengendalian penyakit adalah meningkatkan kesehatan ternak dan kebersihan kandang dan lingkungan sekitarnya serta monitoring / pengamatan rutinpada ternak. Apabila terdapat gejala penyakit, segera dapat diketahui jenis penyakit tersebut dan cara pencegahan dan pengobatanya.

mosa glio

MOSA Glio (Super Glio), adalah Agens Hayati jenis ‘fungisida organik’ yang mengandung bahan aktif Gliocladium sp dan Trichoderma sp setara 1,6 x 1013 spora/ml. Berkerja ganda mampu mengendalikan dan mengatasi jamur patogen tular tanah (soil borne). Dapat diaplikasikan dengan pupuk kandang atau kompos sebagai media tanam
MOSA Glio (Super Glio),  Agens Hayati jenis ‘fungisida organik’ berbahan aktif Gliocladium sp dan Trichoderma sp

MOSA Glio (Super Glio), adalah Agens Hayati jenis ‘fungisida organik’ yang mengandung bahan aktif Gliocladium sp
dan Trichoderma Harzianum setara 1,6 x 1013 spora/ml. (lebih…)

SUPER GLIO – Fungisida Organik Super

SUPER GLIO merupakan pestisida biologi yang mengandung bahan aktif : Gliocladium sp Trichoderma sp Gliocladium sp. berfungsi sebagai, parasitisme, kompetisi, dan antibiosis yang dapat memproduksi gliovirin dan viridin yang merupakan antibiotik yang bersifat fungistatik. Gliovirin merupakan senyawa yang dapat menghambat pertumbuhan beberapa jamur patogen dan bakteri. Trichoderma sp mampu menghasilkan sejumlah enzim ekstraseluler beta (1,3) glukonase dan kitinase yang dapat melarutkan dinding sel patogen. Selain menghasilkan enzym, Trichoderma sp juga menghasilkan toksin yang dapat menyerang dan menghancurkan propagul yang berisi spora-spora patogen disekitarnya Juga berfungsi sebagai penghasil antibiotik gliotoksin dan viridin yang dapat melindungi bibit tanaman dari serangan penyakit rebah kecambah.

SUPER GLIO merupakan pestisida biologi yang mengandung bahan aktif :

(lebih…)

SUPERMETA – Agens Biologi Sahabat Perkebunan

Pestisida biologi SUPERMETA mengandung Metarhizium anisopliae, yang merupakan jamur entomopatogen, artinya jamur yang bersifat patogen pada serangga.
Supermeta mengandung bahan aktif Metarhizium anisopliae sp, yang merupakan jamur entomopatogen yang bersifat patogen terhadap serangga. (lebih…)

AGRITECH – Nutrisi Tanaman Lengkap

AGRITECH, harga agritech, nutrisi tanaman lengkap, aplikasi pemupukan, aplikasi penyemprotan, pupuk organik cair

Dibuat dari bahan-bahan limbah hewan, limbah tanaman, dan limbah alam yang diekstrak dan difermentasikan dengan bantuan mikroorganisme melalui Bioteknologi Aerasi Tingkat 3. (lebih…)

HORTECH – Hormon Pendongkrak Hasil

HORTECH- hormon pendongkrak hasil

HORTECH dibutuhkan oleh semua jenis tanaman, karena didalamnya mengandung unsur – unsur hara mikro,  zat pengatur tumbuh IAA(Auxin, Giberelin, Sitokinin, dll), (lebih…)

MOSA GOLD – Emas Hitam Organik

MOSA GOLD merupakan hasil ekstraksi murni dari bahan-bahan organik yang diproses melalui proses Tegnologi Deposiasi. MOSA GOLD merupakan produk pupuk organik padat yang mudah dalam mengaplikasikannya untuk pertanian, mudah larut dalam air, mudah diserap oleh tanaman, meningkatkan kesuburan tanah. MOSA GOLD juga mampu melarutkan dan mempermudah nutrisi yang telah terjerab/terikat ditanah yang sebelumnya sulit bahkan tidak tersedia untuk tanaman menjadi mudah dan bisa diserap dan dimanfaatkan oleh tanaman. Selain berisi nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman juga mengandung mikrobia pendukung yang dibutuhkan dan berguna dalam dunia pertanian

MOSA GOLD merupakan hasil ekstraksi murni dari bahan-bahan organik yang diproses melalui proses Teknologi DeposiasiMOSA GOLD  merupakan produk pupuk organik padat yang mudah dalam mengaplikasikannya (lebih…)

BIO-SPF (Nutrisi dan Proteksi Tanaman)

Bio SPF, bio-spf, bio - spf, biospf

BIO SPF  merupakan salah satu produk pupuk  hayati  pertanian yang berfungsi sebagai :

 

 

 

(lebih…)

TOP BN (Pengendali Hama Organik)

TOP BN merupakan pestisida biologi yang mengandung spora: Nomuraea rileyi, Beauveria bassiana

Top BN merupakan pestisida biologi yang mengandung spora:

VIt TO TERNA – G, Nutrisi Khusus Unggas Petelur

VIT TO TERNA - G - suplemen organik bagi unggas petelur

VIT TO TERNA-G merupakan salah satu pemecahan masalah yang dihadapi untuk menghasilkan telur yang baik. (lebih…)

VIT TO TERNA (Andalan Peternak Sukses)

VIT TO TERNA adalah suplemen untuk ternak yang terbuat dari bahan yang berkualitas, mengandung nutrisi Asam-asam amino essensial, mineral-mineral dan vitamin-vitamin, serta mikrobia pendukung pencernaan ternak seperti mikrobia asam laktat, mikrobia selulotik, mikrobia amilolitik. Selain menambah nutrisi secara langsung, VIT TO TERNA akan mengoptimalkan pakan yang diberikan pada ternak untuk dirubah menjadi daging / telur, energi / kalori dan meningkatkan daya tahan ternak terhadap serangan penyakit.

VIT TO TERNA adalah suplemen untuk ternak yang terbuat dari bahan yang berkualitas, (lebih…)

MMC MINA (Suplemen Tambak Dan Kolam)

MMC Mina - Suplemen Tambak dan Kolam

Merupakan produk yang terbuat dari bahan bahan alami dan  diformulasikan khusus untuk budidaya ikan dan udang. (lebih…)


PRODUCT KNOWLEDGE

Peranan Rhizobium Pada budidaya Kedelai

sachet rhizobium bio promotor 2

—Rhizobium mampu menambat Nitrogen mencapai 80 kg N2/ha/thn atau lebih ketika bersimbiosis dengan tanaman kedelai.

—Inokulan Rhizobium mampu bersimbiosis secara aktif sehingga menghasilkan pertumbuhan tanaman yang lebih baik. (lebih…)

Cara kerja Super Glio

Berikut cara kerja superglio, klik untuk menampilkan slide


Manfaat probiotik untuk ternak ayam

Berikut beberapa contoh nyata yang bisa ditemukan di lapangan terkait penggunaan probiotik Vittoterna bagi budidaya ayam potong


Manfaat Bio-SPF untuk Perendaman Benih

Mengandung Mikrobia aktif : Pseudomonas Flourencent, Thrichoderma sp, Kasmir dan Yeast. Sebagai Bio fertiliszer; memberikan suplai nutrii pada tanaman dan memanfaatkan mikrobia yg menguntungkan untuk pertanian. Sebagai Bio-Stimulant; akan merangsang benih/biji untuk berkecambah, merangsang pertumbuhan tanaman. Sebagai Bio-protectant; digunakan untuk mencegah dan menanggulangi OPT (Organisme pengganggu tanaman); Blas, BLB, busuk pelepah (pada padi), Layu, antraknosa (pada cabe), bulai (pada jagung), karat daun (pada kedelai), pucuk kering, antraknosa (pada bawang merah)
BIO SPF berbentuk serbuk 100gr dikemas dalam kemasan alumunium foil, sehingga mudah untuk diaplikasikan. Tiap kemasan dirancang cukup untuk budidaya lahan 1000m2

Selama ini banyak petani yang salah kaprah mengenai penanggulangan penyakit pada tanaman. (lebih…)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Teknologi Karya anak negeri untuk ibu pertiwi

Visit Us On PinterestVisit Us On FacebookVisit Us On YoutubeVisit Us On Google PlusCheck Our FeedVisit Us On Twitter