Jadwal Pemeliharaan Budidaya Cabai

jadwal pemeliharaan budidaya cabai
jadwal pemupukan dan penyemprotan budidaya cabe

Cabe atau lombok termasuk dalam suku terong-terongan (Solanaceae) dan merupakan tanaman yang mudah ditanam di dataran rendah ataupun di dataran tinggi. Tanaman cabe banyak mengandung vitamin A dan vitamin C serta mengandung minyak atsiri capsaicin, yang menyebabkan rasa pedas dan memberikan kehangatan panas bila digunakan untuk rempah-rempah (bumbu dapur).

Tanaman cabai cocok ditanam pada tanah yang kaya humus, gembur dan sarang, serta tidak tergenang air; pH tanah yang ideal sekitar 5-6. Waktu tanam yang baik untuk lahan kering adalah pada akhir musim hujan (Maret-April). Untuk memperoleh harga cabai yang tinggi, bisa juga dilakukan pada bulan Oktober dan panen pada bulan Desember, walaupun risiko kegagalan lebih tinggi.

Salah satu kendala utama dalam sistem produksi cabai di Indonesia adalah serangan hama dan penyakit. Hama, yakni; lalat buah sedangkan penyakit terdiri dari antraknosa/patek, layu dan puret.

Dengan jadwal pemeliharaan ini diharapkan dapat menjadi petunjuk praktis bagi petani agar budidaya cabai lebih maksimal. Untuk format dalam bentuk PDF dapat diunduh dibawah ini;

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *