Pengendalian Hama dan Penyakit utama pada Nanas

Nanas ini merupakan tanaman yang memiliki ketahanan cukup tinggi terhadap iklim serta curah hujan yang menimpanya. Tanaman ini cukup fleksibel dalam memilih tempat untuk pertumbuhannya. Namun bukan berarti tanaman nanas tidak memiliki ancaman hama dan penyakit. Berikut beberapa penyakit dan hama utama pada tanaman nanas;

Penyakit Busuk Hati dan Busuk akar

Penyakit busuk hati dan busuk akar disebabkan oleh jamur Phytophthora spp.

Tanaman muda yang terserang busuk hati mempunyai daun yang nekrorotis dengan ujung nekrosis. Daun daun muda mudah dicabut dan pangkanya busuk. Bagian daun yang busuk mempunyai batas berwarna coklat.

Selain busuk hati jamur juga  menyebabkan pembusukan pada bagian besar sistem perakaran.

Jamur Phytophthora adalah jamur  yang dapat bertahan lama dalam tanah yang mengandung bahan organik. Jamur dipencarkan dengan tanah, air engairan, alat alat pertanian, dan perckan air hujan.

sachet mosa glio depanPengendalian :

Pengendalian penyakit busuk hati dan busuk  akar pada nanas adalah menggunakan agens hayati MOSA GLIO (SUPER GLIO) dengan bahan aktif Gliocladium sp dan Trichoderma harzinum.

Cara aplikasi MOSA GLIO (SUPER GLIO) dicampur dengan pupuk kandang yang sudah matang dengan perbandingan 1 sachet MOSA GLIO (SUPER GLIO) dicampur 50 kg pupuk kandang. Campuran tersebut diperam / dibiarkan terlebih dahulu selama 2 minggu ditempat teduh agar terhindar dari sinar matahari dan hujan.. Tiap tanaman diberi campuran pupuk kandang dengan MOSA GLIO sebanyak 0,5 kg. Campuran 50 kg pupuk kandang dengan MOSA GLIO 100 gr  bisa digunakan untuk tanaman sekitar 100 batang dengan luas 1000 m2 . Jadi 1 sachet MOSA GLIO 100 gram cukup untuk tanaman pisang seluas 1000 m2.

Aplikasi MOSA GLIO bisa juga dilakukan dengan cara dilarutkan dengan 200 liter air dan diaduk merata. Tiap tanaman pisang disiram dengan larutan MOSA GLIO sebanyak 1 – 2 liter.


Penyakit Busuk Pangkal

Penyakit busuk pangkal disebabkan oleh jamur Ceratocystis paradoxa (Dade) C. Moreau. Penyakit dapat imbul pada batang, pangkal daun, buah, dan bibit.

Pada bibit serangan penyakit menyebabkan busuk lunak yang berwarna coklat pada pangkanya.Pembusukan dapat meluas ke daun-daun sebeum atau sesudah bibit dipindah ke lapang.

Pada daun penyakit menimbulkan bercak-bercak putih kekuningan atau coreng- coreng. Buah yang terinfeksi membusuk, berwarna kuning yang akhirnya berubah menjadi hitam.Busuk dimulai dari pemotongan tangkai dan menimbulkan bau yang khas.

bio-spf pupuk hayati untuk budidaya jambu biji
bio-spf pupuk hayati untuk budidaya jambu biji

Pengendalian ;

Pengendalian penyakit  busuk pangkal pada nanas  agens hayati BIO SPF dengan bahan aktif Pseudomonas fluorescent.

Saat bibit tanaman akan ditanam bibit dicelup dalam larutan BIO SPF. Cara membuat larutan  yaitu 10 gr BIO SPF dilarutkan dalam 1 liter air, dan pangkal batang dicelupkan selama 15 menit.

Selanjutnya aplikasi dilakukan saat tanaman berumur 1 bulan dengan penyiraman / kocor pada pangkal batang. Satu sendok (10 gr) BIO SPF dicampur dengan 20 liter air dan dikocorkan pada pangkal batang untuk 150 tanaman.Lahan seluas 1000 m2 diperlukan BIO SPF 1 sachet isi 100 gr.


Hama Uret / Gayas (Lepidiota stigma)

Hama uret menyerang tanaman nanas pada lahan tanah  berpasir / gravel.

Larva memakan akar tanaman hingga akar putus.Tanaman yang diserang bisa mati karena akarnya terputus.

Larva/uret tumbuh cepat, saat 2,5 bulan tubuh bisa mencapai 4 cm. Siklus hidup dari telur hingga dewasa  adalah 380 hari.

Pengendalian :

Cara Pengendalian dengan agens hayati MOSA META / SUPER META dengan bahan aktif  Metarrhizium anisopliae. MOSA META 30 gram dilarutkan dalam tangki isi 14 liter dan dicampur larutan gula merah cair 5 %. Penyemprotan dilakukan pada larva di daerah potensi sarang. Saat penyemprotan nozel dilepas agar spayer tidak mampat. Pada waktu 1 – 2 minggu akan muncul gejala mumifikasi pada larva.

Larva kumbang tanduk yang terinfeksi supermeta mosa mata
Larva kumbang tanduk yang terinfeksi supermeta mosa mata

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *