Hama Penyakit pada Budidaya Kopi

Hama Penggerek buah kopi (Stephanoderes hampei / Hypothenemus hampei)

penggerek buah kopi hypotenemus hampei coffee

penggerek buah kopi hypotenemus hampei coffee

Penggerek buah kopi berupa kumbang berukuran 0,7 – 1,7 mm. Badannya bulat dengan kepala berbentuk segi tiga yang diutupi oleh rambut halus.Gejala serangan yaitu terdapat lubang gerekan pada biji kopi yang sudah cukup keras.

Pengendalian :

  • Pengendalian dengan cara mekanis yaitu dengan melakukan :
  • Rempesan : memetik buah kopi hingga bersih termasuk buah yang masih muda.
  • Lelesan : mengambil buah yang jatuh karena terserang hama atau karena pemetikan.
  • Petik bubuk : pengambilan buah kopi yang berlubang bersamaan dengan pemangkasan.
  • Pengendalian dengan cara Hayati yakni menggunakan TOP BN / MOSA BN . Pestisida hayati berbahan aktif Beauveria bassiana dan Noumurea rileyi.2 sendok makan pertangki 15 liter

Hama Penggerek cabang coklat dan hitam

Hama berupa kumbang kecil dengan menyerang buah dan ranting dengan cara menggerek. Kumbang hidup diliang gerekan. Serangan hama ini bisa diperparah dengan serangan  jamur Diplodia dan Fusarium.

Pengendalian :

  • Dengan cara mekanis yaitu dengan memangkas bagian yang terserang kemudian dibakar. Untuk mengurangi kelembaban dilakukan pemangkasan naungan saat musim penghujan.
  • Pengendalian dengan cara Hayati yakni menggunakan TOP BN / MOSA BN . Pestisida hayati berbahan aktif Beauveria bassiana dan Noumurea rileyi,2 sendok makan pertangki 15 liter.

 Penyakit Jamur upas

Serangan jamur upas disebabkan oleh jamur Corticium salmonicolor. Patogen menyerang bagian bawah cabang dan ranting dengan gejala awal ditandai adanya miselium tipis pada ranting atau cabang.

Pengendalian :

  • Pengendalian secara mekanis dilakukan dengan memangkas tanaman kopi maupun tanaman pelindung secara teratur.Pengendalian dengan agens hayati yaitu dengan BIO SPF dengan bahan aktif Pseudomonas fluorescent.. BIO SPF 100 gr dicampur dengan 50 liter air.. Aplikasi dikocor disekitar akar serabut. Dosis 100 gr BIO SPF  digunakan untuk tanaman kopi seluas 1000 m2.

Penyakit Karat daun

Serangan karat daun disebabkan oleh jamur Hemileia vastatrix.Gejala awal yaitu adanya bercak kuning pada daun. Bila serangan berlanjut bercak semakin besar dan menyatu. Daun mengering mulai dari pusat bercak. Pada serangan berat semua daun gugur dan tanaman mati.

Pengendalian :

  • Pengendalian secara mekanis dilakukan dengan memangkas tanaman kopi maupun tanaman pelindung secara teratur.Pengendalian dengan agens hayati yaitu dengan BIO SPF  dengan bahan aktif Pseudomonas fluorescent.. BIO SPF 100 gr dicampur dengan 50 liter air.. Aplikasi dikocor disekitar akar serabut. Dosis 100 gr BIO SPF  digunakan untuk tanaman kopi seluas 1000 m2.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *