Fungsi unsur Hara Bagi Tanaman

ciri-ciri tanaman kekurangan pupuk
ciri ciri fisik kekurangan hara pada tanaman

Seperti halnya makhluk hidup lain, tanaman memerlukan nutrisi yang diperlukan untuk tumbuh dan berkembang dengan baik. Nutrisi ini terdiri dari unsur Makro dan unsur Mikro. Unsur makro paling banyak dibutuhkan oleh tanaman, sedangkan unsur mikro lebih sedikit diperlukan oleh tanaman. Namun baik keduanya penting untuk tersedia dan satu sama lain bisa saling melengkapi sehingga tanaman bisa tumbuh dengan optimal.

Ibaratnya seperti slogan ‘4 sehat 5 sempurna’ dalam pemenuhan makanan bagi manusia, unsur Makro adalah makanan pokok (nasi, protein, dll), sedangkan unsur mikro adalah pelengkap (vitamin, mineral dll).

Namun banyak petani yang hanya mengandalkan pemenuhan kebutuhan pupuk Makro saja, yakni NPK untuk mengejar produksi, sehingga bisa dipastikan hasil produksi dari tanaman tersebut kurang dalam berkualitas untuk dikonsumsi.

Secara gampang, solusi untuk pemenuhan Dengan pemenuhan fungsi unsur hara secara optimal untuk tanaman, hasil tanaman bisa lebih berkualitas sehingga akan

Budidaya organik secara ideal berupaya memenuhi kebutuhan unsur hara bagi tanaman ini melalui pemberian pupuk organik. Pun, petani juga bisa memberikan model pupuk berimbang, yakni selain dengan pemberian pupuk kimia majemuk (NPK) ditambahkan pupuk organik. Dengan model pupuk berimbang ini selain produktivitas meningkat, kelestarian tanah lebih terpelihara, juga hasil panen akan lebih sehat dibanding hanya dengan pemberian pupuk kimia.

Sebagai gambaran, berikut tabel unsur hara penting, serta ciri-ciri kekeruangan dan kelebihan akibat unsur hara tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *