Superglio Mencegah Layu Fusarium pada Tanaman Cabe

100_Aplikasi Superglio untuk pencegahan layu fusarium pada tanaman cabe; Superglio dicampur air secukupnya untuk mengocor lahan cabe. Superglio mengandung bahan aktif spora gliocladium sp dengan kadar tinggi, sehingga efektif memproteksi tanaman cabe.
Aplikasi Superglio untuk pencegahan layu fusarium pada tanaman cabe; Superglio dicampur air secukupnya untuk mengocor lahan cabe. Superglio mengandung bahan aktif spora gliocladium sp dengan kadar tinggi, sehingga efektif memproteksi tanaman cabe.

Penyebab penyakit ini adalah cendawan Fusarium oxysporium sp. Penyakit ini biasanya menyerang tanaman cabe yang ditanam pada tanah masam (ph tanah rendah, kurang dari 6).    Serangan ditandai dengan memucatnya tulang daun sebelah atas dan diikuti menunduknya tangkai daun.  Jika pada batas antara akar dengan batang dipotong akan terlihat cicncin coklat kehitaman diikuti busuk basah pada berkas pembuluh.

Jamur fusarium yang berkoloni tersebut menyedot nutrisi yang terkandung pada tanaman. Dengan demikian, suplai makanan yang diserap akar yang harusnya didistribusikan ke jaringan tanaman menjadi berkurang dan lama kelamaan berhenti dan mati.

Gejala paling mudah yang nampak pada layu fusarium dapat diamati dengan melihat tanaman menjadi layu pada siang hari, kemudian segar kembali di sore hari. Serangan akan terus berlangsung sampai seminggu lalu tanaman akan kering dan mati.

Penyakit Layu, juga disebabkan beberapa jamur antara lain Phytium dan Rhizoctonia.

Penanganan :

Tanaman layu dimusnahkan dan untuk mengurangi penyebaran, sebarkan SUPERGLIO  yaitu 100 gr SUPERGLIO dicampur pupuk kandang yang sudah matang 25 – 50 kg, dibasahi air secukupnya  dan diperam 1 minggu.

Apabila serangan sudah parah, penggunaan SUPERGLIO dilakukan dengan cara dikocorkan pada lahan sekitar perakaran. Dosis penggunaan SUPERGLIO bisa ditambah, misalnya 1 sd 2 sachet dicampur air untuk mengocor lahan 1000m2.

Pencegahan :

Seperti pepatah terkenal, lebih mencegah daripada mengobati. Pemberian SUPERGLIO semenjak dini lebih efektif dan sangat dianjurkan. Bahan aktif Gliocladium sp dan Trichoderma sp akan berkembang biak di dalam tanah sehingga melindungi perakaran dan tanaman secara sistemik dari jamur merugikan/patogen yang menyebabkan tanaman terkena layu fusarium.

Untuk aplikasinya, buatlah campuran SUPERGLIO, yakni 1 sachet (100 gr) SUPERGLIO dicampur pupuk kandang yang sudah matang 25 – 50 kg, dibasahi air secukupnya dan diperam 1 minggu. Campuran ini bisa digunakan pada media pembibitan atau disebar di lahan.


Contoh cara aplikasi Superglio

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *