Pembutan Kompos Dengan Bio SPF

pupuk kandang untuk pupuk dasar tanaman jahe

pupuk kompos dari bahan pupuk kandang

Dalam pertanian organik (komunitas organik murni) seringkali mensyaratkan pupuk, ZPT dan pestisida yang digunakan dalam budidaya harus benar2 organik atau ramah lingkungan. Untuk itu kita bisa menggunakan pupuk organik kompos dengan proses pembuatan yang benar2 ramah lingkungan. Caranya :

Kumpulkan sampah/ limbah hijauan kedalam suatu tempat/ lobang , kemudian kita buat larutan dengan campuran BIO –SPF   (Bio Stimulan, Protectant, dan Fertilizer) yang selanjutnya di siramkan merata dan dibolak balik. Dosis penggunaan BIO –SPF adalah 1 sachet + air secukupnya untuk pembuatan kompos sejumlah 500 kg. Kemudian ditutup rapat kondisi gelap.

Adonan kompos dibolak-balik seminggu sekali supaya perkembangan agens hayati merata dan kualitas kompos menjadi baik. Kurang lebih waktu yang dibutuhkan sejak pembuatan awal hingga jadi yaitu 1-2 bulan.

Ciri kompos yang sudah jadi adalah sudah menjadi tanah remah, dingin, dan berwarna hitam. Selain menjadikan kompos, keuntungan lain menggunakan BIO SPF adalah memberikan unsur pengaya lain dalam  kompos buatan tadi yaitu pupuk hayati, ZPT dan “imunisasi” bagi tanaman dari serangan penyakit.

Tanaman bisa dipupuk secara rutin dengan pupuk kompos ini, dan coba anda bandingkan dengan penggunaan pupuk anorganik… yang beda dalam hijau alami dan sehatnya, serta berproduksi lestari. Selamat membuktikan…dan selamat datang di dunia Organik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *