Analisa usaha budidaya pembibitan lele model kolam terpal panen 60 hari

analisa usaha budidaya pembibitan lele mutiara model kolam terpal - panen 60 hari

analisa usaha budidaya pembibitan lele mutiara model kolam terpal – panen 60 hari

Analisa usaha diatas diasumsikan lahan yang dipergunakan untuk kolam lele adalah milik sendiri (bukan sewa). Jika lahan yang digunakan adalah sewa, maka biaya sewa lahan dimasukkan dalamĀ  penghitungan biaya investasi.

Induk ikan lele yang akan dipijahkan berusia 1 tahunan dengan kira-kira 1.5 per ekornya. Harga ini berkisar Rp. 60.000/kg. Indukan ini dapat digunakan sebanyak kira-kira sebanyak 10 kali pemijahan.
Untuk lama pemeliharaan benih ini selama 2 bulan (60 hari).Sebagai pakan awal, 3 sd 4 hari semenjak telur-telur menetas sampai dengan kira-kira umur 15 hari, diberi pakan berupa cacing sutra. Selanjutnya bibit diberi pakan dengan pelet ukuran PF 800. Untuk mencapai penghematan pakan, bobot seragam, pelet tersebut bisa dicampur VITTOTERNA dengan takaran 1/2 tutup (5ml ) dicampur kedalam pakan seberat 1 kg.

Sedangkan untuk ketahanan terhadap bibit lele dan medatangkan pakan alami berupa plankton, diberikan MMC MINA dengan takaran 1 tutup (10ml) ditebar merata pada kolam setiap sepekan sekali. Selain memberikan ketahanan pada bibit lele sehingga angka kematian rendah, MMC MINA juga memperbaiki kualitas air menjadi sehat dan tidak berbau.

Hasil panennya menghasilkan sebanyak kira-kira sampai dengan 40.000an ekor lebih pada usia bibit kira-kira 1 bulan. Cara panennya dapat dilakukan serempak atau bertahap sehingga harga jualnya juga mengikuti ukuran bibit. Harga jual bibit saat ini dipasaran antara Rp. 100 sd 200 rupiah tergantung ukurannya.

Sebagai catatan, analisis usaha diatas hanya sebagai gambaran, walaupun diambil dari informasi langsung dari peternak mitra MMC.

Berikut contoh foto peternak pembibitan salah satu mitra MMC :