budidaya mangga bag – II , Pemupukan dan Pemangkasan tanaman Mangga

  1. Pemupukan

Untuk memperecepat pertumbuhan tanaman muda dan mengganti hara yang terangkut panen dan pemulihan pohon tanaman yang sudah berproduksi diperlukan pemupukan.

Pemupukan dilakukan setahun 3 kali (tiap 4 bulan sekali) dengan pupuk kandang sebanyak 20 kg sekali pemupukan untuk tanaman usia 1 – 5 tahun. Untuk tanaman diatas 5 tahun tanaman dipupuk sebanyak 3 kali pertahun dengan jumlah 30 kg setiap pemupukan. Selain pupuk kandang digunakan   Pupuk Organik Cair AGRITECH, Hormon Organik HORTECH, dan Pupuk Organik Padat MOSA GOLD.

 

 

 

Pemupukan POC dan Hormon Oranik dilakukan setiap bulan. Pemupukan dilakukan dengan cara disemprot pada daun permukaan bawah di pagi hari. Setiap tangki diperlukan AGRITECH 5 tutup dan HORTECH 1 tutup /10 ml. Pemupukan dengan  MOSA GOLD dilakukan bersamaan dengan pemberian pupuk kandang yaitu setahun 3 kali (tiap 4 bulan sekali).

Catatan ;

Apabila menghendaki penggunaan NPK, dapat digunakan Phonska atau pupuk majemuk mutiara dengan dosis 100gr per pohon. Pemberian NPK ini bisa dicampurkan aplikasi pupuk kandang atau MOSA GOLD, tiap 4 bulan sekali ( setahun 3 kali).

  1. Pemangkasan

Pemangkasan dilakukan setelah bibit mencapai tinggi 1 m dengan memotong batang persis di bawah titik tumbuh. Pelihara  2 – 3 tunas yang tumbuh dari bekas pangkasan dan apabila cabang baru telah terbentuk 1 m dilakukan pemangkasankembali. Begitu seterusnya untuk memperoleh susunan 1 – 3 – 9 cabang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *