Budidaya Mangga Bag-I , Syarat Tumbuh Dan Penyiapan Bibit

Budidaya Mangga (Mangifera indica L). dengan Teknologi MMC

  1. Syarat Tumbuh.

Mangga berasal dari perbatasan India dan Myanmar/Burma yaitu daerah Malayalam manga.

Saat ini tanaman mangga sudah banyak dikembangkan di Asia tenggara termasuk Indonesia. Tanaman ini merupakan buah tropis yang tumbuh baik di daerah beriklim kering.

Rasa manis segar dengan daging buah yang tebal dan aroma harum adalah keunggulan jenis buah ini untuk dibudidayakan. Syarat tumbuh yang optimum bagi pertumbuhan mangga yaitu:

Jenis tanah tanah liat atau lempung berpasir, kaya bahan organik, drainase bagus. Suhu udara rata-rata berkisar antara 25°C – 32°C dengan ketinggian / altitude  300 – 1200 m dpl. Iklim  yang sesuai pertumbuhan mangga adalah  agak kering dengan curah hujan 750 – 2.000 mm, dengan 4 – 7 bulan kering, Di daerah beriklim basah dengan musim kering  < 3 Bulan, pertumbuhanya subur namun  buahnya lebih sedikit dibandingkan dengan di daerah beriklim kering. Tanaman akan mudah terserang penyakit blendok dan mati pucuk serta rasa buahnya agak asam.

Mangga Varietas Unggul :

  1. Arumanis atau Gadung

Mangga Arumanis atau mangga Gadung berasal dari Probolinggo, memiliki aroma harum dan rasa manis.

 

  1. Golek

Mangga golek berbentuk seperti golek/boneka. Buah berukuran panjang dengan bobot sekitar 500 rg/buah.

  1. Mangga Manalagi

Rasa buah mangga manalagi sangat enak, seperti perpaduan antara mangga arumanis dan golek. Bentuk buah panjang berparuh jelas, pucuk bulat.  Berat buah mencapai 500 gram. Daging buah tergolong tebal, berserat sangat halus, hanya sedikit mengandung air, berwarna kuning, dan lunak. Buah matang beraroma harum dengan   rasa buah manis segar.

  1. Gedong Gincu

 Bentuk buah  bulat dengan kulit yang tebal dengan rasa yang manis serta kenyal. Warna buah  merah, kuning cerah, merah keunguan yang menghiasi pangkal buahnya, semakin mempercantik fisik mangga jenis ini.

5. Mangga Madu.

Tinggi pohon sekitar 10 meter dengan lebar tajuk mencapai 13 meter. Berat buah sekitar 350 gram, panjang sekitar 10 cm, berbentuk bulat panjang dengan ujung buah membulat.

  1. Bibit Mangga

Bibit mangga yang akan ditanam dipilih dari bibit yang unggul hasil perbanyakan okulasi. Pertumbuhan bibit baik dan siap tanam dengan ketinggian sekitar 75 cm. Bibit mangga diseleksi agar terhindar dari penyakit yang terbawa bibit. Varietas yang dipilih yaitu varietas unggul : Arummanis, Manalagi, Golek, Gedong Gincu, Indramayu.

Perbanyakan tanaman mangga yang dibudidayakan pada umumnya dilakukan dengan cara pencangkokan walaupun dapat juga dilakukan dengan cara menanam biji / pelok ataupun dengan okulasi.

Umur cangkokan sampai tumbuh tunas dan siap untuk ditanam sekitar umur ±4 bulan. Setelah tumbuh tunas, hasil cangkokan dapat dipindahkan ke lahan yang telah disiapkan. Pertumbuhan mangga berusia 1½ tahun sejak dimulai penanaman bibit dan pada umur tanaman 3 tahun mulai berbuah.

  • Penyiapan Bibit

Untuk media tanam hasil cangkokan, pilihlah tanah yang gembur dan diberi pupuk kandang. Bisa juga ditambahkan sekam agar lebih gembur.

Agar pupuk kandang tadi mempunyai agens hayati yang dapat melawan dan menanggulangi jamur tular tanah, pupuk kandang tadi dapat diberi agens hayati MOSA GLIO/SUPER GLIO. 1 sachet dicampur dalam ±30 kg pupuk kandang matang, kemudian diperam 1 – 2 minggu sebagai indukan. Campuran indukan tersebut kemudian dapat disebar/diperbanyak lahan atau media tanam.

Bibit hasil cangkokan yang sudah dipindah di polybag tadi bisa dikocor dengan dengan larutan BIO-SPF denganperbandingan 100 gr (1 sendok) campur 100 liter air.

Pemberian BIO-SPF melalui melalui pengocoran pada persemaian akan memberikan imunisasi bagi tanaman terhadap berbagai serangan penyakit. Pemberian ini juga mendorong pertumbuhan bibit secara cepat dan merata, untuk merangsang secara langsung pada daun dan akar, sehingga memberikan kekuatan vital untuk kegiatan pertumbuhansel.

Selanjutnya dilakukan pendangiran setiap 2-3 minggu sekali dan pemberian pupuk melalui daun.

Penyemprotan AGRITECH dan HORTECHdiberikan setiap 1-2 minggu sekali selama 4bulan dengan cara disemprotkan melalui daun. Caranya ; 1 tutup AGRITECH + 5 tutup HORTECHdicampur dalam 1 tangki semprot 14 liter dan disemprotkan merata pada daun. Penyemprotan ini akan memberikan nutrisi langsung melalui daun sehingga bibit bisa tumbuh dengan maksimal.

  • Pemindahan Bibit

Cara pemindahan bibit yang telah berkecambah atau telah di cangkok maupun diokulasi dapat dengan mencungkil atau membuka plastik yang melekat pada Media penanaman dengan cara hati-hati jangan sampai akar menjadi rusak, dan pencungkilan dilakukan dengan kedalaman 5 cm, agar tumbuh akar lebih banyak maka dalam penanaman kembali akar tunggangnya dipotong sedikit untuk menjaga terjadinya penguapan yang berlebihan, kemudian lebar daun dipotong separuh. Ditanam pada bedeng pembibitan dan ditutupi dengan atap yang dipasang miring lebih tinggi di timur, dengan harapan dapat lebih banyak kena sinar matahari pagi. Dan dilakukan penyiraman secara rutin tiap hari 2 kali, kecuali ditanam pada musim penghujan.

  • Budidaya Mangga (Organik)

Pembuatan lubang tanam

  1. Buat lubang tanam berukuran 50 cm x 50 cm x 50 cm. dengan jarak 10mx12m atau 12 m x 12 m.
  2. Pisahkan tanah galian di atas kedalaman 25 cm dengan tanah kedalaman lebih dari 25 cm.
  3. Biarkan lubang tanam terbuka selama sekitar 2 minggu,
  4. Masukkan ke dalam lubang tanam campuran 10 kg pupuk kandang dengan tanah bagian bawah, aduk sampai merata.
  5. Timbun tanah bagian bawah dengan tanah bagian atas yang telah di campur pupuk kandang 10 kg.
  6. Sebelum bibit dimasukkan ke dalam lubang tanam, robek plastik polibag secara hati-hati agar tanah pembungkus akar tidak pecah.
  7. Masukkan bibit terpilih ke dalam lubang tanam dan timbun dengan sisa tanah bagian atas sampai sebatas pangkal batang/leher akar. Tanah disekitar pangkal batang dipadatkan seperlunya.
  8. Bibit yang baru tumbuh perlu dipelihara dengan menyiram tanaman sekali dalam dua hari apabila hujan tidak turun.
  • Jarak Tanam.

Jarak tanam Mangga adalah 6 m x 6m

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *