Budidaya lengkeng, Bag I – Jenis-jenis dan Persiapan lahan

Kelengkeng yang sebesar bola Pingpong
Kelengkeng yang sebesar bola Pingpong

Tanaman Lengkeng berasal dari daerah Sub Tropis : India, Birma, Sri Lanka, China. Namun cocok ditanam di daerah Tropis.Tanaman ini  pembungaannya di ujung ranting dan bersifat biennal bearing, artinya setelah satu musim panenan tinggi  musim berikutnya panen rendah.

Tumbuh dan berbuah dengan bagus di daerah suhu dingin yaitu 150 – 22 0C selama 3 bulan, dan musim kemarau panjang yang panas, lembab dan basah. Ketinggian tempat 0 – 500 dpl.

Jenis tanah remah dengan solum tanah yang tebal. Apabila tanah kurang subur bisa diatasi dengan penambahan pupuk kandang, pupuk NPK dan pengapuran.

Jenis Jenis Lengkeng Unggul

1. Lengkeng Diamond River

Daun berbentuk lanset, berwarna hijau cerah, panjang 10 cm dan lebar 3 – 4 cm. Tajuk kompak, cabang mudah terbelah. Daging buah tebal, berbiji kecil, berair, dan beraroma.

2. Lengkeng Kristal

Daun lurus, panjang 19 – 23 cm, lebar daun 5 – 6 cm, warna hijau muda. Jajuk daun menjuntai ke bawah terkulai lemas. Daging buah tebal 4- 5 mm, kering, kenyal.

3. Lengkeng Itoh

Daun lurus, agak tebal, panjang 18m – 22 cm, lebar 5 -6 cm. Tajuk daun rimbun, cabang menjuntai terkulai lemas. Buah besar bisa mencapai uang logam Rp 500, beraroma, daging kering, tebal, biji kecil.

4. Lengkeng Aroma Durian

Daun lurus, kaku, dan hijau tua. Tajuk daun percabangan kokoh, tidak menjuntai.Daging buah tebal, biji kecil, kering, kulit putih. 

  1. Lengkeng Puang Rai.

Daun muda lurus dan datar, daun tua bagian tepi melengkung. Tajuk daun tumbuh ke atas, cabang lebih liat, cocok untuk tabulampot. Daging buah tebal 5 mm, di beberapa tempat berair.


Persiapan lahan

Lahan dipilih sesuai syarat tumbuh tanaman Lengkeng. Lahan dibersihkan dari tunggul. Lubang tanam disiapkan dengan ukuran 60 x 60 x 60 cm.

  • Jarak tanam Lengkeng.

Jarak tanam Lengkeng adalah 5 m x 6 m, dengan populasi per Ha : 330 tanaman.

  • Penanaman

Seminggu sebelum tanam, lubang tanam diberi campuran pupuk kandang (kotoran kambing) dan sekam.

Tanah, kotoran kambing, dan sekam dicampur merata dengan perbandingan 1 : 1 : 1.

Pada saat penanaman wadah bibit dari karung atau polybag disobek bagian bawah bukan dari samping agar media dan akar dari bibit tidak rusak atau pecah.


Selanjutnya : Budidaya Kelengkeng Bag II – Penanaman sd perawatan tanaman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *