Budidaya Jeruk Keprok (citrus reticulata) dan Jeruk Siam

Indonesia terdapat berbagai macam varietas jeruk. Keragaman jeruk ini ditunjukkan oleh banyaknya anggota pada marga Citrus. Meskipun demikian, yang dianggap sebagai jeruk yang asli hanya 3 kelompok yaitu mandarin, jeruk besar dan sitron, sedangkan yang lainnya hasil persilangan dari ketiga kelompok tersebut. Kelompok mandarin sendiri terdiri dari banyak spesies yang secara fenotipik berbeda jauh.

            Penyebaran beberapa species jeruk khususnya di Indonesia, sangat cepat dan luas, hal ini ditandai dengan banyaknya bermunculan varietas-varietas jeruk lokal komersil dari beberapa speseis seperti jeruk keprok garut (Jawa Barat), Tawangmangu (Jawa Tengah), Blinyu (Jawa Timur), Batu 55 (Jawa Timur), Pulung (Ponorogo), Siam Pontianak (Kalimantan Barat), Siam madu (Sumatera Utara) dan Siam banjar (Kalimantan Selatan), sedangkan untuk jeruk manis antara lain jeruk manis Pacitan (Jawa Timur) dan jeruk manis Punten (Jawa Timur).

            Kehadiran jeruk varietas lokal ini kemungkinan sebagai variasi dalam populasi dari berbagai daerah. Beberapa varietas jeruk manis yang telah beradaptasi baik di berbagai daerah, salah satu diantaranya adalah jeruk manis Pacitan.

Manfaat tanaman jeruk sebagai makanan buah segar atau makanan olahan, dimana kandungan vitamin C yang tinggi. Di Beberapa negara telah diproduksi minyak dari kulit dan biji jeruk, gula tetes, alkohol dan pektin dari buah jeruk yang terbuang. Minyak kulit jeruk dipakai untuk membuat minyak wangi, sabun wangi, esens minuman dan untuk campuran kue. Beberapa jenis jeruk seperti jeruk nipis dimanfaatkan sebagai obat tradisional penurun panas, pereda nyeri saluran napas bagian atas dan penyembuh radang.

Klasifikasi Botani Tanaman Jeruk
Divisi               : SpermatophytaSub
divisi         : Angiospermae
Kelas                : Dicotyledonae
Ordo                : Rutales
Keluarga          : Rutaceae
Genus              : Citrus
Spesies            : citrus reticulata (Jeruk keprok)                          citrus tangerina (Jeruk Siam)

Please follow and like us:
0

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *