Budidaya Jambu Air (Syzygium aqueum), Bag I – Jenis-jenis dan syarat tumbuh

budidaya jambu air - mosa gold
budidaya jambu air – dengan pupuk organik padat MOSA GOLD yang kaya asam humat fulfat

Jambu air adalah tumbuhan dalam suku jambu-jambuan atau Myrtaceae yang berasal dari Asia Tenggara. Jambu air sebetulnya berbeda dengan jambu semarang (Syzygium samarangense), kerabat dekatnya yang memiliki pohon dan buah hampir serupa. Beberapa kultivarnya bahkan sukar dibedakan, sehingga kedua-duanya kerap dinamai dengan nama umum jambu air atau jambu saja. Jambu air mudah ditanam dan di budidaya.

Jambu air berasal dari wilayah Asia Tenggara. Banyak varietas jambu air yang berkualias yang dikembangkan di tanah air, antara lain : Jambu Air Madu Deli, Jambu Air Demak, Jambu Air Dalhari, Jambu Air Citra.


  • Jambu Air Citra

Warna buah merah tua, bobot buah 100 – 200 gr, rasa manis segar, sebagian besar tanpa biji, mulai berbuah umur 2 tahun dari bibit.


  • Jambu Air Black Diamond

Warna buah merah kehitaman, rasa manis, bobot buah 100 – 150 gr, tanpa biji, mulai berbuah 2 tahun dari bibit.


  • Jambu Air Pink Rose Apple

Buah berwarna pink/merah muda, bobot buah 250 – 300 gr, rasa manis segar, kadar air tinggi, tanpa biji, Mulai berbuah sekitar umur 2 tahun.


  • Jambu Dalhari


  • Jambu Demak


  • Jambu Madu Deli


 Syarat Tumbuh Budidaya Jambu Air

Tanaman jambu air tumbuh optimum dengan kualitas buah yang bagus dan rasa manis di daerah dengan curah hujan rendah/kering sekitar 500 – 3000 mm/tahun dan musim kemarau lebih dari 4 bulan. Intensitas cahaya yang ideal adalah 40 – 80 %. Suhu udara yang cocok adalah sekitar 18 0C – 28 0C dan kelembaban udara 50 – 80 %.

Tanah yang ideal untuk budidaya jambu air adalah gembur, subur, banyak mengandung bahan organik.Derajat keasaman tanah (pH) yang cocok adalah 5,5 – 7,5. Ketinggian tempat yang baik untuk tanaman jambu air adalah dari 1 – 1000 m dpl.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *