Budidaya Kobis Krop, Bunga Kol dan Brokoli – Bag I – Jenis-jenis, Persiapan lahan dan Penanaman

Kubis krop, Bunga Kol maupun brokoli umumnya hanya baik ditanam di wilayah dengan ketinggian 800 > m dpl, yang optimum 1000 – 3000 m dpl. Walupun demikian ada beberapa jenis yang bisa ditanam di daaran rendah. Selain itu, diperlukan suhu udara sekitar rata-rata 20 o . Tanah gembur, sedikit berpasir, banyak mengandung humus. Drainase baik sehingga tidak ada genangan air. pH tanah yang ideal adalah antara 6 – 7. Daerah yang banyakditanamikentangyaitu : Batu (Malang), Tengger, Tawangmangu, Wonosobo, Lembang, Pangalengan, Cipanas,

I. Jenis – Jenis Kubis

  1. Kubis telur (krop), terkenal dengan sebutan kubis putih dengan daun membentuk krop. Varietas kobis telur yaitu : K-K- cross, K-Y cross, yoshin, pujon, dan kobis merah.
  2. Kubis daun kampung seperti kailan dan kale. Varietasnya adalah benten, soi – sim.
  3. Kubis tunas, mempunyai tunas samping yang dapat membentuk tunas kecil. Varietasnya adalah jade cross, jasper, pearl.
  4. Kubis bunga, jenis kobis ini bakal bunga mengembang membentuk masa bunga berbentuk kerucut terbalik. Warna bunga puih kekuning kuningan. Varietasnya adalah snowball dan snowpeak.
  5. Brokoli, jenis ini mempunyai massa bunga berwarna hijau, lebih kompak, dan rasa yang lebih lezat.

 II. Benih

Kobis dikembangbiakkan dengan biji. Biji kobis yang akan ditanam perlu disemaikan terlebih dahulu

Lahan persemaian dicangkul dan diberi pupuk kandang, Kemudian diberi atap dengan arah miring ke barat. Persemaian perlu dijaga kelembaban tetapi tidak terlalu basah..

Benih kobis direndam BIO SPF 5 gram yang dicampur dengan air 1 liter. Benih kobis direndam dalam larutan BIO SPF selama 1 jam.

Benih disebar merata ditempat penyemaian dan dirawat agar tumbuh normal.

Seteah bibit berumur 1 bulan dengan jumlah daun 4 helai, bibit siap dipindah ke bedengan.


III. Olah Tanah

  1. Lahan dicangkul sedalam 30 – 40 cm.
  2. Dibuat bedeng bedeng dengan lebar 80 cm. Dan selokan antarbedeng 20 cm.
  3. Tiap bedeng dibuat dua baris tanam dengan jarak antar baris 60 cm. Jarak antar tanaman untuk kobis krop 50 cm, sedangkan jarak antar tanaman untuk bunga kol dan brokoli 30 cm.
  4. Pupuk kandang 0,25 kg diberikan ke lobang tanam di bedengan dengan dosis 15 ton / Ha. Pupuk kandang yang digunakan adalah pupuk yang sudah matang dengan ciri berwarna hitam dan tidak berbau lagi. Lebih dahulu pupuk kandang dicampur dengan MOSA GLIO /SUPER GLIO untuk pengendalian penyakit Layu Fusarium. Caranya 100 gr MOSA GLIO/ SUPER GLIO dicampur merata  25 kg – 50 kg pupuk kandang yang sudah matang, ditambah air hingga 60 %. Diperam dahulu 1 minggu kemudian dicampur merata dengan pupuk kandang 2 ton.

IV. Penanaman

  1. Bibit diletakkan di atas pupuk kandang yang telah ditaburkan di tiap lubang tanam.
  2. Bibit ditanam pada lubang tanam dengan hati hati sedalam 5 cm dengan sedikit menekan tanah disekiar batang tanaman, agar tanaman tidak mudah roboh.
  3. Tanaman mulai tumbuh saat 10 hari setelah tanam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *