Teknik Budidaya Ayam Joper – Bag I – Teknik Kandang Model Sel

Ayam Jowo Super diletakkan dalam kandang sistem sel
Ayam Jowo Super diletakkan dalam kandang sistem sel

Ayam Jawa Super atau disingkat Ayam Joper merupakan persilangan antara Ayam Jawa (Ayam lokal/kampong/bukan ras) dengan Ayam pedaging jenis Broiler. Persilangan ini untuk mendapatkan anakan dengan keunggulan keduanya yang kemudian dijuluki ayam Jawa super. Ayam kampung memiliki karakteristik lebih tahan penyakit dan memiliki rasa daging yang enak. Sedangkan ayam broiler memiliki keunggulan pertumbuhannya yang relatif cepat.

Pemeliharaan ayam kampung super sedikit berbeda dengan ayam broiler. Persamaanya model perawatan yang intensif pada ayam broiler diterapkan pada perawatan ayam kampung super ini sehingga hasilnya maksimal. Ayam kampung super memerlukan suhu kandang yang hangat, terutama pada pekan pertama. Untuk pakannya tidak terlalu banyak di bandingkan dengan broiler. Dari 1000 ekor membutuhkan pakan 4 karung campuran pakan dari bibit sampai panen sekitar 55 sd 60 hari. Sistem pemeliharaanya bisa dengan model pemeliharaan ayam kampung biasa tetapi agar lebih maksimal disarankan pemeliharaan yang intensif dengan kandang tertutup.

 

MMC menghadirkan produk suplemen organik VITTOTERNA

Pemakaian VITTOTERNA terbukti mampu untuk mempercepat pertumbuhannya, meningkatkan bobot dan kualitas daging juga menurunkan nilai FCR (Feed Consumption Ratio) dan menaikkan SR (Survival Rate) dari ayam yang dipelihara. Perhitungan mudah pemakaian VITTOTERNA adalah setiap budidaya 1000 ekor ayam membutuhkan 6 – 10 botol kemasan 500 cc.

Teknik perkandangan

Kandang ideal terletak di daerah yang jauh dari pemukiman penduduk, mudah dicapai sarana transportasi, terdapat sumber air bersih, arahnya membujur dari timur ke barat. Dengan demikian pertukaran udara akan mudah karena angin berhembus selatan ke utara.

  • Lokasi cukup mendapat sinar matahari dan saat pagi hari tidak langsung terkena sinar matahari,
  • Kondisi kandang sebaiknya dijaga kebersihannya dan tidak becek.
  • Ukuran kandang sesuai dengan umur dan jumlah ternak.
  • Kandang dibuat dari bahan yang murah dan mudah didapat, kuat, serta tahan lama.
  • Ayam bernapas membutuhkan oksigen dan mengeluarkan karbondioksida. Supaya kebutuhan oksigen selalu terpenuhi, ventilasi kandang harus baik.
  • Kemudahan mendapatkan sarana produksi dan akses pasar. Jarak lokasi kandang sebaiknya dekat dengan poultry shop atau toko sarana.

Teknik kandang model Sel

Teknik kandang model ini mempunyai keuntungan pengelolaanya yang lebih mudah dan bisa dipindah-pindah. Pembuatan kandang budidaya ayam jawa super model sel ini bisa dilihat di bagan berikut:

Kandang untuk ayam jawa super usia 14 sd 60 hari
Kandang untuk ayam jawa super usia 14 sd 60 hari

Keterangan gambar :

  1. Penutup dari bahan besi kasa yang ditujukan agar sirkulasi udara   lebih udara lancar.
  2. Sekat yang memisahkan 1 box kandang (sel) menjadi 2 kolom dengan masing masing kolom (ukuran 40 cm x 40 cm) diisi populasi ayam ± 50 ekor, sehingga keseluruhan populasi tiap sel ± 100 ekor ayam.
  3. Tempat minum ayam, berisi air dicampur Vittoterna. Pemberian minum sebaiknya dijaga agar selalu tersedia
  4. Dinding box kandang dari bahan bambu dengan rongga yang kira-kira bisa untuk tempat keluar kepala ayam agar bisa mematuk makanan.
  5. Dinding/lantai bawah terbuat dari besi kasa ukuran kecil agar kotoran ayam bisa jatuh dengan leluasa dan mudah dibersihkan.
  6. Tempat pakan ayam, dibuat mengelilingi kandang agar pemberian pakan bisa merata dan tidak saling berebutan.
  7. Kaki box kandang kira-kira tinggi 40cm, menjaga agar kandang lebih hangat dan tetap kering.

Berikut contoh foto-fotonya;


Kandang Box untuk DOC usia 0 sd 13 Hari (2 minggu)

Anak ayam / DOC dipelihara dengan induk buatan (pemanas) di dalam kandang indukan atau box/kotak.:

kandang untuk doc usia 0 sd 13 hari
kandang untuk doc usia 0 sd 13 hari (2 minggu)

Keterangan Gambar :

  1. Penutup box dari bahan triplex agar menjaga kondisi hangat
  2. Sekat antar kolom, sehingga per kolom berukuran 40 x 40 cm dengan berisi ± DOC.
  3. Lampu minimal ± 10 watt dari jenis bohlam (bukan lampu neon) untuk menjaga kondisi hangat. Masing-masing kolom berisi 2 buah lampu. Apabila kondisi lingkungan sekitar sangat dingin, dan DOC terlihat kedinginan dengan ditandai DOC nampak begerumbul rapat di bawah lampu, pemberian watt lampu bisa ditambah. Sebaliknya apabila DOC nampak menjauhi lampu, pemberian watt lampu bisa dikurangi.
  4. Lantai box, terbuat dari besi kasa dengan pori-pori kecil, untuk memberikan sirkulasi udara dan kotoran ayam bisa jatuh ke bawah.
  5. Dinding sekeliling box terbuat dari tripleks untuk menjaga suhu.
  6. Kaki box kira-kira 40 cm untuk memudah membersihkan kandang dan menjaga suhu lantai.

Pemberian Vittoterna dicampur air minum sangat penting dilakukan agar anak ayam.

Berikut foto-foto penerapan box pembesaran DOC untuk ayam jawa super :


Disusun  oleh : alex candra, disarikan dari pengalaman peternak MMC dan dari berbagai sumber