Percobaan Agens Hayati Supermeta (MOSA META) di Lahan Sawit Kalbar

Larva kumbang tanduk yang terinfeksi supermeta mosa mata
Larva kumbang tanduk yang terinfeksi supermeta mosa mata

Tanaman sawit tua maupun tanaman muda terancam dengan berkembangnya serangan kumbang tanduk ini Hama ini sanggup  mematikan tanaman muda / tua lewat serangan di titik tumbuhnya.

(lebih…)

Gliocladium Selamatkan Panen dari Serangan Jamur Merugikan

Layu Fusarium merupakan momok bagi pelaku agribisnis. Jamur patongen ini sering menyerang  komoditas cabai, tomat dan keluarga terong-terongan lainnya. Sekarang, Tetapi, penyakit ini sebenarnya bisa diantisiasi dengan musuh alami dari sejenis jamur juga. Penggunaan Jamur Antagonis Gliocladium sp dan Thrichoderma sp terbukti sering menyelamatkan panen dari serangan layu fusarium dan beberapa jenis jamur merugikan lainnya. (lebih…)

Gerakan Massal Pengendalian Hayati Hama Wereng Pada Tanaman Padi

gerakan masal pengendalian wereng dengan agens hayati pada tanaman padi - aman
gerakan masal pengendalian wereng dengan agens hayati pada tanaman padi – kel tani ngudi rahayu

Pada Jumat 13 Februari lalu, MMC bekerja sama dengan kelompok Tani Makmur dan Kelompok Tani Ngudi Rahayu Bantul, mengadakan gerakan massal pengenalian hayati Hama Wereng. Pada kesempatan tersebut ditargetkat pengendalian hama untuk lahan sawah seluas 20 Hektar lebih. Kegiatan tersebut disambut antusiasme dan dukungan penuh perangkat desa setempat. Kegiatan ini salah satunya dilatarbelakangi keprihatian situasi gagal panen dan kemerosotan panen akibat serangan parah hama wereng di desa tetangga dan sekitarnya. (lebih…)

Sosialisasi Teknologi Pertanian Bersama Dinas Pertanian dan TNI

Sosialisasi tehnologi pertanian bersama dinas pertanian dan tni 20151012200014Sabtu, 3 Oktober beberapa waktu yang lalu, tim dari MMC berkesempatan mempresentasikan teknologi organik MMC di depan petani dan TNI di Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat. Dalam kesempatan ini menjadi momen penting keterlibatan TNI bersama petani sebagai upaya mewujudkan ketahanan pangan di negeri ini. (lebih…)

Unjuk gigi, menyemarakkan Dies Natalis Faperta UGM dengan

backdrob pameran mmcSalah satu rangkaian kegiatan Dies Natalis ke-69 FAPERTA (Fakultas Pertanian UGM) Tahun 2015 diadakan temu alumni . Dalam temu alumni kali ini agak istimewa, karena diisi dengan pameran dari produk-produk para almuni. Dalam kesempatan ini juga direalisasikan gagasan untuk membentuk direktori pelaku agribisnis dari para alumni. Rangkaian kegiatan ini dilaksanakan di Fakultas Pertanian UGM, Minggu 20 September 2015 lalu. (lebih…)

Menyelematkan Panen Tebu dari Serbuan Embug

Mengatasi hama uret ampuh
Lahan tebu yang terpapar hama uret merusak secara cepat dan destruktif mengakibatkan turunnya produktivitas panen bahkan sampai gagal panen

(Kediri, Jatim) Pak Munajam kini bisa tersenyum sumringah, setelah 3 kali periode lebih tanaman tebunya sering mengalami kerugian, panen kali ini sukses besar. Tak ada lagi serangan embug/uret di lahan tebunya, sehingga panen kali bisa utuh untuk diangkut ke pengepul tebu. Dari luasan 1 bahu (7500 m2), tak kurang 100 ton tebu lebih dihasilkan dengan keuntungan fantastis dari manisnya budidaya tebu. (lebih…)

Dampingi petani Sukaresmi Cianjur, lahan cabe 30 Hektar biar jadi panen mujur

Jarak tempuh yang jauh dan medan yang berat tidak menghalangi tim MMC untuk mendatangi lahan cabe petani Sukaremi Cianjur ini. Karena lokasinya di pegunungan di perbatasan Cianjur dengan Bogor ini membuat perjalanan harus ditempuh jalur darat selama hampir sehari penuh. Namun lokasi jauh tak meluruhkan semangat Tim MMC untuk berkunkung ke sana, apalagi luasan lahan budidaya cabe tersebut mencapai 30 hektar lebih. (lebih…)

Panduan Sekilas Budidaya vertikulture

presentasi di depan tamu dari beberapa jawatan dinas dari Kalimantan Barat oleh Bpk, Agus
Presentasi tim MMC di depan tamu dari beberapa jawatan dinas dari Kalimantan Barat oleh Bpk, Agus

Beberapa waktu yang lalu, di medio Januari 2015 tim agrokompleks MMC berkesempatan mempresentasikan mengenai budidaya dengan sistem vertikultur. Presentasi ini disampaikan dalam kesempatan pertemuan informal dengan tamu yang beraal dari dinas pemerintahan di salah satu di Kalimantan Barat dan beberap petani perwakilan dari sana. Selain berkunjung ke kebun, juga dipaparkan sekilas mengenai pertanian organik dan pengendalian OPT secara organik. (lebih…)

Teknologi Karya anak negeri untuk ibu pertiwi

Visit Us On PinterestVisit Us On FacebookVisit Us On YoutubeVisit Us On Google PlusCheck Our FeedVisit Us On Twitter