Bagaimana meningkatkan produktivitas lada

tanaman merica merupakan salah satu komoditas pertanian Indonesia
tanaman merica merupakan salah satu komoditas pertanian Indonesia

Lada Disebut Juga Merica yang mempunyai nama Latin Piper Albi Linn adalah sebuah tanaman yang kaya akan kandungan kimia, seperti minyak lada, minyak lemak, juga pati. Lada bersifat sedikit pahit, pedas, hangat, dan antipiretik. Tanaman ini sudah mulai ditemukan dan dikenal sejak puluhan abad yang lalu. Pada umumnya orang-orang hanya mengenal lada putih dan lada hitam yang mana sering dimanfaatkan sebagai bumbu dapur.Tanaman ini merupakan salah satu komoditas perdagangan dunia dan lebih dari 80% hasil lada Indonesia diekspor ke negara luar. Selain itu, lada mempunyai sebutan The King of Spice (Raja Rempah-Rempah) yang mana kebutuhan lada di dunia tahun 2000 mencapai 280.000 ton. Lada adalah salah satu tanaman yang berkembang biak dengan biji, namun banyak para petani lebih memilih melakukan penyetekkan untuk mengembangkannya. Mereka memotong batangnya kira-kira dengan panjang 0,25-0,5 meter.

Manfaat Lada

Lada hitam berasal dari tanaman lada, pohon anggur kayu halus yang dapat tumbuh hingga 33 kaki di iklim tropis yang panas dan lembab. Mereka mulai menanggung bunga berkerumun putih kecil setelah 3 sampai 4 tahun dan berkembang menjadi buah yang dikenal sebagai merica. Merica tanah menghasilkan rempah-rempah yang kita sebut lada.

Kandungan Merica hitam dalam tiap 2.00 sendok teh ((5.80 gram)
Kalori: 15 , GI: sangat rendah

Gizi DRI / DV: mangan 37%, vitamin K 11%, tembaga 9%, Serat 6%, kalsium 3%, kromium 3%, besi 3%

Grafik ini grafis merinci% DV bahwa porsi lada hitam menyediakan untuk setiap nutrisi dengan sangat baik, sangat baik, atau sangat baik( menurut Sumber Penilaian sistem Makanan). Informasi tambahan tentang jumlah nutrisi yang diberikan oleh lada hitam dapat ditemukan dalam : Bagan rating system  makanan  yang akan membawa Anda ke dalam Kedalaman Profil nutrisi untuk lada hitam, menampilkan informasi lebih dari 80 nutrisi, dapat ditemukan di bawah Food Rating System Chart.

Tips budidaya lada atau merica

Langkah budidaya lada secara lengkap dapat dilihat di artikel : ‘Teknik budidaya lada’.


Kisah Sukses

Berikut kisah sukses budidaya lada dari petani yang menggunakan produk pupuk organik

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *