Ayam sehat, ayam pintar ala H. Marzuki

ayam pak H. Marzuki menggunakan radio yang sudah tahunan
ternak ayam pak H. Marzuki menggunakan radio yang sudah tahunan selalu menyala dengan channel yang sama

Sebuah radio tua merk National yang masih memiliki frekuensi AM/SW/MW selalu berkumandang. Gelombang radionyapun tak pernah berubah, nyangkut pada 1 channel radio saja yang dari pagi sampai pagi kembali memperdengarkan berita, lagu-lagu, sampai iklan.

Barangkali jika ditanya, ayam manakah di yang paling pintar, selalu update berita politik, berita lokal sampai luar negeri, pintar lagu-lagu dsb, adalah ayam H. Marzuki. Untuk membuat ayamnya lebih tenang dan tidak mudah stress, H. Marzuki punya kiat sendiri. Ia memperdengarkan ayam-ayam itu dengan siaran radio.

Radio itupun tak pernah dimatikan kecuali pas kandang dalam keadaan kosong. Cara unik ini telah ia lakukan bertahun-tahun sehingga saat ini ada 2 buah radio tua yang dipasang dikandang. Untuk channelnya, Pak H. Marzuki memilih siaran yang banyak berisi tembang tembang pop atau lagu Jawa.

Selain cara unik ini, Pak H. Marzuki sudah menggunakan Vittoterna yang dia aplikasikan sampai dengan umur 15 Hari. Pengalamannya, penggunaan Vittoterna ini yang sudah ia aplikasikan 1 tahunan, mampu menekan angka kematian ayam broiler. Dengan angka kematian yang rendah, bahkan pernah hampir nol, dapat menambah keuntungan bagi peternak.

ayam pak H. Marzuki menggunakan radio yang sudah tahunan
budidaya ayam pedaging pak H. Marzuki, sahabat MMC, pengguna setia vittoterna

 

 

 

 

 

 

Berikut cuplikan videonya :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *