Puluhan Juta Rupiah untuk Lebak dari Jakarta lewat Pepaya California

kliping-media Sumber : Kompas.com – Kamis, 27 November 2014 | 18:20 WIB

Judul : Puluhan Juta Rupiah untuk Lebak dari Jakarta lewat Pepaya California

healthyfoodstar.com Buah pepaya
Buah pepaya – healthyfoodstar.com

LEBAK, KOMPAS.com — Petani di Kabupaten Lebak, Banten, mempunyai komoditas unggul yang laku dan menguntungkan ketika dijual di Jakarta, yaitu pepaya california. Omzet para petani dari penjualan buah ini ke Jakarta mencapai puluhan juta rupiah per bulan.

“Kami setiap pekan memasok lima sampai tujuh ton pepaya california ke sejumlah pasar tradisional di Jakarta,” sebut Rohman, salah satu petani di Warunggunung, Lebak, Kamis (27/11/2014).
(lebih…)

Panduan budidaya kelapa sawit

budidaya kelapa sawit, sawit, pekebunan sawit
Pekebunan sawit Pak Saimun, Sahabat MMC Kab. Bengkayang, Kalbar

Budidaya Kelapa Sawit (Elaeis guinensis) merupakan” keajaiban tanaman perkebunan” selain penghasil minyak makanan, minyak industri, maupun bahan bakar nabati (biodiesel), turunan dari produk ini sangatlah banyak.Usaha peningkatan produksi kelapa sawit bisa dilakukan dengan perluasan areal pertanaman, rehabilitasi kebun yang sudah ada dan intensifikasi. (lebih…)

Tumpangsari budidaya kacang benguk untuk pengendalikan alang-alang / gulma

Kacang kara benguk ( Mucuna Pruriens sp )
Kacang kara benguk ( Mucuna Pruriens sp )

Kesuburan tanah ditentukan oleh tekstur, struktur dan porositas, kandungan hara dan pH serta keberadaan mikrobia yang menguntungkan bagi tanah. Untuk mempertahankan kesuburan tanah dibutuhkan tanaman penutup tanah.

               Disamping sebagai tanaman pangan, kacang benguk (karabenguk) / Mucuna pruriens sp dapat digunakan sebagai tanaman penutup tanah. Tanaman penutup tanah yang baik memiliki pertumbuhan yang cepat, tidak mengambil hara tanah dalam jumlah besar, menghasilkan banyak serasah, memiliki nilai penutupan tanah yang tinggi, mampu memperbaiki sifat tanah dan mampu mengendalikan gulma.
Teknologi mengembalikan kesuburan tanah telah dicoba menggunakan alley cropping atau tanaman lorong dengan lamtoro gung / Leucaena leucocephala sp  dan Gliricide / Gliricidae sepium spkacang benguk / Mucuna pruriens dan akasia Acacia auriculiformis sp. Selain itu karabenguk juga digunakan untuk mengendalikan alang-alang. Kacang benguk merupakan legum atau kacang-kacangan yang tumbuh cepat sebagai tanaman penutup tanah di daerah tropika basah, namun berakar dangkal di tanah masam, sehingga sangat cocok dibudidaya di daerah Kalimantan.
Untuk mengurangi kerusakan tanah secara luas, digunakan tanaman penutup tanah yang antara lain kacang benguk / kara benguk. (lebih…)

Ayam sehat, ayam pintar ala H. Marzuki

ayam pak H. Marzuki menggunakan radio yang sudah tahunan
ternak ayam pak H. Marzuki menggunakan radio yang sudah tahunan selalu menyala dengan channel yang sama

Sebuah radio tua merk National yang masih memiliki frekuensi AM/SW/MW selalu berkumandang. Gelombang radionyapun tak pernah berubah, nyangkut pada 1 channel radio saja yang dari pagi sampai pagi kembali memperdengarkan berita, lagu-lagu, sampai iklan.
(lebih…)

Budidaya Hanjeli Organik di Magelang, Pangan lokal yang bernutrisi maksimal

Budidaya tanaman hanjeli dengan pupuk MMC ketinggian bisa 2 meter lebih
Budidaya tanaman hanjeli dengan pupuk MMC ketinggian bisa 2 meter lebih

Bahasa jawanya adalah jali, tanaman yang mirip tanaman jagung ini layak untuk dikembangkan sebagai pangan alternatif. Kandungan protein dan kalsium dalam biji hanjeli relatif tinggi dibandingkan dengan beras. Budidayanya juga mudah karena relatif tidak ada hama dan penyakit.

Cara panen tanaman hanjeli dengan cara di ratoon seperti tanaman tebu. Dengan cara panen ini tanaman hanjeli setelah dibabat untuk dipanen, akan segera tumbuh kembali untuk panen berikutnya. (lebih…)

Bagaimana meningkatkan produktivitas lada

tanaman merica merupakan salah satu komoditas pertanian Indonesia
tanaman merica merupakan salah satu komoditas pertanian Indonesia

Lada Disebut Juga Merica yang mempunyai nama Latin Piper Albi Linn adalah sebuah tanaman yang kaya akan kandungan kimia, seperti minyak lada, minyak lemak, juga pati. Lada bersifat sedikit pahit, pedas, hangat, dan antipiretik. Tanaman ini sudah mulai ditemukan dan dikenal sejak puluhan abad yang lalu. (lebih…)

Budidaya Jahe (Murni Organik) Dengan Teknologi MMC

Budidaya jahe memiliki potensi bagus untuk dikembangkan. Apalagi jika budidaya jahe dengan tumpang sari sehingga keuntungan dari budidaya jahe bisa berlipat. Jahe jenis jahe merah banyak dibutuhkan terutama untuk kebutuhan obat-obatan dan minuman. Berikut model budidaya jahe organik yang dipadukan dengan teknologi MMC:

Pemilihan Bibit

tanaman jahe merah dibudidaya dengan teknik bedengan
tanaman jahe merah ditanam dengan teknik bedengan

Bibit yang baik yaitu umur 12 bulan, sehat tidak membawa bibit penyakit , Kemudian direndam dengan BIO-SPF selama 1 jam .

Kebutuhan Bibit

1 Kg bibit = 3 meter (lebih…)

Solusi kandang bersih, bebas lalat dan bau dengan vittoterna

teknologi tepat guna vittoterna MMC diterapkan pada ternak unggas broiler
teknologi tepat guna vittoterna MMC diterapkan pada ternak unggas broiler

Budidaya ayam pedaging/broiler memang menggiurkan. Mengingat kebutuhan daging ayam yang tak pernah  surut, bahkan permintaan nya cenderung naik. Namun seringkali peternak ayam broiler atau ayam pedaging ini menghadapi ‘keluhan’ lingkungan sekitar. Terutama apabila kebersihan kandang tidak dijaga sehingga menimbulkan pencemaran bau dan timbulnya lalat-lalat. Masalah selanjutnya yang muncul juga ancaman kesehatan anak kandang (petugas kandang) dan ternak unggas sendiri. Hal ini tentu saja mempebesar risiko kerugian bagi perternak.

Makanan yang tak terserap sempurna (lebih…)

Budidaya lada dengan teknologi MMC

Pembuatan bibit Lada

(lebih…)

Meningkatkan kualitas telur pada budidaya ayam petelur

VIT TO TERNA – G merupakan salah satu pemecahan masalah yang dihadapi untuk menghasilkan telur yang baik. Didalamnya terkandung nutrisi / mineral yang bisa diserap unggas petelur, mengandung mikrobia yang dapat memaksimalkan penyerapan nutisi dari pakan, meningkatkan daya tahan unggas petelur terhadap penyakit dan perubahan cuaca, merangsang pengubahan nutrisi yang diserap untuk dihasilkan menjadi telur.

budidaya ayam petelur
budidaya ayam petelur

(lebih…)

Budidaya Cabe

Cabai dengan ukuran luar biasa dengan perlakukan produk organik MMC
Cabai dengan ukuran luar biasa dengan perlakukan produk organik MMC

Saat ini harga cabe cenderung tinggi, apalagi di musim penghujan biasanya harga melonjak. Budiaya cabe atau lombok memiliki peluang besar untuk dijadikan alternatif peningkatan ekonomi petani kita. Asal tekniknya sesuai, hasilnya luar biasa! Apalagi bila tanaman cabe kita menggunakan pestisida biologi, artinya tidak menggunakan pestisida kimia yang berbahaya sehingga selain kualitas hasil cabe yang dihasilkan lebih bagus, juga turut menjawab kebutuhan akan pangan sehat bagi masyarakat kita! (lebih…)

Teknik Budidaya Lada

tanaman merica merupakan salah satu komoditas pertanian Indonesia

SYARAT TUMBUH

Pertumbuhan baik jika ditanam pada ketinggian 0-700 m dpl, curah hujan 2000-3000 mm merata sepanjang tahun (100 mm/bulan) dengan bulan kering maksimal 3 bulan , pH tanah berkisar 5,6-5,8.

PEMBIBITAN

Bibit yang baik dari induk yang telah berumur diatas 10 bulan, dengan kriteria sehat dan bebas dari bibit penyakit. Bibit ditanam dalam polibag ukuran 13 x 23 atau 15 x 25 cm, dengan ketinggian 25-40 cm dengan jumlah daun 4-6 helai atau telah berumur 7-9 bulan. (lebih…)

Teknologi Karya anak negeri untuk ibu pertiwi

Visit Us On PinterestVisit Us On FacebookVisit Us On YoutubeVisit Us On Google PlusCheck Our FeedVisit Us On Twitter