Hama dan Penyakit pada Tanaman Buncis

Batang tanaman yang terkena penyakit layu
Batang tanaman yang terkena penyakit layu

Ada sekitar 7 hama dan 11 penyakit yang perlu diperhatikan dalam budiaya buncis. Berikut ini hama dan penyakit pada buncis beserta upaya pengendaliannya;

Hama

Berikut beberapa hama yang umum menyerang tanaman buncis; (lebih…)

Pedoman Budidaya Buncis

budidaya buncis
budidaya buncis rambat secara organik di lahan dekat gunung Pangranngo Bogor

Buncis merupakan jenis polong-polongan yang banyak dimanfaakan orang sebagai sayuran. Sayuran ini banyak mengandung protein dan vitamin. Tanaman buncis cocok dibudidayakan di dataran tinggi, yaitu sekitar 1.000 sd 1.500 meter dpl. (lebih…)

Pedoman Budidaya Kentang

Budidaya kentang
Budidaya kentang

 

  • Kentang dapat ditanam di wilayah dengan ketinggian 500 > m dpl, yang optimum 100 – 2000 m dpl.
  • Suhu udara sekitar 20 o
  • Tanah gembur, sedikit berpasir, banyak mengandung humus.

(lebih…)

Budidaya Kambing, Bag IV – Penggunaan Suplemen Vittoterna untuk Meningkatkan Hasil

Cara 1 : Komboran & Pakan Model Fermentasi

analisa usaha ternak kambing untuk 100 ekor selama 100 hari
Dengan Vittoterna, secara ekonomis mampu meningkatkan nilai keuntungan

Pakan VITTOTERNA memiliki kandungan nutrisi komplek yang sangat cocok untuk membantu pertumbuhan kambing supaya dapat tumbuh dengan sehat . Dengan kemampuan memperbaiki sistem pencernaan dan menambah nutrisi pakan, maka kambing dapat tumbuh dengan bobot yang lebih maksimal karena penyerapan pakan menjadi lebih sempurna. (lebih…)

Budidaya Kambing, Bag II : Pembuatan kandang Kambing Yang Ideal

contoh model kandang kambing ideal
contoh model kandang kambing ideal

Kandang berfungsi untuk tempat tinggal dan istirahat ternak. Kandang dan perlengkapan (termasuk pakan dan air minum) sudah harus disiapkan sebelum pengadaan ternak dilakukan. Kandang yang baik tidak harus dari bahan-bahan yang mahal. Penggunaan bahan-bahan lokal bisa mengurangi biaya pembuatan kandang. (lebih…)

Budidaya Pisang Secara Intensif

lahan budidaya pisang
lahan budidaya pisang

Kesenjangan produktivitas tersebut terutama disebabkan teknik budidaya tidak tepat dan tingginya gangguan hama dan penyakit terutama oleh serangan dua penyakit paling berbahaya dan mematikan, yaitu penyakit layu bakteri atau penyakit darah dan penyakit layu Fusarium. (lebih…)

Ada apa dengan tanaman pisang anda?

budidaya pisang
budidaya pisang

Sejak awal tanam pisang , tentunya kita berharap bisa panen buahnya 1 tahun kemudian. Namun kenyataan banyak yang tidak panen akibat tanaman pisang mati ditengah perjalanannya, dengan ciri daun tiba-tiba menguning , mengering dan akhirnya tanaman mati. Jika batangnya dipotong melintang akan terdapat bercak-bercak merah di jaringannya. Ada apa dan apa sebabnya? (lebih…)

Tips Supaya Ternak Kambing Doyan Pakan Fermentasi

Semua bahan setelah dicampur ditutup rapat dalam karung, simpan sampai beberapa kurang lebih 1 minggu
Pembuatan pakan fermentasi bisa menggunakan bahan dan wadah sederhana

Sebelum membahas mengenai pakan fermentasi untuk kambing, catatan penting dari adalah bahwa pakan fermentasi tidak  disarankan untuk budidaya kambing etawa yang diambil susunya. Pakan fermentasi idealnya cocok untuk penggemukan kambing.

(lebih…)

Pedoman Budidaya Udang jenis udang Windu dan udang Vannamei

Budidaya udang mitra MMC - Jabar
Budidaya udang mitra MMC – Jabar

Budidaya udang Windu (black tiger) di Indonesia baik di jawa maupun luar jawa pernah mengalami masa jaya pada kisaran tahun 1985-1995. Saat itu emas hitam berupa udang windu yang dibudidayakan di tamabak benar – benar menjadi tambang emas. (lebih…)

Beberapa penyakit pada budidaya Udang

Pemberian MOSA Gold dan MMC MIna untuk persiapan kolam pada budidaya udang
Pemberian MOSA Gold dan MMC MIna untuk pengelolaan ari kolam tambak udang agar ekosistem tambak lebih sehat bagi budidaya udang

Beberapa penyakit yang sering menyerang udang adalah ;

Bintik Putih

Penyakit inilah yang menjadi penyebab sebagian besar kegagalan budidaya udang disebabkan oleh infeksi virus SEMBV (Systemic Ectodermal Mesodermal Baculo Virus). (lebih…)

Budiaya Tanaman Hanjeli (Job’s Tear) dengan Teknologi MMC

tanaman hanjeli
tanaman hanjeli beras

Hanjeli adalah salah satu potensi pangan luar biasa yang dimiliki Indonesia. Namun sampai saat ini tanaman ini masih belum banyak dikembangkan.

Berikut pedoman singkat budidaya hanjeli yang disarikan dari Petani Hanjeli Mitra MMC , Iwan Setyawan (Garut) dan Baron Sani ( Magelang )
(lebih…)

Aplikasi Pestisida Biologi / Agens Hayati Pada Tanaman Lada

penyemprotan agens hayati / pestisida biologi TOP BN untuk mengendalian penggerek batang lada aman bagi manusia sehingga tidak perlu menggunakan masker
Penyemprotan agens hayati / pestisida biologi TOP BN untuk mengendalian penggerek batang lada. Pestisida biologi TOP BN aman bagi manusia sehingga tidak perlu menggunakan masker

Ancaman busuk pangkal batang dan penggerek batang merupakan momok bagi petani lada / merica/ sahang. Selain menurunkan produktifitas juga meningkatkan risiko gagal panen.
(lebih…)

Berternak Ayam Kampung


Ayam kampung adalah sebutan di masyarakat kita pada ayam peliharaan yang biasa ditangani dengan cara tradisional, tidak dibudidaya secara massal untuk kepentingan komersial. Ayam ini termasuk golongan ayam buras, karena berasal-usul dari ras yang tidak dihasilkan untuk kepentingan komersial tersebut. (lebih…)

Pedoman Ringkas Budidaya Padi Secara Full Organik

budidaya padi organik dengan pupuk mmc 100_2716
budidaya padi organik dengan pupuk mmc

Pada budidaya padi organik sebaiknya bibit yang ditanam adalah jenis lokal, misalnya padi hitam (melik jowo), padi merah, padi pandan wangi, padi  mentik wangi dsb. Sebab, dengan model budiaya lokal ini keunggulan dari citarasa jenis padi lokal ini akan semakin menonjol, sehingga secara ekonomis akan menambah nilai jual beras bagi petani.

Berikut panduan sekilan panduan budidaya padi secara full organik ; (lebih…)

Pedoman Budidaya Melon

tanaman-melon-dengan-pupuk-organik-MMC-buah-sama-besar-daging-buah-tebal-dan-enak
tanaman-melon-dengan-pupuk-organik-MMC-buah-sama-besar-daging-buah-tebal-dan-enak

Melon (Cucumis melo L.) merupakan tanaman buah yang sudah banyak dilirik dibudidayakan petani, mengingat nilai jualnya yang tinggi dengan jangka waktu budidaya yang cukup singkat yakni sekitar 2 bulanan. (lebih…)

Superglio mengatasi penyakit busuk rimpang pada Jahe

jahe-merah-tumpang-sari-dengan-sengon
jahe-merah-tumpang-sari-dengan-sengon

Selama ini,  penyakit pada jahe yang menjadi kendala penting dalam peningkatan produksi jahe adalah penyakit layu. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri ralstonia solanacearum.  Namun sejak tahun 2003, penyakit busuk rimpang jahe menjadi momok bagi petani jahe terutama di wilayah Jawa Tengah dan sekitarnya. (lebih…)

Pedoman budidaya Padi

Pedoman budidaya padi
Bercocoktanam padi dengan pupuk berimbang

Padi  yang menghasilkan beras merupakan salah satu tanaman populer sebagai tanaman pangan. Padi (Oryza sativa) bisa tumbuh baik pada ketinggian 0 – 1.500 m dpl dengan temperatur  19 -27 oC. Memerlukan penyinaran matahari penuh tanpa ada naungan. Cocok ditanam pada kondisi tanah yang subur dan berlumpur.

Padi bisa ditanam pada lahan sawah,  di tegalan dengan padi gogo rancah atau di  lahan rawa / pasang surut. (lebih…)

Pegendalian hama dan penyakit pada padi secara organik

Kehadiran burung bangau di sawah menandakan ekosistem lahan yang masih bagus
Kehadiran burung bangau di sawah menandakan ekosistem lahan yang masih bagus

Untuk meningkatkan produktivitas panen padi, petani perlu mengenal berbagai hama dan penyakit pada tanaman padi. Penggunaan pestisida kimia yang terus menerus selain berbahaya bagi manusia juga menimbulkan kerusakan lingkungan. Zat-zat kimia berbahaya ini juga turut mematikan berbagai musuh alami dan organisme lain yang dibutuhkan oleh ekosistem di lahan persawahan. Berikut berbagai cara pengendalian hama dan penyakit pada padi secara organik. (lebih…)

Teknologi Karya anak negeri untuk ibu pertiwi

Visit Us On PinterestVisit Us On FacebookVisit Us On YoutubeVisit Us On Google PlusCheck Our FeedVisit Us On Twitter