Pedoman Budidaya Melon

tanaman-melon-dengan-pupuk-organik-MMC-buah-sama-besar-daging-buah-tebal-dan-enak
tanaman-melon-dengan-pupuk-organik-MMC-buah-sama-besar-daging-buah-tebal-dan-enak

Melon (Cucumis melo L.) merupakan tanaman buah yang sudah banyak dilirik dibudidayakan petani, mengingat nilai jualnya yang tinggi dengan jangka waktu budidaya yang cukup singkat yakni sekitar 2 bulanan. (lebih…)

Superglio mengatasi penyakit busuk rimpang pada Jahe

jahe-merah-tumpang-sari-dengan-sengon
jahe-merah-tumpang-sari-dengan-sengon

Selama ini,  penyakit pada jahe yang menjadi kendala penting dalam peningkatan produksi jahe adalah penyakit layu. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri ralstonia solanacearum.  Namun sejak tahun 2003, penyakit busuk rimpang jahe menjadi momok bagi petani jahe terutama di wilayah Jawa Tengah dan sekitarnya. (lebih…)

Pedoman budidaya Padi

Pedoman budidaya padi
Bercocoktanam padi dengan pupuk berimbang

Padi  yang menghasilkan beras merupakan salah satu tanaman populer sebagai tanaman pangan. Padi (Oryza sativa) bisa tumbuh baik pada ketinggian 0 – 1.500 m dpl dengan temperatur  19 -27 oC. Memerlukan penyinaran matahari penuh tanpa ada naungan. Cocok ditanam pada kondisi tanah yang subur dan berlumpur.

Padi bisa ditanam pada lahan sawah,  di tegalan dengan padi gogo rancah atau di  lahan rawa / pasang surut. (lebih…)

Pegendalian hama dan penyakit pada padi secara organik

Kehadiran burung bangau di sawah menandakan ekosistem lahan yang masih bagus
Kehadiran burung bangau di sawah menandakan ekosistem lahan yang masih bagus

Untuk meningkatkan produktivitas panen padi, petani perlu mengenal berbagai hama dan penyakit pada tanaman padi. Penggunaan pestisida kimia yang terus menerus selain berbahaya bagi manusia juga menimbulkan kerusakan lingkungan. Zat-zat kimia berbahaya ini juga turut mematikan berbagai musuh alami dan organisme lain yang dibutuhkan oleh ekosistem di lahan persawahan. Berikut berbagai cara pengendalian hama dan penyakit pada padi secara organik. (lebih…)

Teknis Budidaya Ubi Jalar / Ketela Rambat

Ubi jalar alias ketela rambat
Ubi jalar atau  ketela rambat yang dibudidaya dengan bedengan

Tanaman ubi jalar cocok ditanam di daerah tropis yang panas dan lembab. Suhu ideal bagi tanaman ini adalah 21-27oC (hangat). Curah hujan cukup sedang, yakni 750-1500 mm per tahun. Ketela Rambat memerlukan penyinaran matahari penuh, yakni sekitar 11-12 jam sehari. (lebih…)

Pedoman Budidaya Ayam Pedaging / Broiler

ayam broiler mitra mmc di wates - penggunaan vitto untuk ayam
Penggunaan suplemen Vitto untuk ayam mampu meningkatkan performa dan bobot ayam

Daging ayam merupakan salah satu favorit dari teman nasi di masyarakat Indonesia, baik di kota-kota besar sampai pelosok pedesaan. Hampir di setiap warung dan rumah tangga biasa ditemui/tersedia daging ayam sebagai salah satu menu lauk favoritnya. (lebih…)

Fungsi unsur Hara Bagi Tanaman

ciri-ciri tanaman kekurangan pupuk
ciri ciri fisik kekurangan hara pada tanaman

Seperti halnya makhluk hidup lain, tanaman memerlukan nutrisi yang diperlukan untuk tumbuh dan berkembang dengan baik. Nutrisi ini terdiri dari unsur Makro dan unsur Mikro. Unsur makro paling banyak dibutuhkan oleh tanaman, sedangkan unsur mikro lebih sedikit diperlukan oleh tanaman. Namun baik keduanya penting untuk tersedia dan satu sama lain bisa saling melengkapi sehingga tanaman bisa tumbuh dengan optimal. (lebih…)

Beberapa Model dan Alternatif Pemupukan pada Padi

Berikut beberapa alternatif pemupukan pada tanaman padi :

  • Metode pemupukan konvensional ; yakni pemupukan padi yang hanya menggunakan pupuk makro saja dari jenis pupuk anorganik atau pupuk kimia. Metode pemupukan seperti ini paling banyak dilakukan oleh kebanyakan petani padi di Indonesia.
  • Metode pupuk berimbang; yakni menggabungkan pemupukan anorganik dengan pupuk organik.

Aplikasi pupuk berimbang pada budidaya padi
Aplikasi pupuk berimbang pada budidaya padi

(lebih…)

Model Usaha Pemijahan Lele Panen 60 Hari (Ala Pak Nugroho)

  • 1 kali pemijahan 3 x 4 m bisa mendapatkan 20 ribu ekor lebih
  • Dengan MMC MINA menekan risiko kematian, menumbuhkan pakan alami, bibit seragam dan kolam tidak bau
  • 1 botol cukup untuk 4 kolam 
  • Omset bisa 2 jutaan per periode (2 bulan )

kolam terpal pemijahan lele dengan tempat telur-telur lele dari ijuk
kolam terpal pemijahan lele dengan tempat telur-telur lele dari ijuk

Budidaya pemijahan lele lumayan menggiurkan, mengingat kebutuhan bibit lele yang terus meningkat.
(lebih…)

Budidaya sapi Potong- Bag I ; Pemilihan Indukan dan Bibit

Untuk memilih bibit sapi, tentu saja disesuaikan dengan tujuan budidaya kita. Apakah untuk penggemukan ataukah untuk indukan.

Sapi Limousine - peternakan penggemukan sapi milik Pak H Toyo S Dipo
Sapi Limousine – peternakan penggemukan sapi milik Pak H Toyo S Dipo

Memilih Indukan Sapi Potong

Pilihlah tipe sapi yang cocok untuk indukan sapi potong ini, yaitu jenis sapi bali, sapi brahman, sapi PO dan sapi yang cocok serta banyak dijumpai di daerah setempat. Ciri-ciri sapi potong tipe pedaging adalah sebagai berikut : (lebih…)

Pedoman Budidaya Singkong (Manihot Utilissima)

budidaya ubi kayu model monokulturSingkong sangat cocok dikembangkan di iklim yang mempunyai curah hujan sedang  sampai tinggi  (1.500 – 2.500 mm/tahun). Untuk kelembaban udara yang optimal antara 60 sd 65%, sinar matahari sekitar 10 jam/hari dan suhu udara minimal 10o C. (lebih…)

Pedoman Budidaya Kedelai

Budidaya Kedelai dengan teknologi organik MMC

budidaya kedelai
budidaya kedelai

—Kedelai cocok ditanam pada lahan dengan ketinggian 10 m – 800 m dpl. Kedelai menghendaki cukup air tetapi tidak ada genangan air. —Kedelai ditanam disawah pada musim kemarau setelah padi, sedangkan dilahan kering (tegalan ) kedelai umumnya ditanam dimusim hujan.

— (lebih…)

Mengendalikan antraknosa pada budidaya cabai dengan BIO-SPF

Aplikasi Penggunaan BIO SPF untuk mengendalikan penyakit antraknosa pada tanaman cabaiPenyakit antraknosa dikenal oleh petani cabai sebagai penyakit busuk buah. Sebenarnya penyakit ini tidak hanya menyerang buah saja tetapi menyerang daun. Daun menjadi kuning dan kemudian mengering seperti terbakar. (lebih…)

Cara Mengendalikan Lalat Buah

Lalat buah merupakan hama yang agak sulit dikendalikan dengan penyemprotan karena akan banyak cairan semprotan yang tidak mengenai sasaran sehingga terjadi pemborosan. Selain itu, dengan penyemprotan insektisida akan meninggalkan residu racun pada buah-buahan sehingga membahayakan bagi konsumen.

 

Melaleuca bracteata
Daun Melaleuca bracteata

(lebih…)

Pedoman Budidaya Kambing- Bag I – Persiapan bibit

Budidaya kambing jenis domba excel milik Pak Toyo S Dipo - Kulonprogo
Budidaya kambing jenis domba excel milik Pak Toyo S Dipo – Kulonprogo

Banyak petani kita yang mengandalkan pendapatan tambahan dari beternak kambing. Sebab cara perawatannya terbilang mudah dan secara ekonomis sering dijadikan tabungan bagi petani di saat membutuhkan kebutuhan mendesak.

Namun petani kita pada umumnya masih mengandalkan beternak dengan cara tradisional, dengan pakan ala kadarnya. Beruntung bagi yang bisa mendapatkan limbah dari produsen tempe, ternak kambingnya bisa mendapatkan asupan pakan tambahan dari limbah pembuatan tempe yang bergizi tinggi ini. (lebih…)

Superglio Mencegah Layu Fusarium pada Tanaman Cabe

100_Aplikasi Superglio untuk pencegahan layu fusarium pada tanaman cabe; Superglio dicampur air secukupnya untuk mengocor lahan cabe. Superglio mengandung bahan aktif spora gliocladium sp dengan kadar tinggi, sehingga efektif memproteksi tanaman cabe.
Aplikasi Superglio untuk pencegahan layu fusarium pada tanaman cabe; Superglio dicampur air secukupnya untuk mengocor lahan cabe. Superglio mengandung bahan aktif spora gliocladium sp dengan kadar tinggi, sehingga efektif memproteksi tanaman cabe.

Penyebab penyakit ini adalah cendawan Fusarium oxysporium sp. Penyakit ini biasanya menyerang tanaman cabe yang ditanam pada tanah masam (ph tanah rendah, kurang dari 6).    (lebih…)

Teknik Budidaya Ayam Joper – Bag I – Teknik Kandang Model Sel

Ayam Jowo Super diletakkan dalam kandang sistem sel
Ayam Jowo Super diletakkan dalam kandang sistem sel

Ayam Jawa Super atau disingkat Ayam Joper merupakan persilangan antara Ayam Jawa (Ayam lokal/kampong/bukan ras) dengan Ayam pedaging jenis Broiler. Persilangan ini untuk mendapatkan anakan dengan keunggulan keduanya yang kemudian dijuluki ayam Jawa super. Ayam kampung memiliki karakteristik lebih tahan penyakit dan memiliki rasa daging yang enak. Sedangkan ayam broiler memiliki keunggulan pertumbuhannya yang relatif cepat. (lebih…)

MOSA Glio / Super Glio mengatasi busuk pangkal batang pada lada

Penyakit busuk pangkal batang (BPB) pada tanaman lada disebabkan oleh jamur Phytophthora capsici. Serangan pada akar atau pangkal batang menyebabkan tanaman layu dan mati secara cepat. Saat ini penyakit BPB telah ada di seluruh areal pertanaman lada di Indonesia. Jamur Phytophthora capsici merupakan jamur tular tanah, dapat membentuk struktur istirahat yang mampu bertahan dalam waktu cukup lama. Serangan Phytophthora capsici banyak terjadi pada musim hujan. (lebih…)

Teknologi Karya anak negeri untuk ibu pertiwi

Visit Us On PinterestVisit Us On FacebookVisit Us On YoutubeVisit Us On Google PlusCheck Our FeedVisit Us On Twitter