Budidaya Jambu Biji, Bag II – Pengolahan tanah sd Panen

pemupukan pada tanaman jambu biji
pemupukan pada tanaman jambu biji

Pengolahan Tanah

Lahan dibersihkan dari tunggul dan tanaman besar yang mengganggu. Lahan dibajak atau dicangkul. Lubang tanam dibuat satu bulan sebelum datangnya musim penghujan dengan ukuran 60 cm x 60 cm x 60 cm. (lebih…)

Budidaya Kobis Krop, Bunga Kol, Brokoli, Bag III – Pengendalian Hama Dan Penyakit

agens hayati top-bn atau mosa-bn untuk pengendalian hama pada kubis
Agens hayati Top-BN / MOSA-BN untuk pengendalian hama pada kubis

Berikut beberapa hama dan penyakit utama pada budidaya tanaman kubis, bunga kol dan Brokoli.

Ulat Plutella ( Plutella maculipennis)

Ulat Plutella menyerang tanaman dengan memakan bagian epidermis / daging daun. Daun yang sering dimakan (lebih…)

Budidaya Nanas (Ananas comosus (L) Merr), Bag I – Pembibitan & Penanaman

nanas madu - budidaya
nanas madu – budidaya

Nanas cocok ditanam di ketinggian 800-1200 m dpl. Pertumbuhan optimum tanaman nanas antara 100 – 700 m dpl. Derajat keasaman tanah yang cocok untuk budidaya nanasadalah pH 4,5-6,5. (lebih…)

Budidaya Nanas, Bag II – Pemupukan pada Nanas

budidaya-nanas-tanaman-nanas-petani-nanas-agribisnis-nanas
budidaya nanas

Pemupukan dalam budidaya idealnya selain menggunakan pupuk makro juga dilengkapi dengan pupuk mikro yang berasal dari bahan-bahan organik. (lebih…)

Budidaya Nanas, Bag III – Pemeliharaan sd Panen

lahan-budidaya-tanaman-nanas
lahan nanas

Pemeliharaan tanaman nanas setelah dipindah ke lahan meliputi penyulaman, penyiangan, pembumbunan, pemupukan serta pengendalian hama penyakit. Nanas termasuk tanaman tahunan yang tidak terlalu butuh pengairan yang banyak, tetapi (lebih…)

Pengendalian Hama dan Penyakit utama pada Nanas

Nanas ini merupakan tanaman yang memiliki ketahanan cukup tinggi terhadap iklim serta curah hujan yang menimpanya. Tanaman ini cukup fleksibel dalam memilih tempat untuk pertumbuhannya. Namun bukan berarti tanaman nanas tidak memiliki ancaman hama dan penyakit. Berikut beberapa penyakit dan hama utama pada tanaman nanas; (lebih…)

budidaya penggemukan sapi berpotensi hasil tinggi dengan probiotik

Sapi Limousine - peternakan penggemukan sapi milik Pak H Toyo S Dipo

Beberapa faktor teknis yang menetukan dalam nilai ekonomis usaha penggemukan sapi potong yaitu bangsa, jenis kelamin, umur, bobot badan dan kondisi awal, dan pemberian pakan. Bangsa sapi bakalan yang digunakan dalam penggemukan ikut menentukan keuntungan atau keberhasilan terkait dengan pencapaian pertambahan bobot badan yang optimal. Jenis kelamin ternak merupakan faktor yang menjadi pertimbangan dalam pemilihan sapi bakalan. (lebih…)

Agens Hayati MMC Untuk Peningkat Hasil Budidaya Ubi Jalar

Berapa kebutuhan pupuk dan pengendali hama-penyakit per Hektar?

Populasi per tanaman per hektar  ± 35.000 tanaman. Sehingga untuk memaksimalkan produksi dibutuhkan kira-kira, lihat gambar. Pupuk organik padat/ fermentasi pupuk kandang, 3 ton (3000 kg) Pupuk Makro NPK 250 kg Pupuk Organik padat MOSA GOLD 10 botol Pupuk Organik Cair, untuk penyemprotan AGRITECH 10 botol Zat Perangsang Tumbuh (ZPT) Organik HORTECH 10 botol Agens Hayati BIO SPF 10 sachet Fungisida Organik SUPER GLIO 10 sachet

Beberapa Alternatif Pemupukan pada lada

agritech hortech untuk pemupukan lada melalui daun
agritech hortech untuk pemupukan lada melalui daun

Istilah Pembuahan I (yang berbuah adalah cabang-cabang bawah), yaitu setelah pengikatan pucuk jangan dipupuk dahulu, menunggu daun sudah kuning /tua langsung dipupuk NPK ± 0,25kg/ batang + MOSA GOLD 1-2 sdm per  batang dengan cara ditabur ataudikocor. (lebih…)

Pemupukan Pada Tanaman Melon

Pemupukan bibit merupakan pemupukan awal

Budidaya melon hampir panen tetapi terkena penyakit antraknosa

Untuk pertumbuhan vegetatif bibit dapat dipacu dengan penyemprotan pupuk daun dengan AGRITECH dan HORTECH. Pupuk daun ini cukup dilakukan satu kali, yaitu pada saat umur bibit 7–9 HSS (Hari Setelah semai) dengan dosis 3 tutup AGRITECH dan 1 tutup HORTECH per tangki air 14 liter. Pupuk lain tidak perlu ditambahkan selama pembibitan karena unsur hara pada media semai telah mencukupi. (lebih…)

Sekilas Budidaya Kopi dengan model pupuk berimbang

kebun kopi juga dapat jadi ajang agrowisata kopi
kebun kopi juga dapat jadi ajang agrowisata kopi

Tanaman  Kopi  berasal  dari benua Afrika, tepatnya dari propinsi Kaffa, Etiopia. Tanaman kopi pertama kali diperkenalkan di Indonesia tahun 1696 – 1699 oleh VOC. (lebih…)

Hama dan Penyakit utama pada tanaman kelapa Sawit

Sebagian besar hama yang menyerang adalah golongan insekta atau serangga. Sedangkan penyakit yang menyerang tanaman sawit umumnya disebabkan oleh jamur, bakteri dan virus. (lebih…)

Memahami Zat Perangsang Tumbuh bagi Produktifitas Padi

padi dengan jumlah anakan dan bulir yang banyak serta bernas menjadi keinginan petani kita
Padi dengan jumlah anakan dan bulir yang banyak serta bernas menjadi keinginan petani kita

Sangat sering terjadi ketika petani menghendaki padi tumbuh dengan anakan yang banyak justru yang terjadi anakan sedikit, menghendaki daun lebat tetapi yang terjadi daun kecil dan cepat berbunga, menghendaki berbunga tetapi malah daunnya yang tumbuh lebat. Tanaman seringkali tidak tumbuh ideal, bahkan periode fase pertumbuhannya terganggu meskipun cukup pupuk didalam tanah. (lebih…)

cara aplikasi pemupukan tanaman lada dengan teknologi organik mmc

Istilah Pembuahan I (yang berbuah adalah cabang-cabang bawah), yaitu setelah pengikatan pucuk jangan dipupuk dahulu, menunggu daun sudah kuning /tua langsung dipupuk NPK ± 0,25kg/ batang + MOSA GOLD 1-2 sdm per batang dengan cara ditabur atau dikocor. (lebih…)

Tujuan dan Macam-macam perempelan pada cabai keriting

Perempelan daun bisa jadi tidak dilakukan, seperti pilihan petani cabai mitra MMC di Jabar. Hal ini  karena tercukupi oleh  nutrisi yang diberikan dari penggunaan AGRITECH, HORTECH dan MOSA GOLD.

Sebagian petani cabai lebih memilih tidak melalukan perempelan sama sekali, karena berpijak bahwa secara alami daun-daun yang telah tua akan berguguran dengan sendirinya. (lebih…)

Kombinasi Vitto & Vittoterna-G untuk ayam petelur guna produktifitas tinggi

ayam petelur dengan vitto - g

  • vitto untuk starter
  • vitto-untuk finisher

Selain pemberian minum berdasarkan umur ayam, juga diberikan suplemen organik.  untuk mengoptimalkan pencernaan ayam dan pertumbuhan. Pemberian minum disesuaikan dangan umur ayam, dalam hal ini dikelompokkan 2 (dua) fase yaitu fase starter (awal) dan fase finisher (akhir).
(lebih…)

Jadwal pemupukan Budidaya tanaman kopi, (Coffea sp )

budidaya kopi secara intensif
budidaya kopi secara intensif

Untuk mengoptimalkan pertumbuhan tanaman kopi, perlu dipupuk secara lengkap. Pemakaian pupuk yang paling tepat dapat membantu meratakan atau menaikkan produksi. (lebih…)

Panduan Budidaya Kopi Coffea sp

budidaya kopi robusta agribisnis kopi

Tanaman  Kopi  berasal  dari benua Afrika, tepatnya dari propinsi Kaffa, Etiopia.Tanaman kopi pertama kali diperkenalkan di Indonesia tahun 1696 – 1699 oleh VOC. (lebih…)

Teknologi Karya anak negeri untuk ibu pertiwi

Visit Us On PinterestVisit Us On FacebookVisit Us On YoutubeVisit Us On Google PlusCheck Our FeedVisit Us On Twitter